-->

David McClelland : Yuk Jadi Mahasiswa dengan n-Ach yang Tinggi

David McClelland berpendapat bahwa untuk membuat sebuah pekerjaan berhasil, yang paling penting adalah sikap terhadap pekerjaan tersebut. Oleh karena itu, diperlukan n-Ach yang tinggi.
David McClelland : Yuk Jadi Mahasiswa dengan n-Ach yang Tinggi

Sosiologi InfoDavid McClelland berpendapat bahwa untuk membuat sebuah pekerjaan berhasil, yang paling penting adalah sikap terhadap pekerjaan tersebut. Oleh karena itu, diperlukan n-Ach yang tinggi.

David McClelland lahir 20 Mei 1917 dan Ia meninggal pada 27 Maret 1998 di Amerika. Teori yang paling terkenal oleh David McClelland adalah teori kebutuhan atau dorongan untuk berprestasi atau The Need for Achievement atau yang lebih kita kenal sebagai simbol disingkat n-Ach.



Konsep n-Ach dipengaruhi oleh pemikiran Max Weber tentang Etika Protestan. McClelland berpendapat, bahwa untuk membuat sebuah pekerjaan berhasil yang paling penting adalah sikap terhadap pekerjaan itu sendiri.

Apabila seseorang itu menunjukkan optimisme yang tinggi, keberanian untuk mengubah nasib dan tidak cepat menyerah. Jika, itu tidak ada maka n-Ach seseorang tersebut rendah dan perlu untuk ditingkatkan.

McClelland dalam pemikirannya mengatakan tak semua virus membahayakan, maka tak semua virus harus dibasmi. Virus mental, yang diberi nama agak aneh n-Ach, yang merupakan singkatan dari Need for Achievement (hasrat untuk meraih setinggi-tinggi mungkin tingkat prestasi dalam hidup).

Sebagaimana yang disebutkan McClelland, justru virus n-Ach merupakan jenis virus yang harus dikembangbiakkan. Menurut, Psikolog terkenal ini, virus dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain. 

Dalam penelitiannya di Indra Pradesh India, McClelland berkesimpulan bahwa orang-orang yang telah diberikan pelatihan di pusat-pusat latihan, kemudian Ia akan menunjukkan gejala bahwa mereka semakin bergairah bekerja, lebih tekun, lebih keras dari saat sebelum menerima latihan motivasi tersebut.

Menurut pendapat McClelland, ada tiga hal yang melatarbelakangi motivasi seseorang, yaitu sebagai berikut :

The Need for Achievement (n-Ach) – Kebutuhan akan Prestasi / Pencapaian 
Kebutuhan akan prestasi merupakan kebutuhan sesorang untuk dapat memiliki pencapaian yang signifikan, menguasai berbagai bidang keahlian, atau memiliki standar yang tinggi. Orang semacam ini biasanya menyukai tantangan yang tinggi dan baru, serta memiliki tingkat kebebasan yang tinggi juga.

Mereka adalah orang-orang yang akan puas ketika mendapatkan pengakuan dari masyarakat. Sebab-sebab seorang yang memiliki n-Ach tinggi akan senang mendapatkan pujian dan imbalan akan kesuksesan yang dicapainya, persaaan positif yang timbul dari prestasi dan keinginan untuk menghadapi tantangan tersebut.
The Need for Authority and Power (n-Pow) – Kebutuhan akan Kekuasaan
Dorongan atau kebutuhan ini didasari oleh keinginan seseorang untuk mengatur atau memimpin orang lain. Menurut, McClelland, ada dua jenis kebutuhan akan kekuasaan, yaitu pribadi dan sosial.

Contoh dari kekuasaan pribadi adalah seorang pemimpin perusahaan yang mencari posisi lebih tinggi agar bisa mengatur orang lain dan mengarahkan kemana perusahaannya akan bergerak. 

Sedangkan kekuasaan sosial, kekuasaan yang dimiliki oleh pemimpin seperti Nelson Mandela, yang memiliki kekuasaan dan menggunakan kekuasannya untuk kepentingan sosial, yaitu untuk perdamaian.

The Need for Affiliation (n-affil) – Kebutuhan akan Afiliasi / Keanggotaan
Kebutuhan atau doroangan n-affil ini adalah kebutuhan yang didasari oleh keinginan untuk mendapatkan atau menjalankan hubungan baik dengan orang lain.Orang merasa ingin disukai dan diterima oleh sesamanya.

McClelland mengatakan kebutuhan yang kuat akan afiliasi akan mencampuri objektifitas seseorang. Sebab, jika ia merasa ingin disukai, maka ia akan melakukan apapun agar orang lain suka terhadap keputusannya.

Sedangkan sebab-sebab n-affil dari seseorang bisa bermacam-macam, dan salah satu contohnya bisa kita lihat dari tragedy 11 September di Amerika Serikat. Setelah kejadian itu, banyak orang Amerika yang melupakan kepentingan mereka dan memilih untuk bersatu sehingga mereka memiliki rasa aman dan damai.

Penerapan di Lingkungan Kampus untuk Mahasiswa

Tiga dorongan diatas yang dianjurkan oleh David McClelland bisa kita terapakan dalam kehidupan atau dilingkungan kampus, terutama untuk para Mahasiswa. Kita tinggal memilih saja dari ketiga anjuran diatas, n-Ach, n-Pow, atau n-affil. 

Dorongan menjadi Keanggotaan atau simbol n-affil. Saya akan mulai dari dorongan untuk menjadi n-affil. Dorongan untuk menjadi keanggotaan. Jika kita mempunyai dorongan untuk itu, mulailah dengan berpartisipasi pada kegiatan kegiatan yang ada di kampus, misalnya menjadi panitia kegiatan, menjadi anggota di Himpunan Mahasiswa Jurusan, atau menjadi anggota dalam organisasi lain di kampus. 

Mulai dengan tujuan untuk menambah kawan dan keluarga, serta jadilah anggota yang aktif, dan berperan dalam menyukseskan visi dan misi suatu organisasi yang kita ikuti tersebut.

Dorongan untuk Berprestasi/Pencapaian yang Signifikan atau simbol n-Ach. Pencapaian ini sangatlah penting bagi kamu Mahasiswa yang ingin berproses, usahakan pencapaian menjadi target yang signifikan. Misalnya pencapaian dalam bidang akademik, mengikuti kegiatan lomba, seperti esai, debat, karya tulis, serta perlombaan yang sejenis.

Targetkan pencapaian itu. Terus pacu diri dengan tantangan yang baru dan kita berinovasi disana, sehingga kita ahli dalam bidang tersebut. Jangan pernah takut untuk gagal dalam pencapaian prestasi tersebut. Gali terus potensi diri kita.

Sumber Refrensi : Kompilasi Sosiologi Tokoh dan Teori oleh Dr Sabarno Dwirianto, M.Si

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !