-->

Inilah Bapak Sosiologi dan Teorinya

Bapak Sosiologi. Ia adalah Agust Comte atau disebut Auguste Comte, yang memiliki nama panjang Isidore Marie Francois Xavier Comte. Beliau lahir di Montpellier, Perancis, 17 Januari 1798 dan meninggal di Paris, Perancis, 5 September 1857 (umur 59 tahun).
Inilah Bapak Sosiologi dan Teorinya

Sosiologi Info - Bapak Sosiologi. Ia adalah Agust Comte atau disebut Auguste Comte, yang memiliki nama panjang Isidore Marie Francois Xavier Comte. Beliau lahir di Montpellier, Perancis, 17 Januari 1798 dan meninggal di Paris, Perancis, 5 September 1857 (umur 59 tahun).

Beliau adalah orang pertama yang memakai istilah Sosiologi dan mengkaji Sosiologi secara sistematis, sehingga ilmu Sosiologi melepaskan diri dari filsafat dan beridir sendiri sejak pertengahan abad ke 19 (1856).

Teori-teori Beliau banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu revolusi perancis, adanya filsafat sosial yang berkembang di Perancis pada abad 18, aliran reaksioner dari para ahli pikir Thoecratic terutama yang bernama De Maistre dan De Bonald, sumber terakhir adalah lahirnya aliran yang dikembangkan oleh para pemikir sosialistik yang terutama diprakarsai oleh Sain-Simont.

Beberapa pengaruh tersebut, berikut ini teori Comte :

Social dinamic. Menurut Comte bahwa di dalam masyarakat terjadi perkembangan yang terus menerus. Dia menambahkan bahwa perkembangan umum dari masyarakat tidak merupakan jalan lurus. 

Social statics. Mencari hukum-hukum tentang aksi dan reaksi dari berbagai bagian didalam suatu sistem sosial. Empat doktrin social statics yaitu doktrin tentang individu, keluarga, masyarakat, dan negara.

Tiga tahap pemikiran manusia yaitu the telogical or fictitious , the metaphysical or abstract, and the scientific or positive.

Tahap Teologi. Tingkat pemikiran manusia beranggapan bahwa benda didunia mempunyai jiwa dan disebabkan oleh suatu kekuatan diatas manusia/kekuatan dewa/gaib.

Tahap Metafisis. Manusia percaya bahwa gejala yang ada dan terjadi di dunia disebabkan oleh kekuatan hukum alam/supranatural. Tahap ini penyederhanaan terhadap dewa yang mengatur gejala tersebut.

Tahap Positivis. Manusia sanggup berpikir secara ilmiah, dan ditahap inilah berkembangnya ilmu pengetahuan.

Itulah beberapa teori-teori Comte secara singkat, jika ada kekurangan dalam penulisan artikel diatas mohon koreksi dan masukannya.


Artikel ini hanya memberikan sedikit teori dan tokoh secara singkat, untuk selanjutnya akan Saya tulis lebih dalam bagaimana realisasinya dalam masyarakat. Coming Soon. Terimakasih

Sumber refrensi :
Kompilasi Sosiologi Tokoh dan Teori oleh Dr Sabarno Dwirianto, M.Si

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !