Enam Tipe Mahasiswa Jurusan Sosiologi yang Kamu Harus Tau, No 3 Suka Banget ! - YUK BACA Enam Tipe Mahasiswa Jurusan Sosiologi yang Kamu Harus Tau, No 3 Suka Banget ! | YUK BACA

$hide=home

$type=sticky$count=4$show=home$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide

Enam Tipe Mahasiswa Jurusan Sosiologi yang Kamu Harus Tau, No 3 Suka Banget !

Sosiologi itu bertujuan untuk mempelajari masyarakat, meliputi perilaku masyarakat. Berikut tipe mahasiswa jurusan sosiologi.

Kamu waktu SMA lalu ambil jurusan apa ? IPA atau IPS ? Kalau IPS syukur deh, pasti kamu udah tau tentang Sosiologi sewaktu di bangku SMA. 

Tapi, jangan salah, ternyata kebanyakan pelajar yang dulunya jurusan IPA di SMA, pada akhirnya memilih jurusan IPS saat mengikuti tes atau mengambil jurusan di perkuliahan. Mengapa itu bisa terjadi ? 

Pertama, karena jurusan IPS itu asyik dan menyenangkan. Kamu gak akan habis-habis nya mendapatkan ide dan fenomena sosial. Pasti ada saja yang mesti dibahas oleh kamu yang di jurusan IPS dan mengambil jurusan IPS di bangku kuliah. 

Kedua, karena kamu sadar bahwa dinamika sosial masyarakat lebih penting untuk dipikirkan, karena selalu mengalami perubahan. 

Ketiga, kamu pastinya pengen lebih dalam lagi memahami realita sosial dalam masyarakat. 

Keempat, karena kamu bergaul sama anak IPS makanya kamu lebih suka ambil jurusan IPS di kuliah. 

Kelima, bisa jadi karena orang tersayang kamu berada di jurusan IPS sehingga kamu harus mengorbankan jurusan IPA untuk beralih ke jurusan IPS. 

Jurusan IPS yang kamu sukai saat di perguruan tinggi, mungkin salah satunya adalah sosiologi. Jurusan Sosiologi yang dasarnya adalah memahami masyarakat, mulai dari perilaku, tindakan, dan dinamika sosial masyarakat. 

Apakah kamu tahu, dari mana asal usul nama Sosiologi ? 

Sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu Socius yang artinya kawan atau teman, sedangkan Logos berarti ilmu pengetahuan. Sosiologi yang merupakan sebuah istilah yang berasal dari kata latin Socius yang artinya teman dan logos dari kata Yunani yang berarti pengetahuan. Pertama kali diungkapkan dalam buku yang berjudul “Cours De Philosophie Positive” karangan August Comte (1798-1957). 

Sosiologi itu bertujuan untuk mempelajari masyarakat, meliputi perilaku masyarakat, perilaku sosial manusia dengan cara mengamati perilaku kelompok yang dibangun (Pengantar Sosiologi Dasar, Dany Haryanto, 2011). 

Sudah mengerti ya kan, dan membayangkan bagaimana Mahasiswa Sosiologi itu ? Dan bagaimana tipe seorang Mahasiswa Sosiologi yang mereka bergelut dengan masyarakat. 

Berikut kami rangkum beberapa tipe mahasiswa sosiologi yang harus kamu ketahui, sebelum kamu memilih jurusan Sosiologi di kampus favorit kamu. 
Paham dengan Realitas Sosial dalam Masyarakat. Sudah pastinya, ketika kamu jadi seorang mahasiswa sosiologi, kamu akan memahami dengan bijak fenomena sosial di dalam masyarakat itu, realitas sosial yang terjadi akan dengan mudah menjadi bahan diskusi dan analisa seorang mahasiswa sosiologi. 

Biasanya mereka akan mencari atau mencocokan teori-teori sosiologi yang berkaitan dengan realitas sosial tersebut, sehingga hasilnya pun berdasarkan penelitian yang dapat memberikan sebuah evaluasi terhadap realitas sosial tersebut. 

Misalnya, ketika anak sosiologi diberikan permasalahan konflik, mereka tidak akan memandang konflik sebagai hal yang merusak, melainkan sebagai integrasi sosial masyarakat, karena konflik dapat mempersatukan masyarakat. 
Mikir Satu Fenomena Sosial itu Keras. Kebayangkan. Mahasiswa sosiologi yang paham terhadap realitas sosial, pastinya akan keras dalam memikirkan fenomena yang dipandang, bukan sekali pandang dan langsung mengambil kesimpulan. 

Tidak akan terjadi pada anak sosiologi. Mereka akan terus menggali akar sebuah permasalahan sosial dengan sudut pandang yang berbeda-beda. Keras deh mikirnya ! 
Mahasiswa Sosiologi itu Suka Banget Blusukan. Ya, blusukan ke daerah-daerah terpencil dan jauh dari kota. 

Mereka cenderung senang, bila penelitian dilakukan jauh dan didaerah terpencil, apalagi dengan suku dan budaya yang baru mereka kenal. 

Pasti bakal heboh dan seru sendiri, bertanyanya gak satu kali, bahkan berkali-kali. Bisa kan kamu bayangkan bagaimana mahasiswa sosiologi. Serus deh ! 
Liburan Mereka (Mahasiswa Sosiologi) Juga Berbeda, mereka akan milih liburan di daerah atau desa-desa yang unik, sejuk, dan jauh dari hiruk pikuk kota, ke hutan mereka juga suka, atau ke kebun teh, dan daerah unik lain yang ada di desa, heheh. 

Mereka tidak hanya sekadar liburan, tapi juga sambil mengamati perilaku masyarakat dan tindakan sosial masyarakat yang ada disana. 

Sambil merenung dan senyum-senyum sendiri melihat fenomena sosial di masyarakat tersebut, ya mereka sambil memikirkan teori ini cocok nih sama fenoman masyarakat desa ini, dan bla bla…nya. Asyik bukan, begitulah mahasiswa sosiologi mengisi waktu liburannya. 
Penelitian Jalan Terus. Begitulah, anak sosiologi, penelitiannya mereka jalan terus, laporan-laporan penelitian, selalu ada di setiap saat. 

Biasanya, habis pratikum ya mereka membuat laporan penelitian, makanya penelitian mereka gak habis-habis. 
Gampang Bergaul. Mereka gak peduli kamu anak siapa, yang terpenting asyik dan mudah bergaul, serta diajak kemana aja nurut. 

Mudah kali untuk gabung ama anak sosiologi. Yang terpenting bagi mereka adalah kekeluargaan dan kekompakan mereka itu yang buat gampang bergaulnya. 

Bagaimana menurut kamu ? Apakah tertarik untuk menjadi mahasiswa sosiologi, ya kamu ambil aja jurusan sosiologi yang ada di universitas pilihan kamu ya. 

Seru dan asyik deh kalau kamu jadi mahasiswa sosiologi. Bakal merasakan keseruan itu, jika kamu masuk di jurusan sosiologi. 

Mahasiswa sosiologi itu mudah memahami kamu, karena mereka udah lebih awal memahami masyarakat, jadi pacaran sama anak sosiologi juga bakal asyik, karena kamu pasti bakal diperhatikan. Cieh ! 

Dan kamu jangan heran kalau orangnya suka nanya dan pengen lebih tau, apalagi kalau belum pernah ia tau, pasti bakal nanya terus sampai yakin itu jawaban bener.

Sumber bacaan lainnya : [Preview ##eye##]

COMMENTS

https://www.sosiologi.info/2020/07/jasa-content-placement-dan-sponsored.html

Name

Event Figur jasa Kampus NarasiTalks Politik Sosiologi Teori terpojok Tokoh Sosiologi Vlog
false
ltr
item
YUK BACA: Enam Tipe Mahasiswa Jurusan Sosiologi yang Kamu Harus Tau, No 3 Suka Banget !
Enam Tipe Mahasiswa Jurusan Sosiologi yang Kamu Harus Tau, No 3 Suka Banget !
Sosiologi itu bertujuan untuk mempelajari masyarakat, meliputi perilaku masyarakat. Berikut tipe mahasiswa jurusan sosiologi.
https://2.bp.blogspot.com/-20ZBRd_5SSc/WynsPo1-40I/AAAAAAAAAik/QTIpXodlzTohoqOGMDp5UrRlROzctKDzwCPcBGAYYCw/s1600/mahasiswa%2Bsosiologi%2Bdi%2Bpayukumbuh.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-20ZBRd_5SSc/WynsPo1-40I/AAAAAAAAAik/QTIpXodlzTohoqOGMDp5UrRlROzctKDzwCPcBGAYYCw/s72-c/mahasiswa%2Bsosiologi%2Bdi%2Bpayukumbuh.jpg
YUK BACA
https://www.sosiologi.info/2018/06/enam-tipe-mahasiswa-jurusan-sosiologi-no-3-suka-banget.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2018/06/enam-tipe-mahasiswa-jurusan-sosiologi-no-3-suka-banget.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy