Potensi dan Profil Desa Sungai Cingam Kec Rupat Kab Bengkalis - YUK BACA Potensi dan Profil Desa Sungai Cingam Kec Rupat Kab Bengkalis | YUK BACA

$hide=home

$type=sticky$count=4$show=home$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide

Potensi dan Profil Desa Sungai Cingam Kec Rupat Kab Bengkalis

Kondisi atau Profil singkat Desa Sungai Cingam, mulai dari keadaan wilayah, potensi sumber daya alam, dan potensi perkebunan yang ada di Desa Sungai Cingam.

Ketapang Info - Ketapang lagi, Ketapang lagi, bahkan kata kata itu membuat saya merasa tersudutkan ketika berbicara atau ngobrol sama kawan kawan di kampus. Maklum saja, mereka sudah melabelkan saya Ketapang...Ketapang...Ketapang. 

Mereka seakan-akan muak dengar saya ngomong tentang Ketapang, terlebih ketika saya membicara potensi wisata, pasti saya merujuk dan merekomendasikan untuk berlibur ke Pantai Ketapang. Bahkan ada, kawan saya, sebelum saya membicara Ketapang mereka sudah jawab duluan, Pasti Ketapang lagi...yah gitulah heheh

Maafkan ya guys ! Kita selalu update informasi seputar Desa Sungai Cingam Kec Rupat Kab Bengkalis. Nah, seperti curhatan saya diatas, yang selalu merekomendasikan objek wisata Pantai Ketapang, namun kali ini saya akan memberikan informasi yang mungkin penting untuk kita ketahui bersama, yaitu Kondisi atau Profil singkat Desa Sungai Cingam, mulai dari keadaan wilayah, potensi sumber daya alam, dan potensi perkebunan yang ada di Desa Sungai Cingam.

YUK BACA !

Keadaan Wilayah

Desa Sungai Cingam merupakan salah satu dari 16 (Enam Belas) desa di wilayah Kecamatan Rupat, yang terletak 75 KM kearah Selatan dari Ibukota Kecamatan (Batu Panjang) yang berbatasan dengan Sebelah Timur Selat Melaka, 

Sebelah Barat dengan Desa Pangkalan Nyirih dan Desa Pancur Jaya, Sebelah Utara Desa Makruh dan Sebelah Selatan Desa Teluk Lecah dan Desa Parit Kebumen. Dengan luas wilayah adalah +75,35 Ha dengan batas wilayah.

Desa Sungai Cingam Terdiri dari 5 (Lima) Dusun, yaitu :
1. Dusun H. Abu Bakar
2. Dusun Sri Makmur
3. Dusun Pangkalan Buah
4. Dusun Sri Menanti
5. Dusun Alohong

Letak Geografis

Letak Geografis desa Sungai Cingam yang sangat strategis, dimana berada pada posisi ditengah-tengah antara dua Kecamatan yakni Kecamatan Rupat dan Kecamatan Rupat Utara sekaligus sebagai jalur penghubung kedua Kecamatan membuat Desa Sungai Cingam sebagai salah satu desa yang menjadi tumpuan dari segala aspek kehidupan.

Berdasarkan data Inventarisasi Nama-nama Unsur Rupat Bumi Kabupaten Bengkalis Tahun 2011 Koordinat Geografis Desa Sungai Cingam adalah berada pada 01053’-52.2” LU dan 101042’-48.5” BT.

Penduduk

Berdasarkan data sensus penduduk bulan Desember tahun 2017 jumlah penduduk Sungai Cingam berjumlah +2.368 jiwa, yang terdiri dari :
Laki laki     =  1.211 Jiwa
Perempuan  = 1.157 Jiwa


Terdiri dalam 18 RT, 6 RW dan 5 Dusun. Mayoritas penduduk di Desa Sungai Cingam adalah Suku Jawa disamping suku-suku lainya yang hanya sebagian kecil saja seperti suku Melayu dan Tionghoa.

Sumber Daya Alam
Pesona Pantai Ketapang Desa Sungai Cingam

Desa Sungai Cingam Salah Satu desa yang Memiliki Potensi Alam yang sangat strategis dan langsung berbatasan dengan selat Melaka (Malaysia) yaitu pantai yang di jadikan Sebagai salah satu destinasi wisata di Kecamatan Rupat dan masyarakat desa Sungai cingam yaitu pantai Teluk ketapang dan Lohong yang panjangnya Mencapai ± 5.000 M dan merupakan Tempat Wisata yang selalu di kunjungi oleh masayarakat sekitar dan masyarakat luar.

Perkebunan Karet dan Sawit
Masyarakat yang memiliki perkebunan karet skitar 70% dan perkebunan sawit sekitar 20% Dari dua perkebunan ini rata-rata pendapatan penghasilan masyarakat desa sungai cingam.
Pertanian 
Untuk memenuhi kebutuhan pangan terutamanya beras, masyarakat Desa sungai Cingam mengandalkan : 
Padi Ladang 
Untuk memenuhi kebutuhan beras masyarakat Desa Sungai Cingam menanam padi ladang. Ada yang menanam secara pribadi dan ada juga secara berkelompok.

Kelautan
Untuk memenuhi kebutuhan lauk pauk terutamanya ikan, masyarakat Desa sungai Cingam mengandalkan :

Menjaring 
Sebagian masyarakat Desa Sungai Cingam yang tinggal di pesisir pantai menjaring ikan untuk memenuhi kebutuhan lauk pauk sehari-hari untuk dijual di wilayah desa dan sekitarnya. Masyarakat yang berfrofesi menjaring ini hanya 1% dari total jumlah penduduk Desa Sungai Cingam.

Menjala
Masyarakat yang menjala hanya untuk memenuhi kebutuhan lauk pauk sehari-hari, yang berprofesi menjala ini hanya 0,5% dari jumlah penduduk Desa sungai Cingam.

Memukat (Mengisa)
Kebanyakan masyarakat Desa Sungai Cingam yang memukat (mengisa) untuk memenuhi kebutuhan lauk pauknya. Seringkali kegiatan ini dilakukan setelah melakukan kegiatan rutinitas sehari. Masyarakat yang memukat (mengisa) ini rata-rata 5% dari total keseluruhan penduduk Desa Sungai Cingam.

Fasilitas Angkutan

Transportasi Darat (travel)

Untuk menuju Desa Sungai Cingam dapat ditempuh mengunakan jalur darat maupun jalur laut. Melihat kondisi jalan sekarang sudah memadai kebanyakan masyarakat menggunakan jalur darat baik dengan kendaraan pribadi ataupun travel.

Transportasi Laut

Disamping jalur darat dapat pula ditempuh menggunakan jalur laut dengan menggunakan sarana Speed Boat atau kapal motor yang berangkat dari Dumai dan Bengkalis menuju Selat Morong. Namun biaya yang harus dikeluarkan cukup besar, untuk ongkos Speed Boat sekitar Rp.85.000,- dan ongkos kapal motor sekitar Rp.80.000,-.

Desa Sungai Cingam juga telah menbangun berbagai fasilitas seperti jalan-jalan desa yang tadinya belum begitu mamadai untuk keadaan roda dua dan kendaraan roda empat telah ditingkatkan dengan pelebaran dan peningkatan mutu sehingga mampu untuk dilalui oleh kendaraan roda dua dan empat. 

Dengan demikian fasilitas yang tadinya hanya ada sepeda dan juga sepeda motor (kendaraan roda dua), saat ini telah ada sarana transportasi mobil (kendaraan roda empat) meskipun jumlahnya masih sedikit. 

Hal ini menunjukan bahwa kondisi fasilitas transportasi di Desa Sungai Cingam telah mengalami banyak perubahan dan peningkatan yang cukup signifikan. Demikian gambaran singkat tentang Desa sungai Cingam dan potensi desa yang dimilikinya. 

Namun tentu saja masih banyak hal-hal yang belum diungkapkan dalam penjelasan ini. Akhir kata, semoga gambaran singkat tentang Desa Sungai Cingam ini dapat menjadi acuan dan panduan terutama dalam membangun Desa Sungai Cingam menjadi lebih baik dikemudian hari.

Dengan harapan pembangunan Desa Sungai Cingam ini akan lebih berkembang, semangkin maju dan makmur dimasa yang akan datang. Sekian dan terima kasih. (Sumber : File Dokumen Desa Sungai Cingam, 09 Januari 2018, data ini bisa saja berubah).

COMMENTS

https://www.sosiologi.info/2020/07/jasa-content-placement-dan-sponsored.html

Name

Event Figur jasa Kampus NarasiTalks Politik Sosiologi Teori terpojok Tokoh Sosiologi Vlog
false
ltr
item
YUK BACA: Potensi dan Profil Desa Sungai Cingam Kec Rupat Kab Bengkalis
Potensi dan Profil Desa Sungai Cingam Kec Rupat Kab Bengkalis
Kondisi atau Profil singkat Desa Sungai Cingam, mulai dari keadaan wilayah, potensi sumber daya alam, dan potensi perkebunan yang ada di Desa Sungai Cingam.
https://1.bp.blogspot.com/-UGdyp-Itl7A/W6l_kN2Ni5I/AAAAAAAAAvo/Vwa9skaeJ34-ZfIV4q3SBcWefWsJN7rjgCEwYBhgL/s1600/potensi%2Bpantai%2Bketapang.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-UGdyp-Itl7A/W6l_kN2Ni5I/AAAAAAAAAvo/Vwa9skaeJ34-ZfIV4q3SBcWefWsJN7rjgCEwYBhgL/s72-c/potensi%2Bpantai%2Bketapang.jpg
YUK BACA
https://www.sosiologi.info/2018/09/potensi-dan-profil-desa-sungai-cingam-kec-rupat-bengkalis-riau.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2018/09/potensi-dan-profil-desa-sungai-cingam-kec-rupat-bengkalis-riau.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy