Pojokan – Mahasiswa yang tidak bisa lepas dari laptop, yang kerjanya ngedit, atau yang suka berselancar mencari informasi, nge-youtube, atau maen game, dan lainnya. Nah, untuk itulah kita harus dapat menghemat pengeluaran biaya listrik.

Hari-hari kita hidup membutuhkan listrik, baik untuk hanya sekadar masak nasi, menikmati the/kopi dengan air hangat yang alirannya dari listrik, dan kebutuhan listrik yang lainnya. Hal itulah yang membuat kita harus menghemat penggunaan listrik, agar tidak boros dalam pengeluaran token listrik. 

Bagi anak kos, teruntuk Mahasiswa, yang super sangat membutuhkan aliran listrik, mulai dari kebutuhan untuk laptop, kipas angina, hp, dan benda-benda mati di kos yang membutuhkan aliran listrik. Semua itu akan berpengaruh pada biaya listrik yang akan dikeluarkan oleh Mahasiswa.

Alih-alih untuk menghemat uang pengeluaran, dengan adanya kebutuhan terhadap listrik tentu membuat Mahasiswa yang nge-kos dengan membayar token listrik sendiri, akan berusaha keras untuk hemat dalam penggunaan kebutuhan listrik. 

Apalagi, Mahasiswa yang tidak bisa lepas dari laptop, yang kerjanya ngedit, atau yang suka berselancar mencari informasi, nge-youtube, atau maen game, dan lainnya. Nah, untuk itulah kita harus dapat menghemat pengeluaran biaya listrik. 

Bagaimana caranya ? Berikut solusi yang kita tawarkan teruntuk kamu Mahasiswa yang nge-kos nya bayar token listrik sendiri. Simak baik-baik !

Pertama, Manfaatkan Fasilitas Kampus. Bagi kamu yang kampusnya ada fasilitas listrik bisa dimanfaatkan untuk mengurangi biaya listrik di kos. Bagaimana caranya ? Ya, buat kamu yang sering maen laptop, harap segera maen laptopnya di kampus aja. 

Kamu bisa manfaatkan gazebo atau ruang perpustakaan yang ada di Kampus untuk dapat maen laptop, dengan cara ini kamu bisa mengurangi biaya listrik di kos. Biasakan diri untuk datang tepat waktu, heheh biasanya kalau di perpus kita bisa mulai dari pukul 08.00 WIB atau kalau di Gazebo bisa kapan saja, selagi masih ada orang ataupun tidak ada orang beranikan diri untuk bermain laptop yah. 

Kedua, Sering-sering Berkunjung ke Kos Kawan. Carilah kawan perjuangan yang kosnya tidak lagi bayar uang listrik. Nah, cara alternatif ini bisa kamu lakukan, dengan sering-sering berkunjung ke kos kawan, atau bahkan menginap di kos kawan. Dengan cara inilah kita bisa menghemat biaya listrik. 

Ketiga, Carilah Tempat Nongkrong. Sekarang ini café, atau tempat nongkrong sangat banyak, kita sebagai Mahasiswa dapat dengan mudah menentukan café mana yang menjadi tempat favorit. Nah, cara ini bisa kita lakukan untuk menghemat biaya listrik di kos, yaitu dengan nongki santai sambil maen laptop, dan memanfaatkan fasilitas wifi yang ada. 

Sebagai anak kos wajar saja jika yang dibeli hanya minum yang harganya pun kita cari yang paling murah heheh, bila perlu paket hemat se-hemat-hemat mungkin. Dapat makanan banyak dengan harga yang terjangkau kantong anak kos. 

Sudah-sudahlah untuk malu, buang gengsi ! Yang terpenting kamu bisa wifian dan hemat listrik dengan cara super jenius ! 

Nah, mungkin sudah ada yang mencoba cara-cara menghemat listrik diatas ? Kalau belum kamu bisa mencobanya ya guys ! Jadilah, anak kos yang kreatif ! Selamat mencoba.