-->

Menurut SBY : Tiga Hal Ini yang Membuat Perang Besar Terjadi !

Presden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menuliskan tiga hal yang akan membuat perang besar terjadi

Menurut SBY : Tiga Hal Ini yang Membuat Perang Besar Terjadi ! 
Breaking News – Presden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menuliskan tiga hal yang akan membuat perang besar terjadi. Apa saja, berikut informasinya.

Perang Besar. Dunia kembali memanas. Perseteruan antara AS dan Iran mencuat setelah AS berhasil membunuh Jenderal Iran Qasem Soleimani di Baghdad dengan menggunakan serangan udara (Drone), pada Jumat, 3 Januari 2020.

Beberapa pengamat, dan masyarakat memperbincangkan perang dunia ketiga akan terjadi dalam waktu dekat ini, bahkan di twitter menjadi trending.

Dan tak kalah pentingnya, Presiden RI ke 6 pun ikut menuliskan harapan dan analisisnya terhadap kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi, tulisan itu diunggah pada FacebookSBY

Pblikasi tulisan SBY itu pada tanggal 7 Januari 2020, namun pada akhir tulisan, bahwa tulisan itu sudah SBY tulisa pada tanggal 6 Januari 2020 di Cikeas.

Ada tiga poin penting yang ditulis SBY terhadap kemungkinan terjadinya perang besar tersebut, yaitu sebagai berikut ini :

Pertama, Kejadian miskalkulasi. Kejadian miskalkulasi atau salah hitung, kerap menjadi faktor yang mendorong terjadinya peperangan. Demikian juga kejadian di lapangan, yang tak terduga, seperti yang terjadi di Sarajevo tahun 1914 dulu.

Kedua, Pemimpin Eratik. Perang juga mudah terjadi di tangan pemimpin yang eratik (erratic) dan "gemar perang" (warlike).

Ketiga, Nasionalisme yang Ekstrem. Menguatnya kembali sentimen nasionalisme dan populisme turut menjadi penyebab.

Itulah tiga poin penting yang akan membuat terjadinya kemungkinan perang besar di dunia versi SBY.

Untuk lebih lengkapnya, pembaca yang baik saya sarankan untuk membaca secara ringkas tulisan yang diupdate oleh Bapak SBY di halaman Facebook, linknya berikut ini : Facebook SBY

Sumber Foto : Tribunnews

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !