Sudah Tahu ? Ada 15 Istilah yang Digunakan Aliran Postmodernisme
Sosiologi Info – Postmodernisme hadir sebagai paradigma baru yang lahir setelah adanya kekecewaan terhadap modernisme itu sendiri. Berikut adalah istilah dalam postmodernisme yang kamu harus ketahui !

Postmodernisme. Seperti dikutip pada halaman Pakar Komunikasi menyebutkan bahwa Postmodernisme adalah gerakan intelektual yang lahir sebagai respon terhadap beberapa tema yang dikemukakan oleh kaum modernisme yang diartikulasikan pertama kali selama masa pencerahan.

Selanjutnya, era postmodernisme sendiri hanya dibatasi pada akhir abad ke 20. Era postmodernisme ini dimulai setelah perang dunia ke dua (Perang Dunia ke II) berakhir. Setelah itu baru lahirlah postmodernisme yang ditempatkan pada tahun 1960 an ketika modernisme tidak lagi produktif.

Seperti dikutip pada Jurnal Filsafat (Sumber : Klik), lahir atas dasar kekecewaan terhadap modernisme. Kita ketahui bersama, modernisme memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan manusia.

Mulai dari kemajuan informasi dan teknologi yang serba digital, kemudahan-kemudahan yang serba modern, seperti petani bekerja dengan menggunakan alat serba canggih, serta kemudahan dan kecanggihan yang ditawarkan pada modernisme.

Kemajuan yang  ditawarkan oleh modernisme memberikan manusia jatuh pada sisi yang gelap dan jurang petaka yang sudah pasti didepan mata.

Seperti yang disampaikan oleh Anthony Giddens. Menurutnya, modernisme sudah menimbulkan petaka bagi umat manusia.

Pertama, penggunaan kekerasan dalam menyelesaikan sengketa. Kedua, penindasan oleh yang kuat atas yang lemah. Ketiga, ketimpangan sosial yang kian parah. Keempat, kerusakan hidup yang kian menghawatirkan.

Disisi lain, modernisme memiliki sisi gelap yang menyebabkan kehidupan manusia kehilangan diorientasi. Seperti apa yang dikatakan oleh Max Horkheimar, Ardono, dan Herbert Marcuse, bahwa pencerahan tersebut melahirkan sebuah penindasan dan dominasi disamping juga melahirkan kemajuan.

Menurut beberapa para ahli mengartikan postmodernisme sebagai berikut :
Menurut, Louis Leahy, Postmodernisme merupakan suatu gerakan ide yang menggantikan ide-ide zaman modern.

Menurut Emanuel, postmodernisme adalah keseluruhan usaha yang bermaksud merevisi kembali paradigma modern.

Menurut Ghazali dan Effendi, postmodernisme mengoreksi modernisme yang tidak terkendali yang telah muncul sebelumnya.

Masih, seperti dikutip pada Jurnal Filsafat (Sumber : klik), maka dapat disimpulkan bahwa postmodernisme merupakan suatu ide baru yang menolak ataupun yang termasuk dari pengembangan suatu ide yang telah ada tentang teori pemikiran masa sebelumnya, yaitu paham modernisme yang mencoba untuk memberikan kritikan-kritikan terhadap modernisme yang dianggap telah gagal dan bertanggung jawab terhadap kehancuran martabat manusia. 

Ia merupakan pergeseran ilmu pengetahuan dari ide-ide modern menuju pada suatu ide yang baru yang dibawa oleh postmodernisme itu sendiri.

Nah itulah sekilas mengenai perkembangan singkat postmodernisme, berikut ini yang perlu kita ketahui bersama tentang istilah-istilah yang digunakan oleh aliran postmodernisme, yaitu sebagai berikut :
1. Desentralisasi
2. Pertarungan Etnis
3. Dekonstruksi
4. Sub-Kultur
5. Nihilisme
6. Budaya Rendah
7. Anarki
8. Pasca-Industri
9. Paradigma
10. Kekuatan Bersama
11. Sekte-sekte
12. Delegitimasi
13. Dekonsensus
14. Liberalisme
15. Diskontinuitas
Sumber foto : Klik