-->

4 Tips Menulis Esai Mahasiswa untuk Lomba Debat dan Esai Nasional

Tips menulis esai untuk lomba debat atau lomba esai, yaitu ada empat poin penting yang bisa kamu lakukan sebagai langkah untuk membuat esai lomba.
4 Tips Menulis Esai Mahasiswa untuk Lomba Debat dan Esai Nasional
Sosiologi Info - Hal standar yang kita lakukan sebagai mahasiswa. Tidak hanya sekadar datang kuliah, duduk, mendengarkan materi, teori dan mengerjakan tugas dari bapak/ibu dosen kita. 

Melainkan ada hal yang lebih dari standar yang mesti kita capai saat menjadi mahasiswa. Apa saja kegiatan dan aktivitas itu ? 

Yuk saksikan dan dengarkan narasi talks bincang figur yang kali ini kita kedatangan tamu dari Alumni Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Jurusan Pendidikan Geografi, yaitu Maya Eka Septiana, S.Pd

Sekilas mengenal Maya Eka Septiana. Pertama kali saya berkenalan dengan Maya sapaan akrabnya. Ketika itu kita sama sama mengikuti salah satu event Debat Nasional. 

Pada kesempatan itu, saya yang baru pertama kali mengikuti event debat. Senang berkenalan dengan Maya dan beberapa rekan Debaters yang ada pada waktu itu. Saya hanya sampai babak 8 besar.

Lalu, Maya dan tim nya berhasil mendapatkan Juara 1 Debat Nasional waktu itu, kalau saya tidak salah 2018 lalu.

Saya tidak akan panjang lebar membahas biografinya Maya, untuk lebih lengkapnya silahkan dibawah ini saya lampirkan file CV, sebagai berikut :
4 Tips Menulis Esai Mahasiswa untuk Lomba Debat dan Esai Nasional
4 Tips Menulis Esai Mahasiswa untuk Lomba Debat dan Esai Nasional
Beberapa pertanyaan yang masuk di DM Instagram Sosiologi Info (Follow : ), berikut ini draf pertanyaannya :

Terimakasih ya Maya, sudah bersedia berbagai cerita dan pengalaman selama kuliah, serta berbagi tips menulis esai untuk kawan-kawan mahasiswa.

Nah, berikut ini beberapa pertanyaan yang kami saring dari pertanyaan yang masuk.
1. Kak, boleh kakak ceritakan awal mulanya kakak tertarik mengikuti event lomba ?
2. Bagaimana tips dan cara menulis esai kak, biar lolos lomba esai/debat ?
3. Apa sih bedanya esai dan KTI, kalau menurut kakak sendiri ?
4. Kalau untuk keikutsertaan organisasi, menurut kakak itu sesuai skill kita atau organisasi yang mendukung untuk peluang pekerjaan kita nantinya kak ?

Silahkan kamu bisa mendengarkan rekaman video yang saya bagi menjadi 3 bagian, nah berikut ini adalah bagian pertama atau part pertama, Yuk Saksikan !


Di dalam video rekaman diatas tidak hanya membahas seputar tips mengatur waktu, tetapi ada beberapa topik yang kita bagikan, saksikan ya video diatas sampai habis.

Tips menulis esai untuk lomba debat atau lomba esai, yaitu ada empat poin penting yang bisa kamu lakukan sebagai langkah untuk membuat esai lomba.

Pertama, Kita harus perhatikan TOR atau Ketentuan dan Syarat dari lomba yang diberikan oleh panitia.

Kedua, Tahap selanjutnya, baru kita lihat permasalahan apa yang ingin kita kaji, sesuai dengan Tema dan Sub Tema yang diberikan.

Ketiga, Utama esainya realistis untuk masyarakat yang bisa dilakukan, supaya bisa berdampak kepada lingkungan, dan masyarakat sekitar.

Keempat, Esai yang kita buat agar dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari hari kita.

Untuk lebih lengkapnya silahkan kawan-kawan mendengarkan rekaman video diatas ya. Jika ada pertanyaan silahkan komentar saja di kolom komentar, baik di Youtube, IG, FB Sosiologi Info.

Terimakasih, selalu semangat untuk membangun peradaban intelektual organik untuk masyarakat yang kritis !

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !