-->

3+ Ide Bisnis atau Usaha untuk Pelajar dan Mahasiswa, Tanpa Modal, Begini Caranya !

Mau cari ide bisnis, biar bisa memulai usaha untuk menambah pemasukan. Tapi, ide bisnis dan usahanya tidak mengeluarkan modal, tanpa modal. Caranya !
3+ Ide Bisnis atau Usaha untuk Pelajar dan Mahasiswa, Tanpa Modal, Begini Caranya !

Sosiologi Info - Mau cari ide bisnis, biar bisa memulai usaha untuk menambah pemasukan. Tapi, ide bisnis dan usahanya tidak mengeluarkan modal atau tanpa modal. Bagaimana caranya ?

Nah, berikut ini coba kami rangkum ide bisnis dan usaha untuk kamu pelajar, mahasiswa ataupun masyarakat yang ingin memulai usaha dengan tanpa modal. Yuk Simak !

Memulai sejak dini untuk menjadi wirausaha. Berdasarkan hasil pengalaman dan pengamatan atas beberapa orang yang sudah memulai untuk berbisnis atau menjadi wirausahaan, baik sejak sekolah maupun kuliah. 

Beberapa teman sudah memulai berwirausaha, dengan ide-ide bisnis atau usaha yang coba dikerjakan, seperti jualan online produk kosmetik, menawarkan jasa atau keahlian, serta mencoba peruntukan sebagai tenaga pengajar. 

Nah berikut ini kami rangkum ada lima ide bisnis atau usaha yang bisa dikerjakan oleh pelajar atau mahasiswa serta masyarakat umum, apa saja ?

1. Jualan di Teras Rumah/Lingkungan Rumah/Tempat Kos

Berbisnis di rumah dengan cara berjualan online maupun offline bisa menjadi pilihan ide berbisnis atau usaha. Disini juga tidak menambah modal usaha karena lapak untuk berjualan cukup di rumah, dan kalau online tidak perlu menyewa tempat juga.

Lalu, apa yang bisa dicoba dari rumah, nah salah satu temen kuliah, bernama Witra, sudah memulai usaha berbisnis, yaitu usaha saffron face mist.

Ia menceritakan bahwa Bunga saffron memiliki banyak kandungan vitamin dan antioksidan yang juga memiliki sifat terapeutik dan kalium untuk membantu pembentukan dan perbaikan sel kulit wajah.

"Selain itu, memiliki manfaat anti-inflamasi yang menenangkan kulit untuk mengurangi kemerahan dan anti jamur yang digunakan mengurangi jerawat," kata Witra, Jumat, 19 Februari 2021. 

Disini witra bisa kita jadikan contoh untuk mencari ide bisnis atau usaha, yang bisa dikerjakan di rumah serta tidak membutuhkan biaya atau tambahan modal usaha untuk sewa tempat ya.
Kamu bisa Follow Instagramnya : @withbee_saffron

2. Punya Laptop bisa untuk cari uang, tanpa modal usaha

Banyak temen-temen dilingkungan saya, yang bisa menambah pendapatan dengan ide bisnis dan usaha yang coba dilakukan, yaitu dengan menawarkan jasa desain, editing video, pengetikan tugas, pengolahan data SPSS, dan lainnya.

Dengan bermodalkan laptop, temen-temen yang menawarkan jasa diatas bisa bekerja tanpa harus menunggu adanya modal usaha. 

Kalian yang masih punya laptop, tak dipergunakan dengan baik, segera cari, download, instal aplikasi yang bisa menambah pendapatan anda, dengan menawarkan jasa seperti contoh diatas ya.

3+ Ide Bisnis atau Usaha untuk Pelajar dan Mahasiswa, Tanpa Modal, Begini Caranya !

3. Punya kemampuan Public Speaking. Kamu bisa mulai dengan menawarkan jasa

Kamu punya keahlian dalam bidang menarik perhatian orang banyak atau bisa membawa acara atau pandai dalam dunia publik speaking, kamu bisa coba deh untuk membuka jasa ide bisnis atau usaha tersebut. 

Dengan membuka jasa usaha itu kamu bisa dapat tempat untuk manggung hehehe, mengisi atau menjadi MC diacara-acara pesta, pernikahan, maupun acara-acara besar lainnya. 

Silahkan, untuk kamu yang punya kemampuan publik speaking untuk membuat ide bisnis atau usaha pelayanan jasa ya.

4. Tinggal di tempat wisata, kamu bisa menawarkan jasa pemandu wisata 

Kamu pelajar, mahasiswa, dan masyarakat yang tinggal berdekatan dengan objek wisata, bisa menjadi peluang untuk membuat ide bisnis dan usaha yaitu menawarkan jasa untuk pemandu wisata atau tour guide.

Nah, tunggu apalagi segerakan, ambil peluang ide untuk berbisnis yang gampang-gampang susah untuk dikerjakan ya temen-temen, gasss langsung !

5. Punya kemampuan mengajar, punya keahlian bahasa, kamu bisa menawarkan jasa Bimbingan Belajar atau Les Private. 

Ide bisnis dan usaha kelima ini bisa kamu terapin, jika kamu punya keahilan dalam bidang mengaja di dunia pendidikan, maupun punya keahlian bahasa asing, silahkan untuk mencoba bimbingan belajar (bimbel) maupun les pribadi.

Beberapa temen juga sudah memulai dengan mencoba peruntukan kecil-kecilan dengan membuka tempat belajar di rumahnya sendiri. Silahkan di coba bagi kamu, mahasiswa maupun pelajar yang mempunyai kemampuan dibidang ini. Target pasanya, ya bisa anak-anak pelajar SD, SMP, maupun SMA. 

Nah, kira-kira itulah lima ide bisnis dan usaha untuk pelajar dan mahasiswa yang bisa dicoba untuk menambah pemasukan. 

Nantikan artikel selanjutnya tentang bagaimana cara memulai berbisnis, tips sukses berbisnis, dan cerita-cerita motivasi dari temen-temen yang sudah memulai usaha, serta sudah menjalankan ide-ide bisnisnya.

Follow Instagram : @withbee_saffron

Sumber : hasil pengalaman dan pengamatan orang terdekat yang memulai ide berbisnis dan usaha dilingkungan sekitarnya. 

Sumber foto : @withbee_saffron

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !