-->

Peluang ! Ini 11 Prospek Kerja Lulusan Sosiologi Terbaru, Sesuai Pengalaman

Alumni lulusan Mahasiswa Sosiologi banyak prospek kerja yang bisa kita kerjakan. Apa saja yuk simak !

Ini 11 Prospek Kerja Lulusan Mahasiswa Sosiologi Terbaru, Sesuai Pengalaman !

Sosiologi Info - Kuliah di Jurusan Sosiologi, setelah lulus mau kerja apa ya ? Ada banyak pertanyaan yang selalu menjadi pertanyaan, ketika mahasiswa dan atau pelajar yang ingin kuliah di Jurusan Sosiologi. 

Nah, berdasarkan pengalaman yang ada dilingkungan sekitar, jangan khawatir, alumni lulusan Mahasiswa Sosiologi banyak prospek kerja yang bisa kita kerjakan. Apa saja yuk simak !

Lulusan Sosiologi mau kerja dimana. Inilah yang menjadi pertanyaan bagi setiap pelajar yang ingin kuliah mengambil Jurusan Sosiologi. Apa prospek kerja setelah lulus, apa saja peluang kerja yang bisa dikerjakan oleh lulusan Sosiologi. 

Nah, dari hasil pengalaman dan beberapa rekan-rekan seperjuangan yang juga mengambil kuliah di Jurusan Sosiologi

Berprofesi di Media : Jurnalis, Konten Kreator, dan lainnya. Lulusan sosiologi juga memiliki peluang untuk bisa berkarir dalam media massa/online, apalagi di era digital. Lulusan sosiologi juga banyak yang terjun menjadi konten kreator, jurnalis, dan lainnya.

Peneliti Lapangan/Sosial/Enumerator. Lulusan sosiologi juga punya peluang dan karir dalam bidang survey sosial yang biasanya dilakukan menjumpai langsung masyarakat.

Misalnya surveyor untuk mengakaji peluang-peluang usaha, pemanfaatan dana CSR perusahaan, maupun surveyor politik, ada banyak lulusan sosiologi bergelut dibidang ini.

Jasa Konsultan Sosial. Lulusan sosiologi juga berpeluang menjadi konsultan sosial, seperti konsultan analisis AMDAL, terkait dengan izin perusahaan, tetapi tetap dengan analisis sosial sosiologinya. Maupun konsultan sosial dalam bentuk lainnya. 

Jasa : Desain Grafis, Editing Video, Arsitek/Sketsa Bangunan, Photografer. Lulusan sosiologi juga banyak yang bergelut dalam bidang ini, sebagian rekan dan alumni lulusan sosiologi sering saya jumpai mempunyai pekerja dibidang ini. 

NGO Bergerak di Bidang Sosial Kemasyarakatan. Lulusan sosiologi juga banyak yang terlibat dalam LSM/NGO yang bergerak dibidang sosial kemasyarakatan, seperti Kita Bisa, dan NGO lainnya. Banyak lulusan sosiologi bergelut dalam bidang ini, ya karena memang arenanya lulusan sosiologi.

Menjadi Pengajar/Guru di Sekolah/Bimbel. Lulusan sosiologi, terutama yang mengambil sosiologi pendidikan, bukan sosiologi murni, ya biasanya lebih dominan untuk mengajar menjadi guru. 

Nah, kebanyakan yang kita jumpai menjadi tenaga pengajar di kampung atau daerah masing-masing, banyak dari sosiologi, maupun mengajar di Bimbel.

Menjadi Humas di Perusahaan/Humas di Instansi Pemerintahan. Lulusan sosiologi banyak juga yang bekerja menjadi humas di perusahaan, instansi pemerintah setempat, yang memang itulah bagian dari pendekatan sosiologi, yaitu lebih kepada masyarakatnya. 

Marketing di Perusahaan. Lulusan sosiologi juga banyak yang bekerja sebagai marketing di perusahaan ternama, seperti perusahaan mobil, perumahan, dan marketing lainnya, seperti marketing pinjaman dana, pembelian motor, dan lainnya.

Tim Pendampingan Sosial. Nah, lulusan mahasiswa sosiologi juga banyak yang menjadi pendamping sosial di desa-desa, maupun di daerah masing-masing, seperti adanya pendampingan penyaluran bantuan sosial.

Pegawai Pemerintah/ASN. Nah, memang lulusan sosiologi juga berpeluang menjadi ASN yang mengabdikan diri untuk negara dan masyarakat. Ada yang menjadi ASN dalam bidang analisis kebijakan, maupun ASN dibidang lainnya, yang berkaitan dengan sosial.

Dosen/Akademisi. Nah, lulusan sosiologi yang menyambung S2 biasanya tertarik untuk menjadi dosen maupun akademisi dibidang konsentrasi, misalnya yang mengambil konsentrasi sosiologi perkotaan, kebudayaan, perencanaan sosial, dan lainnya.

Nah, itulah beberapa peluang dan prospek kerja lulusan mahasiswa sosiologi, jadi buat kamu yang mau dan ingin kuliah di Jurusan Sosiologi tidak perlu takut, tinggal dipersiapkan saja, agar peluang-peluang kerjaan diatas bisa didapat ya. Semangat !

Mungkin ya ada pengalaman pekerjaan yang pernah dilakukan bisa dibagikan pada kolom komentar ya guys, terimakasih.

Keterangan Foto : Saat admin bekerja sebagai enumerator dilapangan bersama masyarakat untuk mendapatkan data potensi-potensi sosial ekonomi yang ada di masyarakat tersebut. 

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !