-->

5 Fakta Menarik Universitas Airlangga Kampus Terbaik Dunia, Cek Disini

Universitas Airlangga atau biasa disebut UNAIR. Kampus terbaik yang ada di Indonesia dan dunia.
Universitas Airlangga Kampus Terbaik Dunia, Cek Peringkatnya Disini

Sosiologi Info - Universitas Airlangga atau biasa disebut UNAIR. Kampus terbaik yang ada di Indonesia dan dunia. 

Lalu tahukah anda, peringkat Universitas Airlangga ditingkat World University Rankings (QS WUR) ? Kalau belum yuk simak berita singkat berikut ini ya. 

Sekilas Universitas Airlangga

Universitas Airlangga menjadi kampus populer dan terbaik yang ada di Kota Surabaya, Jawa Timur. UNAIR sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) yang menjadi pilihan kebanyakan orang tua, dan calon mahasiswa. 

Tidak hanya mahasiswa yang berada di Kota Surabaya, tapi calon mahasiswa seluruh Indonesia pun pastinya tertarik dan berminat untuk bisa kuliah di kampus negeri terbaik tersebut. 

Lalu sudahkah anda tahu, bagaimana akreditasi institusi Universitas Airlangga ? Nah kalau belum, dikutip dari laman Banpt.or.id, bahwa Universitas Airlangga mendapatkan predikat A dengan masa berlaku sampai 12 Desember 2023.

Universitas Airlangga Kampus Terbaik Dunia Menuju SMART University

Tahun 2022 Universitas Airlangga masuk sebagai kampus terbaik dunia versi QS WUR. Lembaga inilah yang memberikan pengumuman secara resmi untuk universitas terbaik di dunia. 

Apa aja ya fakta menarik dari hasil pemeringkatan universitas terbaik dunia yang diperoleh Universitas Airlangga ? Berikut ini fakta-fakta menarik dari torehan prestasi yang disabet oleh Sivitas Akademika UNAIR. 

Fakta Pertama, Universitas Airlangga Peringkat 465 Kampus Terbaik Dunia Versi QS WUR

Sudah tahu belum siapakah lembaga yang memberikan pemeringkatan dunia, yang menyebut Universitas Airlangga sebagai kampus terbaik dunia tahun 2022 ?

Nah, Lembaga pemeringkatan dunia itu bernama Quacquarelli Symonds (QS). Ialah lembaha resmi yang mengumumkan Word University Rankings (QS WUR). Pengumuman yang disampaikan itu pada Rabu, 9 Juni 2021. 

Lembaga pemeringkatan itu menyebutkan bahwa Universitas Airlangga berhasil mendapatkan peringkat ke 465 universitas terbaik di dunia. 

Fakta Kedua, Kegigihan Sivitas Universitas Airlangga

Rektor Universitas Airlangga (UNAIR), Mohammad Nasih menyampaikan prestasi yang diraih ini menjadi bukti dan capaian atas kegigihan seluruh sivitas akademika UNAIR. 

Ia melanjutkan sejak awal memimpin pada periode pertama, 2015 sampai 2020 berbagai cara dan gebrakan dilakukan untuk kemajuan UNAIR. 

“Upaya dan ikhtiar terus dilakukan oleh seluruh jajaran sivitas akademika UNAIR untuk menjadi bagian dari 500 kampus terbaik dunia. Syukur alhamdulillah kini bisa mencapai posisi top 465 dunia,” kata Rektor UNAIR Mohammad Nasih, saat jumpa pers dengan awak media di Aula AMERTA Kampus C UNAIR, Rabu, 9 Juni 2021, seperti dikutip Sosiologi Info, pada 8 Juli 2021. 

Fakta Ketiga, Dinamika Pemeringkatan

Catatan sejarah keikutsertaan Universitas Airlangga dalam pemeringkatan dunia patut dijadikan motivasi oleh kampus lainnya. 

Tercatat, pemeringkatan dunia oleh QS WUR ini sudah diikuti oleh UNAIR sejak :

Tahun 2014 Universitas Airlangga menduduki peringkat ke 701+

Tahun 105 - 2018 Universitas Airlangga masih menduduki peringkat ke 701+

Tahun 2019 Universitas Airlangga masuk dalam peringkat dijajaran 751 - 800

Tahun 2020 Universitas Airlangga masuk dalam peringkat dijajaran 651 - 700

Tahun 2021 Universitas Airlangga masuk dalam peringkat dijajaran 521 - 530

Tahun 2022 Universitas Airlangga masuk dalam peringkat 465 kampus terbaik dunia

Rektor Universitas Airlangga (UNAIR), Mohammad Nasih hasil ini adalah prestasi yang didapat tak lepas dari budaya kerja keras. 

“Predikat dan prestasi ini tidak lepas dari budaya kerja keras seluruh jajaran sivitas akademika,” ungkapnya. 

Fakta Keempat, Universitas Airlangga Akan Berjuang untuk Ikut Pemeringkatan Dunia Lainnya

Selanjutnya, Rektor Universitas Airlangga (UNAIR), Mohammad Nasih mengatakan selain mengikuti pemeringkatan dunia oleh lembaga QS WUR. 

Ia juga akan terus mengikuti berbagai pemeringkatan universitas atau kampus dunia bergengsi lainnya.  

Misalnya, salah satu yang paling penting, dimana UNAIR akhirnya sudah boleh mengikuti Times Higher Education World University Rankings, karena jumlah penelitian yang sudah mencukupi. 

“Insya Allah tahun depan kami akan ikut dan langsung masuk Top 1.000,” bebernya. 

Fakta Kelima, Universitas Airlangga Menuju Smart University

Kemudian,  Rektor Universitas Airlangga (UNAIR), Mohammad Nasih juga menjelaskan bahwa peringkat dunia yang diperoleh bukanlah yang menjadi tujuan utama. 

Dia menyebut proses dan seluruh usaha dalam melakukan perbaikan pada setiap sektor menjadi landasan utama. Dengan demikian akan terus bergerak maju demi menjadi kampus yang unggul dan diakui dunia. 

"Dengan langkah dan upaya ini, kami tentu berharap UNAIR bisa, mampu menjadi Smart University, yaitu Smart Education for Millennial People, Meaningful Research and Community Service, Acceleration Innovation and Enterprising, Responsive and Lean Management, dan Top Up Tangible and Intangible Resource Utilization," tutupnya. 

Sumber Referensi : 

http://news.unair.ac.id/2021/06/09/peringkat-naik-melesat-unair-masuk-465-kampus-terbaik-dunia/

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !