-->

Mau Beli Buku Sosiologi Kelas 10, 11, 12 yang Murah ? Ini Tempatnya

Buku Sosiologi untuk SMA/MA sebagai bahan belajar ada banyak. Nah kali ini kita memberikan rekomendasi buku sosiologi kelas 10, 11, dan 12.
Mau Beli Buku Sosiologi Kelas 10, 11, 12 yang Murah ? Ini Tempatnya
Sosiologi Info - Buku Sosiologi untuk SMA/MA sebagai bahan belajar ada banyak. Nah kali ini kita memberikan rekomendasi buku sosiologi kelas 10, 11, dan 12. Namun, dalam kondisi bekas. 

Buku Sosiologi ini sesuai dengan kurikulum 2013 yang merupaka edisi revisi terbaru. Dimana penulisnya yaitu Dwi Mulyono. 

Alasan Kenapa Harus Punya Buku Sosiologi Kelas 10, 11, dan 12

Pertama, karena kamu pelajar. Bagi kamu yang masih bersekolah baik di SMA maupun MA, sudah pastinya menjadi penting untuk memiliki buku sosiologi. 

Dengan adanya buku pegangan ini kamu bisa belajar secara mandiri di rumah, membaca materi dan belajar latihan soal. 

Kedua, untuk memudahkan saat ada tugas/PR. Kamu tidak hanya belajar di sekolah saja, untuk itu menjadi penting punya pegangan buku di rumah.

Sewaktu-waktu kamu diberikan tugas atau PR oleh guru maka bisa mengerjakan tugas itu dengan membaca buku yang sudah ada di rumah. 

Ketiga, belajar mandiri. Kamu yang masih manja menunggu materi, ada baiknya juga membaca ulang atau membaca terlebih dulu materi pelajaran yang diberikan oleh bapak/ibu guru.

Dengan demikian, jika kamu tidak memahami apa yang disampaikan, selanjutnya kamu bisa bertanya langsung saat belajar di kelas maupun saat diskusi. 

Nah kurang lebih tiga manfaat diatas jika kamu punya buku sosiologi kelas 10, 11, dan 12 di rumah, bisa dijadikan sebagai bahan belajar mandiri. 

Buku Sosiologi Kelas 10, 11, dan 12 Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial

Motivasi membeli buku pelajaran sosiologi kelas 10, 11, dan 12 adalah untuk menambah pengetahuan seputar materi pelajaran anak SMA/MA yang membahas Sosiologi. 

Ya memang saya bukan guru sosiologi, tetapi keinginan untuk juga tahu karena saya juga alumni sosiologi. Agar menjadi bekal untuk memberikan pemahaman terkini seputar sosiologi. 

Lalu apa saja daftar isi materi pembelajaran yang kamu dapatkan dalam buku sosiologi itu ? Berikut ini ulasannya singkat, yaitu : 

Pertama, untuk Buku Sosiologi Kelas 10

Daftar Isi | Semester I

BAB I Sosiologi dalam Kaitannya dengan Gejala Sosial

Pembahasannya mulai dari Hakikat Sosiologi, Fungsi Sosiologi, serta Fungsi Sosiologi dalam Memahami Gejala Sosial. Kemudian, juga berisi ringkasan materi dan uji kompetensi 1.

BAB II Hubungan Sosial Manusia sebagai Individu dan Anggota Kelompok

Pembahasannya mulai dari Realitas Manusia sebagai Makhluk Individu, Makhluk Sosial, dan Realitas Kehidupan Manusia dalam Kelompok.

Kemudian, Hakikat Hubungan Sosial dalam Masyarakat, Interaksi Sosial dalam Kehidupan Manusia. Selanjutnya, ada ringkasan materi, uji kompetensi 2, dan soal ujian semester 1.

BAB III Gejala Sosial dalam Kehidupan Masyarakat

Pembahasannya mulai dari Konsep Dasar Sosiologi, Masalah Sosial, Permasalahan Sosial di Indonesia, Konsep Dasar Sosiologi dalam Pemecahan Masalah Sosial. Kemudian, ada juga ringkasan materi, dan uji kompetensi 3.

BAB IV Metode untuk Penelitian Sosial di Masyarakat

Pembahasannya mulai dari Hakikat Penelitian Sosial, Rancangan Penelitian, Pelaksanaan Penelitian Sosial. Kemudian, ringkasan materi, uji kompetensi 4 dan soal ulangan semester 2.

Nah itulah gambaran daftar isi pembelajaran untuk Buku Sosiologi Kelas 10, menarik bukan ? Yuk segera cari dan beli sendiri.

Kedua, Buku Sosiologi Kelas 11

Daftar Isi | Semester I

BAB I Pengelompokan Sosial di Masyarakat

Pembahasannya mulai dari Kelompok Sosial dalam Kehidupan, Dinamika Kelompok Sosial, Tinjauan Sosiologi dalam Kajian Kelompok Sosial dalam Masyarakat. Kemudian, ringkasan materi, dan uji kompetensi 1.

BAB II Permasalahan Sosial dalam Lingkup Kelompok Sosial

Pembahasannya mulai dari Permasalahan Sosial, Masalah Sosial di Indonesia, Masalah Sosial dalam Ruang Lingkup Kelompok Sosial.

Kemudian, Permasalahan Sosial dalam Kecenderungan Eksklusi Sosial di Masyarakat, Kajian Sosiologis dalam Pemecahan Masalah Sosial di Indonesia. Selanjutnya, ada ringkasan materi, dan uji kompetensi 2.

BAB III Kesetaraan dalam Perbedaan Sosial di Masyarakat

Pembahasannya mulai dari Hakikat Keberagaman Masyarakat Indonesia, Problematika Keberagaman, Hakikat Kesetaraan dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia.

Selanjutnya, Prinsip Kesetaraan dalam Keberagaman Kehidupan Masyarakat Indonesia yang Harmonis. Kemudian, ada ringkasan materi, uji kompetensi 3 dan soal ulangan semester 1.

BAB IV Konflik Sosial dan Upaya Penyelesaiannya

Pembahasannya mulai dari Konflik dalam Kehidupan Masyarakat, Hakikat Kekerasan dalam Perilkau Masyarakat, Konflik dan Kekerasan dalam Kehidupan Masyarakat Multikultural serta Solusi Penyelesaiannya.

Selanjutnya, Resolusi Sosial dalam Penyelesaian Konflik Sosial, serta ringkasan materi, dan uji kompetensi 4.

BAB V Upaya Pemecahan Masalah Sosial, Konflik, dan Kekerasan

Pembahasannya mulai dari Upaya Pemecahan Masalah Sosial dalam Masyarakat, Pemecahan Konflik Sosial dengan Pengendalian Sosial.

Selanjutnya, Hakikat Integrasi Sosial dalam Kehidupan, Rancangan (Desain) Penelitian terhadap Konflik atau Kekerasan. Kemudian, ada ringkasan materi, uji kompetensi 5 dan soal ulangan semester 2. 

Ketiga, Buku Sosiologi Kelas 12

Daftar Isi | Semester I

BAB I Perubahan Sosial

Pembahasannya mulai dari Hakikat Perubahan Sosial, Penyebab Perubahan Sosial, Proses Perubahan Sosial, Teori Perubahan Sosial.

Selanjutnya, Bentuk Perubahan Sosial, Dampak Perubahan Sosial, Dampak Perubahan Sosial, Perubahan Sosial sebagai Akibat Globalisasi. Kemudian, ada ringkasan materi, dan uji kompetensi 1.

BAB II Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal

Pembahasannya mulai dari Globalisasi, Pengaruh Globalisasi dalam Kehidupan, Pengaruh Globalisasi terhadap Komunitas Lokal. Selanjutnya, Sikap Selektif terhadap Globalisasi. Kemudian, ringkasan materi, dan uji kompetensi 2.

BAB III Ketimpangan Sosial di Era Globalisasi

Pembahasannya mulai dari Pengertian Ketimpangan Sosial, Faktor Penyebab Terjadinya Ketimpangan Sosial, Bentuk Ketimpangan Sosial di Masyarakat.

Selanjutnya, Upaya Pemerintah Mengatasi Masalah Ketimpangan Sosial. Kemudian, ringkasan materi, uji kompetensi 3 dan evaluasi semester 1.

BAB IV Kearifan Lokal di Tengah Globalisasi

Pembahasannya mulai dari Hakikat Kearifan Lokal, Ragam dan Makna Nilai Kearifan Lokal di Nusantara, Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Nilai-Nilai Kearifan Lokal. Kemudian, ada ringkasan materi dan uji kompetensi 4.

BAB V Pemberdayaan Komunitas Lokal dalam Mewujudkan Kemandirian

Pembahasannya mulai dari Hakikat Pemberdayaan Komunitas, Partisipasi sebagai Dasar Pemberdayaan Masyarakat.

Selanjutnya, Hakikat Kemandirian, Program Pemberdayaan untuk Mewujudkan Kemandirian. Kemudian, ringkasan materi, uji kompetensi 5 dan evaluasi semester 2.

Saya hanya belinya di salah satu marketplace (Sh*pee) dengan tiga buku harganya Rp 135 Ribu saja, silahkan kamu cari saja ya sendiri. Hehehe

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !