-->

Pengertian Gejala Sosial : Faktor Penyebab, Macam dan Contohnya

Lalu, apa sih pengertian atau definisi gejala sosial, faktor penyebab, macam-macam gejala sosial, ragam gejala sosial, dan contohnya. Yuk simak.

Pengertian (Definisi) Gejala Sosial  Faktor Penyebab, Macam, Ragam dan Contohnya

Sosiologi Info - Memahami gejala sosial masyarakat yang ada di sekitar kita menjadi penting. Fenomena sosial yang ada diawali dengan adanya perubahan sosial di masyarakat. 

Lalu, apa sih pengertian atau definisi gejala sosial, faktor penyebab, macam-macam gejala sosial, ragam gejala sosial, dan contohnya. Yuk simak ulasannya berikut ini. 

Gejala Sosial dalam Kehidupan Sehari-hari Masyarakat

Kehidupan sosial masyarakat tidak akan terlepas dari gejala sosial. Apalagi dengan di Indonesia yang begitu banyaknya kemajemukan, mulai dari etnis, suku, budaya, adat istiadat, kelompok organisasi, serta perbedaan lainnya.

Tidak hanya karena adanya kemajemukan terjadinya gejala sosial, bisa juga melalui perkembangan teknologi, perubahan dan dinamika sosial juga  bisa memunculkan gejala sosial.

Oleh karena itu, penting untuk kita juga harus memahami gejala sosial, mulai dari pengertian/definisi, faktor penyebab, dan contoh fenomena sosialnya. 

Gejala Sosial adalah sebuah peristiwa yang terjadi diantara dan dilakukan oleh manusia, baik secara individu dan kelompok sosial. 

Adanya peristiwa dan proses gejala sosial terjadi karena perilaku yang dilakukan individu. Dimana ia terlibat didalamnya untuk saling keterkaitan. Gejala sosial juga yang muncul di masyarakat itu bisa diartikan sebagai adanya fenomena sosial. 

Selanjutnya, kita melihat adanya gejala sosial merupakan suatu fenomena yang ditandai dengan timbulnya permasalahan sosial yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh tingkah laku setiap individu di dalam lingkungan kehidupannya. 

Gejala sosial atau social symptom dan masalah sosial merupakan dua hal yang sangat berkaitan. Ketika gejala sosial terjadi secara terus menerus maka akan berpotensi menimbulkan masalah sosial yang ada di masyarakat. 

Dengan demikian, fenomena sosial ini dapat terjadi ketika ada perubahan sosial di dalam masyarakat. Nah gejala sosial yang ada di masyarakat itulah fenomena sosialnya.

Kemudian, adanya fenomena sosial karena di dalam masyarakat itu terjadi perubahan sosial yang dialami dalam kehidupan sehari hari. 

Ada beberapa karaktersitik gejala sosial, yaitu gejala sosial sangat kompleks, beranekaragam, tidak universal, dinamis, tidak mudah dimengerti, kurang obyektif, kualitatif, dan sulit diprediksi.

Berbagai gejala sosial dapat dikelompokkan dalam bentuk gejala sosial yang menentukan (the determinant social phenomenon) dan bentuk gejala sosial yang ditentukan (the determined social phenomenon).

Gejala-gejala sosial menurut Pitirim A Sorokin dapat dikelompokan dalam berbagai jenis atau macam, yaitu diantaranya gejala sosial religius, ekonomi, politik, dan hukum. Kemudian, setidaknya ada tiga tingkatan gejala sosial yaitu mikro, meso dan makro. 

Dua Faktor Penyebab Terjadinya Gejala Sosial

Adapun faktor faktor penyebab terjadinya gejala sosial di masyarakat dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu sebagai berikut :

1. Faktor Kultural 

Apa yang dimaksud dengan faktor kultural ? Nah faktor ini merupakan nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang di dalam lingkungan masyarakat atau komunitas sosial. 

Nah ada beberapa yang bisa kita lihat sebagai contoh gejala sosial berdasarkan faktor kultural yaitu adanya kemiskinan, kegiatan kerja bakti atau gotong royong, serta perilaku menyimpang (kriminal, pemakaian narkoba, dan lainnya).

2. Faktor Struktural 

Apa yang dimaksud dengan faktor struktural ? Nah faktor ini merupakan suatu keadaan yang mempengaruhi struktur, yang dimaksud adalah sesuatu yang disusun oleh pola tertentu. 

Apa saja yang bisa kita lihat dari faktor struktural, yaitu dapat dilihat dari pola-pola hubungan antara individu dan kelompok yang terjalin dilingkungan masyarakat. 

Contoh gejala sosial yang bisa kita lihat yaitu saat kita melakukan kegiatan penyuluhan, sosialisasi penerapan prokes Covid-19, serta contoh lainnya yang berkaitan. 

Lalu apa saja sih ragam, macam, dan contoh gejala sosial yang bisa kita lihat di dalam masyarakat atau dilingkungan sekitar kita ? Berikut dibawah ini ulasannya singkatnya. 

Ragam Gejala Sosial dalam Berbagai Bidang yaitu :

1. Fenomena Sosial dalam Bidang Ekonomi

2. Fenomena Sosial dalam Bidang Budaya

3. Fenomena Sosial dalam Bidang Lingkungan/Alam

4. Fenomena Sosial dalam Bidang Psikologis/Perilaku Individu

Contoh Gejala Sosial dalam Masyarakat, yaitu :

1. Fenomena Sosial Kemiskinan

2. Fenomena Sosial Permasalahan Remaja

3. Fenomena Sosial Kependudukan 

4. Fenomena Sosial Kesehatan Masyarakat (seperti sekarang saat Pandemi Covid-19)

Macam-macam gejala sosial yang bisa kita lihat dalam kehidupan sosial masyarakat yaitu :

1.Gejala Sosial Religius, misalnya bisa kita lihat dalam perayaan panen padi, dan lainnya. 

2.Gejala Sosial Ekonomi, misalnya bisa kita lihat dalam naik turunya pertumbuhan ekonomi masyarakat, serta adanya peningkatan atau penurunan pengangguran masyarakat.

3.Gejala Sosial Politik, misalnya bisa kita lihat jelang pilkada, pemilu, terjadinya praktik dan taktik politik oleh para elite, seperti adanya politik uang dalam mendulang suara pemilih, serta contoh kecurangan lainnya.

4.Gejala Sosial Hukum, misalnya bisa kita lihat pada ketidakdisiplinan warga di jalan raya, atau di lalu lintas saat mengendarai motor/mobil, seperti tidak memakai helm saat naik motor, atau tidak memakai seatbelt saat mengendarai mobil. 

Nah itulah sekilas pengertian atau definisi gejala sosial, dua faktor penyebab, macam-macam, ragam, dan contoh fenomena gejala sosial yang ada di dalam kehidupan sehari hari. 

Sumber Referensi Bacaan :

Modul Pembelajaran SMA Sosiologi Kelas X | Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Direktorat Sekolah Menengah Atas 2020 | Penyusun Sri Uji Partiwi, S.Sos., M.Pd

Melihat Gejala Sosial yang Ada di Masyarakat oleh Rafid Naufal Raiftissia | Prodi Ilmu Hukum Universitas Ekasakti

http://repositori.kemdikbud.go.id

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !