Penjelasan (Definisi) Perilaku Menyimpang Menurut 6 Para Ahli

Sosiologi Info - Apa yang kamu ketahui tentang pengertian perilaku menyimpang dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat ? 

Nah kalau belum tahu yuk simak penjelasan pengertian perilaku menyimpang berikut ini dari para ahli.  

Memahami Apa Itu Definisi Perilaku Menyimpang

Nilai dan norma yang ada di masyarakat sudah menjadi konsensus atau kesepakatan bersama dalam menjalankan aktivitas dalam kehidupan sehari-harinya. 

Jika ada seseorang individu atau kelompok masyarakat melanggar kesepakatan nilai dan norma yang berlaku maka ia akan disebut menyimpang. 

Misalnya, contoh kecil saat pelajar yang bolos, merokok, atau pelanggaran lainnya. Pelajar tersebut seharusnya menjalankan nilai dan norma yang sudah disepakati.

Dimana pelajar tidak membolos saat belajar, maupun tidak merokok saat disekolah. Kalau melanggar itu artinya pelajar tersebut sudah melakukan perilaku menyimpang. 

Lalu apa itu pengertian dari perilaku menyimpang yang harus kita ketahui bersama-sama ? 

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia menjelaskan bahwa perilaku menyimpang diartikan sebagai tingkah laku, perubahan, atau tanggapan seseorang terhadap lingkungan yang bertentangan dengan norma-norma dan hukum yang berlaku dalam masyarakat tersebut.

Kehidupan sehari-hari kita sebagai masyarakat dalam menjalankan aktivitas sosial, dan tindakan sosial dilakukan sesuai dengan norma yang berlaku. Ada batasan-batasan yang diatur dan disepakati bersama.
 
Siapa yang melakukan pelanggaran terhadap aturan tersebut maka siap-siap sanksi akan menanti sebagai hukumannya. 

Definisi lain menyebutkan bahwa perilaku menyimpang adalah setiap perilaku yang tidak sesuai dengan norma-norma dalam masyarakat. 

Dimana pelaku yang melakukan penyimpangan itu disebut devian (Deviant). Adapun perilaku yang sesuai dengan norma dan nilai yang berlaku dalam masyarakat yaitu disebut konformitas. 

Perilaku menyimpang merupakan tindakan yang tidak sesuai dengan kaidah dan norma-norma yang berlaku di dalam lingkungan kehidupan sosial masyarakat. 

Sekilas diatas kita sudah mendapatkan penjelasan apa itu pengertian atau definisi dari perilaku menyimpang. 

Nah lalu bagaimana pandangan dari para ahli/tokoh dalam memberikan penjelasannya terhadap pengertian perilaku menyimpang ? Berikut ulasannya. 

1. Robert M Z Lawang memberikan pengertian bahwa perilaku menyimpang adalah semua tindakan yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku dalam suatu sistem sosial. 

Dan menimbulkan usaha dari mereka yang berwenang dalam sistem itu untuk memperbaiki perilaku yang menyimpang tersebut. 

2. Bruce J Cohen memberikan penjelasan bahwa perilaku menyimpang adalah setiap perilaku yang tidak berhasil menyesuaikan diri dengan kehendak-kehendak masyarakat atau kelompok tertentu dalam masyarakat. 

3. James Vender Zender memberikan penjelasan bahwa perilaku menyimpang adalah perilaku yang dianggap sebagai hal tercela dan berada di luar batas batas toleransi oleh sejumlah besar orang/masyarakat. 

4. Mappier memberikan penjelasannya bahwa perilaku menyimpang disebut dengan tingkah laku yang bermasalah. 

Tingkah laku ini masih terjadi di dalam batas ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan seseorang sebagai akibat adanya perubahan baik secara psikis dan fisik.

5. Hordert menjelaskan perilaku menyimpang adalah setiap tindakan yang melanggar keinginan-keinginan (Nilai dan Norma yang telah disepakati) bersama, sehingga dianggap menodai kepribadian kelompok yang akhirnya si pelaku dikenai sanksi. 

6. Zanden menerangkan bahwa perilaku menyimpang merupakan perilaku yang oleh sebagian besar orang dianggap sebagai hal tercela dan diluar batas toleransi. 

Nah itulah sekilas pengertian atau definisi perilaku menyimpang dan beserta penjelasan dari beberapa para ahli. 

Sumber Referensi : 
Modul Pembelajaran SMA Sosiologi Kelas X | Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Direktorat Sekolah Menengah Atas 2020 | Penyusun Sri Uji Partiwi, S.Sos., M.Pd

http://digilib.iainkendari.ac.id/

Sumber Foto : 
http://blog.unnes.ac.id/