Penjelasan Masyarakat Liminal (Liminalitas) dan Contohnya - Referensi Artikel Sosiologi Penjelasan Masyarakat Liminal (Liminalitas) dan Contohnya | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide$t=hide

Penjelasan Masyarakat Liminal (Liminalitas) dan Contohnya

Penjelasan Masyarakat Liminal (Liminalitas) dan Contohnya.

Apa sih masyarakat liminal atau disebut juga liminalitas ? Berikut ini pengertian dan memahaminya, beserta contoh fenomena sosial yang ada di kehidupan masyarakat.

Sosiologi Info -  Apa sih masyarakat liminal atau disebut juga liminalitas ? Berikut ini pengertian dan memahaminya, beserta contoh fenomena sosial yang ada di kehidupan masyarakat. 

Sekilas Memahami Masyarakat Liminalitas

Teori Liminalitas menyebutkan bahwa perubahan seseorang dikarenakan adanya pengaruh kebudayaan yang berbeda.

Dari daerah asalnya yang menimbulkan seseorang tidak mengikuti, baik daerah asal maupun daerah baru yang ditempatinya. 

Dimana biasanya hal ini terjadi, pada masyarakat migran yang telah lama bermukim di daerah baru. Pengalamannya yang diperoleh para migran inilah yang mendasari mereka.

Untuk melakukan rekonstruksi pada kehidupan sosialnya di masyarakat, begitu juga terhadap kepentingan dan masa depannya nanti.

Selanjutnya dalam teori ini ada setidaknya tiga tahapan yaitu praliminal, liminal, dan post-liminal. Dimana pada fase pra-liminal para migran masih berada.

Dalam struktur masyarakat dan norma norma yang berlaku di daerah asalnya. Kemudian, baru lah pada fase kedua yaitu liminal merupakan tahap dimana seseorang/para migran (subjek) mengalami suatu keadaan yang ambigu. 

Nah, keadaan ambigu ini menjadi ciri khas pada tahapan kedua ini. Menurut Victor Turner, ia menggambarkan keadaan ini dengan ruang. Dimana dua orang dibatasi oleh pintu tertutup. 

Liminal memiliki artinya ambang pintu. Itu berarti dia tidak disini dan juga tidak disana. Tidak di ruang yang satu, juga tidak di ruang yang lainnya. Tidak di dalam dan juga tidak di luar. 

Dimana mereka berangsur angsur berubah menuju fase post-liminal yang berarti penyatuan kembali.

Kemudian, dikutip dari laman https://id.wikipedia.org, menjelasakan bahwa liminalitas dalam Antropologi adalah status ketaksaan yang didapatkan seseorang melalui dan dalam ritual.\

Tidak bertempat disini atau disana, dan tidak memiliki posisi jelas, seperti ditetapkan hukum, tradisi atau konvensi. 

Konsep liminalitas nantinya dikembangkan oleh beberapa antropologis, sebut saja seperti Victor Turner, Max Gluckman, Edmund Leach, Mary Douglas.

Dan signifikasinya untuk menjelaskan fenomena berskala luas, seperti revolusi maupun perubahan sosial telah diajukan oleh Turner, Shmuel Eisentadt dan Arpad.

Selanjutnya, kata liminalitas berasal dari kata latin untuk ambang (limen), dan mengacu pada kondisi yang memiliki status seperti celah atau lubang atau sebagai perantara sesuatu.

Menurut Van Gennep, mengatakan liminalitas merujuk pada ritus peralihan yang ada pada masyarakat kecil dimana para pelakunya menjalani masa transisi. 

Dengan meninggalkan lingkungan asalnya sampai kembali bergabung dengan komunitasnya dari pola tersebut. 

Dimana liminalitas adalah tahap tengah yang menghubungkan tahap separasi atau tahap perpisahan individu dari komunitasnya.

Dengan tahap reintegrasi atau tahap kembalinya individu menjadi bagian dalam struktur komintas tersebut. 

Perjalanan individu dari tahap ke tahap secara resmi juga dilangsungkan oleh upacara khusus. Fase liminal berisi aktivitas dimana individu mempertanyakan identitasnya.

Dan hidup tanpa akomodasi struktur sosial, sembari membangun identitasnya kembalo dan memperisapkan diri masuk kembali ke komunitas dengan status atau peran yang baru. 

Contoh Fenomenanya

Ada beberapa contoh untuk memahami perspektif teori masyarakat liminal bisa kamu lihat pada kasus yaitu :

1. Pada masyarakat migran

2. Seorang pelajar yang merantau menempuh pendidikan dari desa ke kota, maupun dari seseorang yang menempuh pendidikan di luar negeri (di negara lain). 

3. Pada berbagai ritual adat, budaya di masyarakat bisa juga kamu jadikan sebagai contoh memahami masyarakat liminal.

4. Para pekerja yang merantau di luar daerahnya

Nah itulah penjelasan mengenai masyarakat liminal dan contoh contohnya yang ada di kehidupan masyarakat. 

Sumber Referensi : 1 | 2

COMMENTS

$hide=home

$type=three$count=6$hide=home$s=0$d=hide$cat=0$a=0$rdm=0$cm=0$t=0$desc=0

$type=three$count=6$hide=home$s=0$d=hide$cat=0$a=0$rdm=0$cm=0$t=0$desc=0

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Penjelasan Masyarakat Liminal (Liminalitas) dan Contohnya
Penjelasan Masyarakat Liminal (Liminalitas) dan Contohnya
Penjelasan Masyarakat Liminal (Liminalitas) dan Contohnya.
https://1.bp.blogspot.com/-iJagE0glqRU/YWZO_3SjUiI/AAAAAAAAFw0/0Uem0n2n1FMN_JfqjQnwIlZCwpelg95TgCLcBGAsYHQ/s16000/Penjelasan%2BMasyarakat%2BLiminal%2BLiminalitas%2Bdan%2BContohnya.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-iJagE0glqRU/YWZO_3SjUiI/AAAAAAAAFw0/0Uem0n2n1FMN_JfqjQnwIlZCwpelg95TgCLcBGAsYHQ/s72-c/Penjelasan%2BMasyarakat%2BLiminal%2BLiminalitas%2Bdan%2BContohnya.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/10/penjelasan-masyarakat-liminal-dan-contohnya.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/10/penjelasan-masyarakat-liminal-dan-contohnya.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy