Tim Universitas Riau Lakukan Pengabdian di Desa Kualu Nenas, Ini Tujuannya - Referensi Artikel Sosiologi Tim Universitas Riau Lakukan Pengabdian di Desa Kualu Nenas, Ini Tujuannya | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide$t=hide

 

Tim Universitas Riau Lakukan Pengabdian di Desa Kualu Nenas, Ini Tujuannya

Produksi 1456 Ton Nanas, Tim Universitas Riau Lakukan Pengabdian di Desa Kualu Nenas, Ini Tujuannya.

Tim Universitas Riau Lakukan Pengabdian di Desa Kualu Nenas, Ini Tujuannya

Sosiologi Info - Desa Kualu Nenas dikenal sebagai salah satu desa penghasil nanas dengan kualitas baik. Potensi perkebunan mencapai 1.050 hektar dengan kemampuan produksi mencapai 1.456 ton per tahun atau 121 ton per bulan. 

Angka tersebut tentu menjadi satu tanda bahwa potensi perkebunan nenas di Desa Kualu Nenas dapat menjadi sumber penghasilan menjanjikan.

Serta memberdayakan masyarakat khususnya kelompok rentan seperti ibu-ibu maupun sumber pekerjaan bagi generasi muda. 

Namun, sesungguhnya ketika bicara dalam konteks mengambil manfaat ekonomi bagi kesejahteraan masyarakat khususnya para petani, hingga saat ini belum banyak hal yang dilakukan. 

Daya saing petani sebagai aktor utama dalam pengelolaan komoditas tersebut masih tergolong rendah khususnya menyongsong era digital. 

Suka tidak suka digitalisasi menyajikan banyak sekali peluang sekaligus tantangan yang harus disikapi dengan pendekatan, khusus terutama menyiapkan Sumber Daya Manusia agar mampu kreatif serta inovatif. 

Sebagai usaha dalam meningkatkan daya saing petani pengabdian Universitas Riau yang diketuai oleh Dr. Seno Andri, M.Si beranggotakan Dr. Dra. Rd. Siti Sofro Sidiq, Dr. Okta Karneli, Ahmad Nawawi, M.Sc serta Zakiyah.

Ini merupakan pengabdian lintas disiplin memberikan sosialisasi edukasi terkait beberapa hal terutama merangsang kreativitas dan inovasi. 

“Kami menyusun pengabdian dari disiplin ilmu yang berbeda tapi masih satu rumpun Ilmu Sosial Politik, ada administrasi bisnis, sosiologi dan usaha perjalanan wisata,” kata Ketua Pengabdian Masyarakat Desa Kualu Nenas 2021, Dr Seno Andri, M.Si

Ia melanjutkan tujuannya bagaimana untuk mendorong petani nanas agar memiliki kompetensi dan daya saing. 

Pihaknya melakukan sosialisasi dan edukasi supaya petani nanas lebih kreatif, dan tetap berinovasi dalam usaha tani misalnya tidak hanya menanam. 

“Tapi bagaimana mengolah lahan lebih produktif, mengolah nanas dengan produk terbaru atau mengolah limbah nanas menjadi sumber ekonomi,” ujarnya.

Dimana agenda dalam pengabdian ini terdiri dari sosialisasi dan edukasi pemanfaatan platform digital seperti youtube, instagram serta marketplace seperti shopee, tokopedia, lazada dan bukalapak. 

Tim juga menyajikan materi terkait administrasi kelompok, literasi digital, dan materi terkait urgensi kreativitas, serta inovasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan petani nenas khususnya dalam mengelola lahan gambut berkelanjutan. 

Beberapa agenda tersebut perlu untuk dikenalkan kepada petani nenas serta mengajarkan mereka praktik langsung untuk memanfaatkan aneka platform maupun marketplace yang ada. Tim Universitas Riau Lakukan Pengabdian di Desa Kualu Nenas, Ini Tujuannya

Respons masyarakat dan aparat pemerintahan Desa Kualu Nenas untuk kegiatan pengabdian masyarakat ini begitu antusias. 

Mereka berharap untuk selanjutnya kegiatan yang dilakukan tidak hanya sosialisasi dan edukasi. Tetapi juga memberikan pendampingan intensif khususnya mengelola, serta memanfaatkan potensi lahan gambut baik nenas maupun potensi lain. 

Ansori mengucapkan rasa terimakasih kepada tim yang melakukan pengabdian. “Rasa terimakasih kami ucapkan. Sosialisasi dan edukasi ini memberikan pencerahan. Untuk ekonomi yang lebih baik memang tidak cukup hanya menanam,” kata Ansori.

“Kita bisa mengolah lebih lanjut dari hasil yang kita tanam itu. Ketika sudah ada produknya maka dipasarkan melalui digital, seperti itu alurnya,” imbuhnya.

Dia menuturkan belum banyak yang dilakukan disini. Meskipun di tempat ini dapat dikatakan potensi besar di bidang nenas. 

“Kami masih mengharapkan berikutnya diberi pendampingan untuk kami untuk masyarakat agar kami bisa mendapatkan manfaat lebih dari pertanian ini,” pungkasnya. 

Tim pengabdian mendorong agar kolaborasi stakeholder dilakukan dengan intensif serta berorientasi bukan sekedar sisi ekonomi tetapi juga ekosistem gambut yang ada di Desa Kualu Nenas. 

Kolaborasi dan kerjasama yang solid merupakan kunci utama bagi peningkatan daya saing petani nenas serta mengambil manfaat yang jauh lebih besar dari usaha tani.

$hide=home

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Tim Universitas Riau Lakukan Pengabdian di Desa Kualu Nenas, Ini Tujuannya
Tim Universitas Riau Lakukan Pengabdian di Desa Kualu Nenas, Ini Tujuannya
Produksi 1456 Ton Nanas, Tim Universitas Riau Lakukan Pengabdian di Desa Kualu Nenas, Ini Tujuannya.
https://1.bp.blogspot.com/-8Y6HEv1a3PQ/YW0mRT-3HXI/AAAAAAAAF1o/ybs9CBuDlcYgDLWNTH5U7uLq7VS_TsOAQCLcBGAsYHQ/s16000/Tim%2BUniversitas%2BRiau%2BLakukan%2BPengabdian%2Bdi%2BDesa%2BKualu%2BNenas%252C%2BIni%2BTujuannya.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-8Y6HEv1a3PQ/YW0mRT-3HXI/AAAAAAAAF1o/ybs9CBuDlcYgDLWNTH5U7uLq7VS_TsOAQCLcBGAsYHQ/s72-c/Tim%2BUniversitas%2BRiau%2BLakukan%2BPengabdian%2Bdi%2BDesa%2BKualu%2BNenas%252C%2BIni%2BTujuannya.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/10/tim-universitas-riau-lakukan-pengabdian-di-desa-kualu-nenas.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/10/tim-universitas-riau-lakukan-pengabdian-di-desa-kualu-nenas.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy