-->

10 Contoh Interaksi Sosial yang Mengarah Kepada Perpecahan

Apa saja 10 Contoh Interaksi Sosial yang Mengarah Kepada Perpecahan. Simak penjelasannya.
10 Contoh Interaksi Sosial yang Mengarah Kepada Perpecahan

Sosiologi Info - Apa saja contoh interaksi sosial yang dapat mengarah kepada perpecahan di masyarakat atau di kehidupan sosial.

Bagaimana bisa hubungan sosial antara individu, kelompok masyarakat dapat menimbulkan kepada perpecahan ? Simak penjelasan dan ulasan berikut ini.

Mengenal Interaksi Sosial

Hubungan hubungan sosial yang dilakukan antara individu, atau seseorang baik antara manusia dengan manusia, antara manusia dengan kelompok masyarakat, itulah pengertian dari interaksi sosial.

Proses sosial ini terjadi jika antara kedua belah pihak atau lebih melakukan hubungan timbal balik, yaitu saling berinteraksi dengan berkontak dan berkomunikasi langsung.

Interaksi sosial juga dapat menimbulkan perpecahan atau konflik di masyarakat, ini sebut dengan interaksi disasosiatif.

Baca Juga : Pengertian Sosiologi Menurut Auguste Comte: Hukum Tiga Tahap

Sementara interaksi yang mengarah kepada hal yang baik atau persatuan di masyarakat disebut dengan interaksi asosiatif. 

Interaksi asosiatif ini adalah interaksi yang mengarah kepada kesatuan atau persatuan pandangan dalam masyarakat. 

Selanjutnya, untuk interaksi disasosiatif adalah interaksi yang mengarah kepada interaksi yang menimbulkan konflik atau perpecahan, maupun rengangnya hubungan sosial tersebut.

Lalu apa saja contoh yang bisa kita lihat, pada interaksi sosial yang dapat mengarah kepada interaksi sosial yang menimbulkan perpecahan atau konflik ? Simak contoh dan penjelasannya dibawah ini ya.

Contoh Interaksi Sosial yang Mengarah Kepada Perpecahan

Ada beberapa contoh interaksi sosial yang dapat menimbulkan perpecahan maupun konflik di masyarakat, yaitu :

1. Persaingan atau kompetisi pada saat pemilihan umum, baik presiden, gubernur, walikota, bupati, anggota dewan, hingga tingkat dasar yaitu seperti kepala desa/lurah.

Perpecahan atau konflik yang terjadi biasanya karena adanya perbedaan pilihan/pendapat yang membuat seseorang bersitegang.

Yang bisa saja menimbulkan perpecahan dan konflik sosial terjadi antar sesama individu, maupun kelompok masyarakat. 

2. Adanya kata kata kontroversi yang dilakukan oleh seseorang, seperti melakukan fitnah, mencaci maki, membenci, mengadu domba, yang dilakukan.

Baik antar individu, kelompok masyarakat maupun antar suku, etnis, yang bisa saja dengan satu kata ucapan yang kontroversi memicu adanya perpecahan dan konflik terebut. 

3. Adanya pertentangan yang menimbulkan konflik atau ketegangan yang terjadi, seperti terlibatnya ada tawuran, bentrokan, perkelahian antara individu.

Baik individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok antar kelompok masyarakat. 

Bisa menimbulkan perpecahan dan konflik karena adanya pertentangan yang ada di kehidupan sosial masyarakat. 

4. Adanya informasi bohong atau hoax yang sekarang kian meningkat produksinya di masyarakat. Ini bisa menjadi penyebab interaksi sosial bisa mengarah kepada perpecahan.

Apalagi jika informasi itu diterima mentah mentah oleh masyarakat tanpa ada penyaringan lagi dari informasi tersebut.

5. Adanya perlombaan yang diikuti dengan cara curang atau tidak sesuai ketentuan, maka bisa saja menimbulkan perpecahan yang diakibatkan ketidak terimanya lawan atau orang tersebut.

6. Adanya ketidak sesuain dalam pembagian sumber daya alam yang dimiliki kepada warga atau masyarakat. 

Maupun adanya ketidaksesuaian dalam penerimaan dari bagi hasil sumber daya alam, ini juga dapat menimbulkan perpecahan pada proses interaksi sosial di masyarakat. 

7. Ketika ada pembangunan di masyarakat yang tidak adanya lagi diskusi atau musyawarah dengan warga setempat.

Dalam pengambilan keputusan atau proses pembangunan itu, bisa saja menimbulkan perpecahan dalam proses interaksinya di kehidupan masyarakat.

8. Ketidak sepakatan terhadap nilai dan norma yang berlaku di masyarakat bisa juga menimbulkan perpecahan dalam interaksi sosial di masyarakat. 

Apalagi jika satu sama lain tidak mempunyai tujuan yang sama dalam kepentingan dan tindakannya di masyarakat. 

Bisa saja menimbulkan perpecahan dalam proses interaksi sosialnya tersebut.

9. Ketika seseorang yang sedang berdebat tidak ada yang mengalah dalam diskusinya, bisa juga menjadi pemicu terjadinya perpecahan di masyarakat. 

10. Tidak adanya saling pengertian antara sesama manusia, dan masyarakat juga bisa menjadi penyebab terjadinya pepercahan di masyarakat. 

Nah itulah penjelasan sekilas mengenai 10 Contoh Interaksi Sosial yang Mengarah Kepada Perpecahan. Semoga bermanfaat ya. 

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !