Cara Mengamalkan Norma Masyarakat dalam Kehidupan Sehari Hari - Referensi Artikel Sosiologi Cara Mengamalkan Norma Masyarakat dalam Kehidupan Sehari Hari | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide$t=hide

 

Cara Mengamalkan Norma Masyarakat dalam Kehidupan Sehari Hari

Bagaimana ya Cara Mengamalkan Norma Masyarakat dalam Kehidupan Sehari Hari. Berikut penjelasannya.

Cara Mengamalkan Norma Masyarakat dalam Kehidupan Sehari Hari

Sosiologi Info - Bagaimana cara mengamalkan norma norma yang berlaku di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari ? 

Simak penjelasan singkat, beserta pemahaman terhadap contoh contohnya di kehidupan sosial masyarakat. Yuk baca. 

Penjelasan Mengenai Norma di Masyarakat

Kehidupan sosial masyarakat yang terjadi sehari harinya. Tidak terlepas dari peran adanya norma yang disepakati bersama. 

Proses sosial yang berlangsung, seperti perilaku, tindakan, serta hubungan sosial. Semuanya sudah ada norma yang mengikat. 

Baik secara sadar maupun tidak sadar akan keberadaan norma tersebut. Yang pastinya itu sudah menjadi konsensus yang harus ditaati oleh setiap warga. 

Norma sosial adalah sebagai perangkat aturan dan panduan hidup yang ada di lingkungan masyarakat. 

Biasanya tidak tertulis dan berlaku di masyarakat. Norma yang ada dapat memberikan pengaruh terhadap tndakan seseorang di kehidupan sosial secara luas. 

Bisa dikatakan kalau tidak ada norma, sudah pasti kehidupan masyarakat tidak akan berjalan dengan baik dan seimbang. 

Norma sosial sendiri menjadi patokan perilaku individu dalam beraktivitas sehari hari di masyarakat. 

Berfungsi sebagai untuk memberikan batasan, baik itu berupa perintah, larangan, yang sifatnya memaksa. Berlaku bagi seluruh warga yang ada di lingkungan masyarakat.

Oleh karena itu, penting untuk selalu mensosialisasikan setiap norma yang berlaku  di kehidupan masyarakat, sehingga dapat tercapainya ketertiban sosial atau sosial order. 

Jenis Jenis Norma 

Ada beberapa jenis norma yang dibagi menjadi dua bagian yaitu "

Pertama, Jenis Norma yang Berdasarkan Tingkat Daya Ikatnya

1. Norma Usage/perbuatan/cara melakukan sesuatu

2. Norma Mores/Tata kelakuan/kesusilaan

3. Norma Folkways/pengulangan/rutinitas

4. Norma Custom/adat istiadat

Kedua, Jenis Norma yang Berdasarkan Aspek

1. Norma Agama

2. Norma Hukum

3. Norma Kesusilaan

4. Norma Kesopanan

5. Norma Kebiasaan

Cara Mengamalkan Norma di Masyarakat

Lalu bagaimana cara mengamalkan norma sosial dalam kehidupan sehari hari masyarakat ? Simak beberapa contoh berikut ini.

Cara Mengamalkan norma sosial di setiap aktivitas kehidupan bermasyarakatan, yaitu :

1. Berlaku sopan dan santun dihadapan orang yang lebih tua, dengan menghormati, memberikan salam, mencium tangan saat berjumpa.

Selanjutnya, berkata/berutur yang santun, begitu juga saat menyapa orang yang lebih tua, harusnya dengan sikap yang sopan juga.

Jangan sembarangan asal menyapa dengan teriak, atau memaki, itu tidak bisa kita dengan cara seperti itu mengalamkan norma.

2. Mengamalkan norma saat sedang makan yaitu dengan tidak berisik, atau dengan tidak berbunyi saat memakai sendok, di piring.

Cara lain, seperti saat menghadiri hidangan makan bersama, kita tidak boleh asal-asalan dalam bersendawa di depan publik.

Mesti dibiasakan karena itu dianggap tidak sopan. Makanya kita harus permisi izini untuk melakukan sendawa di luar acara. Misalnya ke toilet atau ke ruangan yang sepi tidak ada orang.

3. Cara lain dalam mengamalkan norma yaitu dengan bersikap sopan saat memanggil nama orang yang lebih di tuakan. 

Yaitu dengan tidak memanggil namanya langsung, melainkan ada kata yang menjadi kesopanan disana. Misalnya, ketika memanggil orang tua.

Maka ada ibu/bapak di depannya, begitu juga ketika hendak memanggil kakak, abang, paman, nenek, kakek, dan seterusnya. 

4. Mengikuti aturan dalam acara adat budaya saat melakukan perkawinan, maka kamu hendaknya menyiapkan ritual atau sesuai dengan adat budaya yang dipakai.

Jangan asal-asalan dalam menerapkannya. Karena kalau kamu tidak melaksanaannya, maka kamu dianggap tidak mengamalkan ajaran norma tersebut. 

5. Mengamalkan norma dalam Agama juga bisa kamu lakukan. Seperti melaksanakan ajaran kebaikan dalam agama. 

Melakukan persembahyangan, menghormati agama orang lain, serta menjalankan ajaran agama dengan sesuai pedoman kitab umat beragama masing-masing. 

6. Dalam norma hukum di masyarakat. Juga kamu bisa mengamalkannya dengan disiplin dalam mentaati aturan segala macam bentuk hukum.

Misalnya seperti ada aturan undangan undangan, peraturan daerah, peraturan presiden, dan berbagai aturan hukum yang sah di negara tersebut.

Misalnya, seperti saat sekarang kita sedang menghadapi wabah virus, maka berbagai aturan dalam negeri mesti dipatuhi.

Seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas berpergian. 

Sebenarnya ada banyak lagi norma-norma sosial yang ada di masyarakat, yang bisa dilakukan dengan berbagai cara mengamalkannya.

Tergantung juga bagaimana situasi dan kondisi norma sosial yang berlaku dan ada di lingkungan masyarakat tersebut. 

Nah itulah penjelasan singkat mengenai Cara Mengamalkan Norma Masyarakat dalam Kehidupan Sehari Hari. Semoga bermanfaat ya.

Sumber Referensi :

Modul Pembelajaran SMA Sosiologi Kelas X KD 3.3 dan 4.3 | Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Direktorat Sekolah Menengah Atas 2020

$hide=home

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Cara Mengamalkan Norma Masyarakat dalam Kehidupan Sehari Hari
Cara Mengamalkan Norma Masyarakat dalam Kehidupan Sehari Hari
Bagaimana ya Cara Mengamalkan Norma Masyarakat dalam Kehidupan Sehari Hari. Berikut penjelasannya.
https://1.bp.blogspot.com/-Dw8Yz5CK2cc/YYIT9p4B3GI/AAAAAAAAF-0/FBigTSDCRPk5PJowwrFlFUXHbkhl-dytgCLcBGAsYHQ/s16000/Cara%2BMengamalkan%2BNorma%2BMasyarakat%2Bdalam%2BKehidupan%2BSehari%2BHari.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Dw8Yz5CK2cc/YYIT9p4B3GI/AAAAAAAAF-0/FBigTSDCRPk5PJowwrFlFUXHbkhl-dytgCLcBGAsYHQ/s72-c/Cara%2BMengamalkan%2BNorma%2BMasyarakat%2Bdalam%2BKehidupan%2BSehari%2BHari.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/11/cara-mengamalkan-norma-masyarakat-dalam-kehidupan-sehari-hari.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/11/cara-mengamalkan-norma-masyarakat-dalam-kehidupan-sehari-hari.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy