-->

Dampak Positif Globalisasi di Bidang Ekonomi, Politik, Sosial Budaya, Teknologi

Dampak Positif Globalisasi di Bidang Ekonomi, Politik, Sosial Budaya, Teknologi
Dampak Positif Globalisasi di Bidang Ekonomi, Politik, Sosial Budaya, Teknologi

Sosiologi Info - Apa saja ya dampak positif adanya globalisasi dalam kehidupan masyarakat sehari harinya.

Baik di dalam bidang ekonomi, politik, dan sosial budaya. Mau tahu jawabannya, yuk simak penjelasan dan ulasan berikut ini.

Sekilas Memahami Pengertian Globalisasi

Apa yang sudah kamu ketahui dan pahami mengenai topik pembahasan globalisasi ? Nah pengertian globalisasi adalah proses perubahan masyarakat yang diakibatkan.

Oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilakukan oleh masyarakat itu sendiri, melalui berbagai proses.

Perubahan yang dilakukan pun sangat luas di berbagai aspek kehidupan seperti bidang ekonomi, politik, sosial budaya, dan lainnya. 

Globalisasi menjadi fenomena sosial yang paling populer saat ini. Apalagi era modern yang semuanya serba menunjukan adanya kemajuan teknologi digital, dan ilmu pengetahuan.

Begitu juga globalisasi telah membawa perspektif dan pandangan yang baru dalam dunia digital yang dikenal dengan sebutan dunia tanpa batas.

Karena setiap manusia sekarang bisa terhubung melalui jaringan internet, dengan adanya smartphone, semua orang bisa berlalu lintas secara virtual atau di dunia maya. 

Artinya memang globalisasi merupakan pembangunan yang kompleks di segala bidang, baik ekonomi, politik, dan teknologi, maupun budaya, menurut Princeton N Lyman.

Nah itulah diatas sekilas pengertian mengenai globalisasi. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas singkat.

Mengenai dampak positif adanya globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat di bidang ekonomi, politik, sosial budaya dan teknologi. Simak dibawah ini ya penjelasannya.

Dampak Positif Globalisasi di Bidang Ekonomi

Ada beberapa dampak positif yang bisa kita lihat dalam globalisasi yang sekarang telah terjadi di lingkungan masyarakat, yaitu :

1. Keterbukaan pasar bebas yang ada di seluruh dunia, dimana setiap negara, individu, masyarakat bisa ikut terlibat dalam pasar global.

2. Memudahkan setiap negara, individu dan masyarakat di seluruh dunia dalam melakukan ekspor dan impor berbagai kebutuhan sehari harinya.

3. Menciptakan dan mempermudah perusahaan asing masuk ke negara tersebut, misalnya seperti di Indonesia.

4. Makin banyaknya dan berkembangnya bisnis dalam dunia industri seperti bermunculan e commerce, banyak munculnya aplikasi belanja online dan sejenisnya.

5. Bisa dan dapat meningkatkan peluang di sektor pariwisata yang ada di daerah karena para pelancong luar negeri mendapatkan informasi dari internet.

Dampak Positif Globalisasi di Bidang Politik

Ada beberapa dampak positif yang bisa kita lihat dalam globalisasi yang sekarang telah terjadi di lingkungan masyarakat, yaitu :

1. Dimana pemerintahan suatu negara di jalankan secara terbuka, transparan, dan secara demokratis.

2. Semakin muncul dan menimbulkan rasa nasionalisme seseorang terhadap negaranya semakin meningkat.

3. Ada banyak pemuda pemudi yang terlibat dalam kancang internasional dalam bidang politik dunia, seperti keterlibatan di dalam organisasi internasional, PBB dan sejenisnya.

Maupun dalam gerakan gerakan kemasyarakatan seperti kepedulian lingkungan, alam, dan sampah yang ada.

4. Kebabasan dan semakin sadar serta meningkatnya terhadap Hak Asasi Manusia (HAM) yang ada di setiap negara.

5. Masyarakat diberikan kebebasan dalam menentukan sikap politik serta dalam melakukan dan memilih presiden atau pimpinan negaranya tersebut.

Dampak Positif Globalisasi di Bidang Sosial Budaya

Ada beberapa dampak positif yang bisa kita lihat dalam globalisasi yang sekarang telah terjadi di lingkungan masyarakat, yaitu :

1. Dengan adanya globalisasi maka dapat mempercepat dan memperlancar akan terjadinya modernisasi dalam kehidupan masyarakat.

2. Begitu juga dapat mempermudah akses dalam mendapatkan atau mencari informasi serta ilmu pengetahuan dari berbagai negara

3. Adanya globalisasi dapat mempercepat dan memperlancar pengembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi di suatu negara, daerah, wilayah dalam lingkungan masyarakat tersebut.

4. Dapat dengan mudah dan cepat menghubungkan manusia antara manusia melalui sambungan jaringan internet, dan dapat merubah pola pikir seseorang.

5. Dapat juga saling memberikan semangat dan motivasi dalam proses belajar dan keingin tahuan seseorang.

Dampak Positif Globalisasi di Bidang Teknologi 

Ada beberapa dampak positif yang bisa kita lihat dalam globalisasi yang sekarang telah terjadi di lingkungan masyarakat, yaitu :

1. Berbagai produk canggih muncul untuk memudahkan masyarakat seperti dalam pertanian ada alat canggih untuk menanam padi, memanen padi, dan contoh lainnya.

2. Kemudahan dalam akses untuk bertransaksi online baik saat belanja maupun melakukan transfer uang via aplikasi mobil banking yang tersedia pada setiap bank.

3. Kemudahan dalam mengakses kebutuhan belanja di marketplace yang ada berbagai macam jenis, di masyarakat karena adanya kemajuan dalam bidang teknologi.

Nah itulah sekilas penjelasan dan ulasan mengenai topik pembahasan tentang Dampak Positif Globalisasi di Bidang Ekonomi, Politik, Sosial Budaya di masyarakat.

Sumber Referensi : 

Buku Sosiologi untuk kelas XII SMA dan MA pada kelompok peminatan ilmu ilmu sosial penulisnya oleh Dwi Mulyono

Analisa Dampak Globalisasi Terhadap Perdagangan Internasional

Penulis oleh Mastriati Hini Hermala Dewi

Dosen STIE Lembah Dempo

Jurnal Eknomia, Vol 9 No 1, Februari 2019

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !