-->

Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli Sosiologi

Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli Sosiologi
Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli Sosiologi

Sosiologi Info - Apa saja pandangan menurut para ahli sosiologi tentang pengertian kelompok sosial, mau tahu jawabannya ?

Nah simak ulasan dan penjelasan berikut ini ya agar lebih memahami pembahasan topik kelompok sosial yang ada di masyarakat. 

Sekilas Memahami Kelompok Sosial 

Topik pembahasan mengenai kelompok sosial memang menjadi menarik dalam sosiologi. Apalagi setiap manusia, individu tidak akan bisa lepas dari social grup tersebut. 

Manusia sebagai makhluk sosial memang sudah ditakdirkan lahir di dunia untuk saling berinteraksi dan menjalin hubungan antar sesamanya. 

Proses sosial inilah, melalui interaksi, seseorang akan terus bertindak, berperilaku sesuai dengan tujuan, nilai, dan norma yang sudah disepakati. 

Dalam proses sosial ini, berbagai kelompok masyarakat bermunculan. Ada banyak bahkan sekarang membuat kelompok sosial tersebut.

Dengan berbagai tujuan, manfaat, dan motivasi dari terbentuk atau pembentukan kelompok sosial di masyarakat. 

Mulai dari kelompok bela diri, perhimpunan antara suku/etnis, perkumpulan para petani, atau pengusaha di berbagai bidang. 

Ada banyak kamu jumpai kelompok sosial yang terbentuk melalui proses yang ada di masyarakat. Nah lalu apa sih pengertian dari kelompok sosial itu ?

Pengertian Kelompok Sosial

Memahami definisi dari kelompok sosial memang ada banyak. Nah mari kita pahami. Kelompok atau grup adalah kumpulan individu yang berinteraksi dengan satu sama lain.

Dimana pada umumnya kelompok itu melakukan suatu pekerjaan, untuk meningkatkan hubungan antara individu, maupun antara kelompok.

Dalam pemahaman Sosiologi, kelompok adalah suatu kumpulan dari orang orang yang mempunyai hubungan, berinteraksi, dapat menumbuhnya rasa memiliki secara bersama. 

Menurut Huky menjelaskan bahwa kelompok sosial merupakan suatu unit yang terdiri dari dua orang atau lebih, yang saling berinteraksi atau saling berkomunikasi.

Kemudian, bagaimana dengan kelompok sosial. Memiliki pengertian bahwa kelompok sosial adalah kumpulan orang yang memiliki kesadaran.

Bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi di dalamnya. Nah kelompok sosial ini diciptakan oleh anggota masyarakat yang mempunyai tujuan dan kepentingan sama.

Saat ini di Indonesia sendiri banyak bermunculan kelompok sosial. Ada yang bergerak dalam bidang pendidikan, bisnis, komunitas sosial, komunitas politik, dan banyak ada kelompok sosial.

Mulai dari penggeraknya anak muda, hingga orang tua yang juga masih punya spirit dalam memberikan gagasan, bantuan dalam pembangunan. 

Kelompok sosial di masyarakat memang begitu mempunyai pengaruh dalam hal juga memberikan atau menyalurkan pelaksanaan nilai dan norma. 

Terlebih, ada banyak warga yang tergabung dalam berbagai kelompok membuat keberadaannya menjadi kian penting.

Begitu juga dapat menjaga adanya integrasi sosial antara sesama masyarakat di dalam lingkungan sosialnya. 

Lalu bagaimana para ahli sosiologi memberikan pengertiannya mengenai kelompok sosial atau social grup ? Simak dibawah ini ya.

Menurut Para Ahli Sosiologi 

Ada beberapa pengertian tokoh atau para pemikir yang memberikan pengertian berbeda beda mengenai kelompok sosial, yaiut :

1. Soerjono Soekanto

Ia menjelaskan bahwa kelompok sosial adalah himpunan atau kesatuan manusia yang hidup secara bersama.

Karena adanya hubungan diantara manusia tersebut. Hubungan menyangkut antara lain dengan hubungan timbal balik. 

Dimana keduanya saling mempengaruhi, dan memberikan juga kesadaran untuk mereka saling tolong menolong. 

2. Paul B Horton dan Chester L Hunt

Dia menyebutkan bahwa kelompok sosial yang diartikan sebagai kumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotannya dan saling melakukan interaksi atau berinteraksi.

3. Robert K Merton 

Menurutnya memberikan pandangan kelompok sosial ialah sekelompok orang yang saling berinteraksi sesuai dengan pola pola yang sudah mapan.

4. George Homans 

Ia mengatakan kelompok sosial adalah kumpulan individu yang melakukan kegiatan, interaksi, dan.

Memiliki perasaan untuk membentuk suatu keseluruhan yang terorganisasi dan berhubungan timbal balik juga. 

5. Bierens de Haan

Menurutnya kelompok sosial bukan merupakan jumlah anggotanya saja. Melainkan ada suatu kenyataan yang ditentukan oleh datang dan perginya anggota tersebut.

Nah dimana kenyataan kelompok ini ditentukan oleh adanya nilai nilai yang dihadapi bersama sesuai fungsi kelompok yang sebagaimana disadari setiap anggotanya. 

Nah itulah sekilas penjelasan dan ulasan mengenai Pengertian Kelompok Sosial Menurut Para Ahli Sosiologi.

Sumber Referensi :

Buku Pembelajaran Sosiologi untuk kelas XI SMA dan MA pada Kelompok Peminatan Ilmu Ilmu Sosial oleh Dwi Mulyono

http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI

http://digilib.uinsby.ac.id

http://repositori.kemdikbud.go.id

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !