Pengertian Kerjasama, Akomodasi, Asimilasi, Akulturasi dan Contohnya - Referensi Artikel Sosiologi Pengertian Kerjasama, Akomodasi, Asimilasi, Akulturasi dan Contohnya | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide$t=hide

 

Pengertian Kerjasama, Akomodasi, Asimilasi, Akulturasi dan Contohnya

Pengertian Kerjasama, Akomodasi, Asimilasi, Akulturasi dan Contohnya. Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Kerjasama, Akomodasi, Asimilasi, Akulturasi dan Contohnya

Sosiologi Info – Ada 4 bentuk interaksi sosial asosiatif, yaitu kerjasama, akomodasi, asimilasi, dan akulturasi. 

Simak penjelasan pengertian, dari keempat bentuk interaksi sosial asosiatif dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Yuk baca.

Penulis : Mahasiswa Prodi Sosiologi Universitas Riau | Oni Andriani Putri

Sekilas Penjelasan Interaksi Sosial Asosiatif

Interaksi sosial asosiatif biasanya juga dikenal dengan istilah interaksi integratif atau konjungtif.

Interaksi sosial asosiatif sendiri merupakan salah satu bentuk interaksi sosial yang mengarah pada perilaku positif.

Nah,perilaku positif seperti apa ? Jadi, pada interaksi sosial ini pelaku sosial lebih cenderung bersikap ke arah persatuan dan kerja sama. 

Interaksi sosial asosiatif ini terbagi lagi menjadi 4 bentuk, apa apa saja itu ? 

Memahami 4 Bentuk Interaksi Sosial Asosiatif dan Contohnya

Ada empat bentuk interaksi sosial asosiatif, yaitu kerja sama, akomodasi, akulturasi, dan asimilasi. Nah pada penjelasan kali ini kita akan membahas keempat bentuk tersebut beserta contohnya, yaitu : 

1. Kerjasama

Kerjasama adalah suatu bentuk interaksi sosial yang dilakukan oleh antar kelompok maupun individu untuk mencapai tujuan bersama. Kerja sama terdiri dari tiga bentuk, yaitu:

> Bargaining (Tawar-Menawar)

Merupakan proses sosial antara dua pihak untuk mencapai kesepakatan melalui tawar-menawar. Contohnya seperti kesepakatan antara penjual dengan public figure mengenai tarif endorse.

> Kooptasi 

Adalah kerja sama dengan menerima unsur baru atas pemimpin suatu organisasi. Contohnya pembentukan pemberdayaan perempuan guna mendapat hak wanita secara utuh.

> Koalisi

Ialah terjadi karena adanya persamaan tujuan beberapa pihak. Contohnya beberapa dusun bersatu untuk mencalonkan seorang menjadi kepala desa.

> Join venture

Kerja sama untuk mengerjakan project tertentu dengan perusahaan. Contohnya PT Nestle Indofood Citarasa Indonesia yang merupakan kolaborasi antara perusahaan Nestle dan Indofood.

2. Akomodasi

Akomodasi adalah proses penyesuaian diri oleh beberapa individu maupun kelompok yang sebelumnya saling bertikai/bertentangan. 

Dengan kata lain, akomodasi ini dilakukan agar tidak terjadi ketegangan-ketegangan antar pihak yang bertikai tadi. 

Akomodasi sendiri memiliki delapan bentuk, yaitu:

> Koersi (Coercion)

Koersi adalah sebuah tindakan sosial berupa pemaksaan dari satu pihak ke pihak lain yang dianggap lemah dengan mengunakan tekanan, seperti intimidasi.

Contohnya :

Penertiban manusia silver di Pekanbaru oleh satpol PP Kota Pekanbaru. Contoh lainnya ialah tindakan  menghukum siswa oleh guru atas kesalahan yang telah dilakukan.

> Kompromi

Kompromi ialah bentuk penyelesaian masalah dengan mempertemukan seluruh pihak yang bertentangan dan diskusi untuk mendapat jalan tengah atau kesepakatan.

Contohnya :

Dalam sebuah perusahaan mikro, pemilik perusahaan tidak akan mampu memberi upah pekerja dengan standar UMR.

Namun setelah mereka (pemilik perusahaan dan pekerja) diskusi, akhirnya mereka memperoleh kesepakatan dengan gaji tidak sesuai UMR tapi cukup untuk memenuhi kebutuhan. 

Maka jika sudah seperti itu, kompromi di anggap berhasil.

> Arbitrasi 

Hampir sama dengan kompromi, hanya saja bedanya pada arbitrasi upaya penyelesaian masalahnya dilakukan dengan menghadirkan pihak ketiga yang dianggap netral sebagai pemecah masalah. 

Contohnya :

Pertikaian pasutri dalam sebuah rumah tangga yang tidak  dapat di selesaikan secara personal dan keadaan pun semakin kisruh.

Akhirnya orang tua dihadirkan untuk mengambil sikap atas permasalahan yang terjadi dalam rumah tangga tersebut dengan tujuan agar tidak terjadi keributan secara terus menerus.

Akhirnya, dengan mengambil keputusan yang diberikan oleh orang tua, rumah tangga tersebut mulai harmonis kembali.

> Mediasi

Sama halnya dengan arbitrasi, menghadirkan pihak ketiga. Bedanya, jika pada arbitrasi pihak ketiga sebagai pemecah masalah.

Namun pada mediasi pihak ketiga atau biasa disebut mediator hanya sebatas memberi solusi atas pertentangan yang ada.

Contohnya : 

Perselisihan antara suami istri yang berujung pada pengadilan agama. Umumnya, pihak pengadilan tak langsung memproses perceraian.

Tetapi melakukan mediasi telebih dahulu kepada pasangan untuk memberikan solusi yang mungkin bisa membuat pasangan tersebut tidak jadi bercerai. 

Pihak pengadilan agama ini yang disebut sebagai mediator

> Konsiliasi

Konsiliasi adalah usaha penyelesaian masalah melalui mempertemukan kedua pihak yang berselisih dan saling menyampaikan keinginannya masing-masing.

Yang kemudian kedua pihak ini sama-sama mencari solusinya.

Contohnya : 

Siswa A dan siswa B selama ini kerap berkelahi. Karena terlalu sering terjadi percekcokan antara mereka.

Akhirnya mereka bertemu untuk  menyelesaikan masalah dengan cara masing-masing mereka saling menyampaikan kepentingannya

> Toleransi

Toleransi merupakan bentuk akomodasi non-formal, dimana untuk menyelesaikan masalah yang ada hanya dengan sikap tenggang rasa saja atau legowo.

Contohnya :

Sebuah kelas dengan mayoritas muslim, ada 1 orang non-muslim. Mereka yang muslim melihat satu temannya yang berbeda cara ibadahnya bersikap tenggang rasa dan menghormati perbedaan tersebut

>Ajudikasi 

Ajudikasi biasanya dilakukan karena kasus yang cukup berat dan digunakan sebagai solusi terakhir, yakni melalui orang ketiga sebagai pengambil keputusan. 

Orang-orang kerap menyebut akomodasi ini dengan “persidangan”.

Contohnya :

Kecelakaan yang baru saja menewaskan sepasang suami istri dari kalangan artis, Vanesha dan Bibi.

Karena pihak keluarga merasa dirugikan dan ada beberapa dugaan bahwa kejadian ini akibat kelalaian sopir, maka mereka pun membawa kasus ini ke ranah hukum untuk memperoleh keadilan.

> Stalemate

Proses ini terjadi ketika pihak yang bertikai sama-sama memiliki kekuatan yang sama, artinya tidak ada yang menaklukan dan ditaklukan, maka pada situasi ini pertikaian di anggap berakhir.

Contohnya : 

Perang dingin antara uni soviet dan amerika serikat yang berakhir pada era 90-an.

3. Asimilasi

Asimilasi adalah proses bersatunya kelompok yang memiliki budaya dengan latar belakang berbeda yang kemudian membentuk budaya baru dan menghilangkan karakteristik budaya asli.

Contohnya : 

Budaya masyarakat hindu di Bali yang merupakan hasil penyatuan budaya animisme tradisional dengan Agama Hindu dari India.

4. Akulturasi 

Akulturasi merupakan situasi dalam kelompok sosial yang dihadapkan dengan kebudayaan asing, yang kemudian membentuk budaya baru tanpa menghilangkan karakteristik budaya aslinya.

Contohnya : 

Bangunan di Keraton Yogyakarta yang merupakan akulturasi dari arsitektur Jawa, Eropa, Arab, dan Cina.

Nah itulah penjelasan mengenai bentuk interaksi sosial asosiatif yaitu Pengertian Kerjasama, Akomodasi, Asimilasi, Akulturasi dan Contohnya di kehidupan masyarakat sehari-hari.

Sumber Referensi : 1 | 2 |

$hide=home

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Pengertian Kerjasama, Akomodasi, Asimilasi, Akulturasi dan Contohnya
Pengertian Kerjasama, Akomodasi, Asimilasi, Akulturasi dan Contohnya
Pengertian Kerjasama, Akomodasi, Asimilasi, Akulturasi dan Contohnya. Simak penjelasannya berikut ini.
https://1.bp.blogspot.com/-C_TBL7TLVXg/YYmlBN8LDMI/AAAAAAAAGDU/m55lKwUmWRU7WgfwXuAdiVh1HWbStJyXgCLcBGAsYHQ/s16000/Pengertian%2BKerjasama%252C%2BAkomodasi%252C%2BAsimilasi%252C%2BAkulturasi%2Bdan%2BContohnya.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-C_TBL7TLVXg/YYmlBN8LDMI/AAAAAAAAGDU/m55lKwUmWRU7WgfwXuAdiVh1HWbStJyXgCLcBGAsYHQ/s72-c/Pengertian%2BKerjasama%252C%2BAkomodasi%252C%2BAsimilasi%252C%2BAkulturasi%2Bdan%2BContohnya.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/11/pengertian-kerjasama-akomodasi-asimilasi-akulturasi-contohnya.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/11/pengertian-kerjasama-akomodasi-asimilasi-akulturasi-contohnya.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy