Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli : Ada 18 Tokoh Dunia dan Indonesia - Referensi Artikel Sosiologi Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli : Ada 18 Tokoh Dunia dan Indonesia | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide$t=hide

 

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli : Ada 18 Tokoh Dunia dan Indonesia

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli : Ada 18 Tokoh Dunia dan Indonesia.

Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli : Ada 18 Tokoh Dunia dan Indonesia

Sosiologi Info - Apa saja pengertian sosiologi menurut para ahli tokoh di dunia dan Indonesia ? Simak penjelasan dan ulasannya dibawah ini.

Mengenai pandangan atau perspektif para tokoh perihal sosiologi, setidaknya ada 18 ahli dunia dan di Indonesia. Yuk Simak.

Mengenal dan Memahami Sosiologi

Secara sederhana dan mudah diingat, Sosiologi memiliki pengertian yaitu ilmu yang mempelajari masyarakat. 

Berbagai tindakan, perilaku, hubungan sosial serta struktur dan lembaga bisa menjadi bagian dari kajian sosiologis itu sendiri. 

Secara estimologis, sosiologi berasal dari bahasa latin, socius artinya kawan atau teman. Selanjutnya, logos yang berasal dari bahasa Yunani artinya kata atau berbicara. 

Dengan demikian, secara harfiah sosiologi adalah memperbincangkan atau membicarakan  pergaulan hidup manusia. 

Dalam arti luasnya sosiologi adalah ilmu yang mempelajari berbagai hubungan interaksi atau pergaulan yang dilakukan.

Baik individu antar individu, kelompok antar kelompok, dan individu antar kelompok yang ada di lingkungan kehidupan masyarakat.

Lalu, bagaimana pandangan dan perspektif para ahli tokoh memberikan pengertian mengenai sosiologi ? Simak dibawah ini ya.

Berikut daftar pengertian atau definisi sosiologi menurut para ahli atau tokoh dunia dan di Indonesia, yaitu :

1. Patirim Sorokin

Ia menjelaskan pengertian sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari yaitu :

-Hubungan dan pengaruh timbal balik antara berbagai macam gejala sosial

-Hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala non sosial

-Ciri ciri umum dari semua jenis gejala sosial tersebut

2. Soerjono Soekanto

Menurutnya pengertian sosiologi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan. Pola-pola umum dalam kehidupan di masyarakat. 

3. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi

Tokoh Sosiologi asal Indonesia ini memberikan pengertian tersendiri mengenai Sosiologi. Dia menyebut sosiologi atau ilmu masyarakat adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial, dan proses sosial. 

Termasuk di dalamnya perubahan-perubahan sosial yang ada di kehidupan masyarakat. Struktur sosial yang disebut ialah seluruh jaringan antara unsur sosial yang pokok.

Misalnya kaidah sosial, norma sosial, lembaga sosial, kelompok sosial, dan lapisan lapisan sosial. 

Begitu juga pengertian dari proses sosial adalah pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama yang ada di lingkungan masyarakat. 

4. Hassan Shadily

Menurut dia, sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hidup bersama dalam masyarakat, dan menyelidiki ikatan antara manusia yang menguasai kehidupan.

Dengan mencoba mengerti sifat, maksud hidup bersama, cara terbentuk dan tumbuh, serta berubahnya perserikatan yang ada di masyarakat. 

Selanjutnya juga, kepercayaan, keyakinan, memberi sifat tersendiri kepada cara hidup bersama dalam setiap perkumpulan hidup manusia dalam masyarakat. 

5. Roucek dan Warren

Mereka berpendapat bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok.

6. Max Weber

Ia memberikan pengertian sosiologi adalah ilmu yang berupaya memahami tindakan tindakan sosial yang berlangsung di masyarakat. 

7. Paul B Horton

Dia memberikan pengertian sosiologi merupakan ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok yang ada di masyarakat tersebut.

8. J A A Von Dorn dan C J Lammers

Memberikan penjelasan pengertian sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur struktur dan proses proses kemasyarakatan yang bersifat stabil. 

9. William F Ogburn dan Mayer F Nimkoff

Menurut dia memberikan pengertian sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya, yaitu pada organisasi sosial yang ada di masyarakat. 

10. William Kornblum

Menurutnya pengertian sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku sosial anggotanya, dan menjadikannya masyarakat yang bersangkutan dalam berbagai kelompok dan kondisi. 

11. Anthony Giddens

Ia berpendapat bahwa pengertian sosiologi adalah studi tentang kehidupan sosial manusia, kelompok, dan masyarakat. 

12. Kingsley Davis 

Menurutnya sosiologi adalah suatu studi yang mengkaji bagaimana masyarakat mencapai kesatuannya, kelangsungannya, dan cara cara di dalam masyarakat itu yang berubah.

13. P J Bouman

Dia menjelaskan pengertian sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan sosial antara sesama individu dengan individu lain, antara individu dengan kelompok.

Serta sifat dan perubahan dalam suatu lembaha, dan ide sosialnya di masyarakat tersebut yang bersangkutan. 

14. Herbert Spencer

Kata dia memberikan pengertian sosiologi ialah penelitian tentang susunan susunan dan proses proses dari kehidupan sosial sebagai suatu keseluruhan.

15. Alvin Johnson

Menurutnya pengertian sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku manusia, terutam pada kaitannya dengan suatu sistem sosial.

Begitu juga bagaimana sistem tersebut, mempengaruhi orang lain, dan bagaimana pula orang yang terlibat di dalamnya mempengaruhi sistem tersebut. 

16. Emile Durkheim

Dia berpendapat sosiologi memiliki pengertian yaitu ilmu yang mempelajari fakta sosial. Fakta sosial yaitu cara bertindak, berpikir, dan mampu melakukan pemaksaan dari luar terhadap individu.

17. Wright Mills 

Menurut Mills bahwa untuk dapat memahami apa yang terjadi di dunia maupun apa yang ada dalam diri manusia.

Memerlukan apa yang Mills sebut sebagai dengan sociological imagination. 

18. Mayor Polak

Ia menjelaskan pengertian sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat sebagai keseluruhan, yaitu hubungan diantara manusia.

Manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, baik kelompok formal ataupun kelompok material, statis, dan dinamis. 

Nah itulah sekilas pemahaman dan penjelasan mengenai Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli : Ada 18 Tokoh Dunia dan Indonesia.

Sumber Referensi :

Buku Sosiologi untuk Kelas X SMA dan MA Kelompok Peminatan Ilmu Ilmu Sosial Penulis Dwi Mulyono

$hide=home

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli : Ada 18 Tokoh Dunia dan Indonesia
Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli : Ada 18 Tokoh Dunia dan Indonesia
Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli : Ada 18 Tokoh Dunia dan Indonesia.
https://1.bp.blogspot.com/-7H5nGjFZRQQ/YYjQb2aaWgI/AAAAAAAAGC8/QPgVsFjg-XclDcUE_Z_Xz7D14kBXv3eJgCLcBGAsYHQ/s16000/Pengertian%2BSosiologi%2BMenurut%2BPara%2BAhli%2BAda%2B18%2BTokoh%2BDunia%2Bdan%2BIndonesia.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-7H5nGjFZRQQ/YYjQb2aaWgI/AAAAAAAAGC8/QPgVsFjg-XclDcUE_Z_Xz7D14kBXv3eJgCLcBGAsYHQ/s72-c/Pengertian%2BSosiologi%2BMenurut%2BPara%2BAhli%2BAda%2B18%2BTokoh%2BDunia%2Bdan%2BIndonesia.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/11/pengertian-sosiologi-menurut-para-ahli-dunia-indonesia.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/11/pengertian-sosiologi-menurut-para-ahli-dunia-indonesia.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy