-->

9 Faktor Penghambat Perubahan Sosial di Masyarakat

9 Faktor Penghambat Perubahan Sosial di Masyarakat
9 Faktor Penghambat Perubahan Sosial di Masyarakat

Sosiologi Info - Apa saja faktor penghambat adanya suatu perubahan sosial di masyarakat, kenapa bisa masyarakat tidak menerima adanya suatu perubahan tersebut ?

Mau tahu jawabannya, simak penjelasan dan ulasannya singkat berikut ini agar dapat dengan mudah memahami topik diatas. Yuk baca.

Sekilas Memahami Perubahan Sosial

Proses yang terus berjalan di kehidupan masyarakat membuat akan terjadinya suatu perubahan sosial.

Masyarakat pada akhirnya akan menerima suatu perubahan sosial tersebut untuk dijadikan suatu hal yang baru.

Dalam jalinan atau hubungan aktivitas sosial di antara semua masyarakat yang ada dalam satu struktur atau dalam satu lingkungan.

Namun, ternyata ada saja beberapa faktor penyebab terjadinya penghambat suatu perubahan sosial di masyarakat. 

Nah sebelum jauh untuk mengetahui perubahan sosial yang menjadi penghambat apa saja. Mari kita pahami dulu sekilas pengertian dari perubahan sosial tersebut. 

Menurut tokoh atau ahli Soedjono Dirdjosisworo menjelaskan bahwa perubahan sosial adalah suatu perubahan yang fundamental dimana yang terjadi dalam struktur sosial, sistem sosial, dan organisasi sosial.

Selanjutnya, menurut Wilbert Moore mengatakan perubahan sosial itu meliputi perubahan pada struktur tentang pola pola perilaku dan integrasi yang ada di masyarakat. 

Kemudian menurut Selo Soemardjan menyebut perubahan sosial adalah segala perubahan pada lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat. 

Yang mana mempengaruhi pada sistem sosial masyarakat tersebut, termasuk di dalamnya nilai, sikap, dan pola kelakuan di antara kelompok dalam masyarakat yang ada tersebut.

Nah itulah sekilas pengertian untuk memahami perubahan sosial yang terjadi di masyarakat secara perlahan dan terus menerus.

Faktor Penghambat Terjadinya Perubahan Sosial

Ada beberapa faktor penting yang menjadi penyebab terhambatnya suatu terjadinya perubahan sosial di masyarakat, yaitu :

1. Adanya suatu adat atau kebiasaan di dalam masyarakat bisa menjadi penyebab terhambatnya proses perubahan sosial tersebut.

2. Sikap masyarakat yang masih sangat tradisional dalam menerima hal hal baru di lingkungan dan dalam kehidupan sehari harinya. 

3. Kurangnya interaksi dan hubungan dengan masyarakat lain yang ada di luar lingkungan individu atau kelompok masyarakatnya tersebut.

4. Adanya suatu perkembangan ilmu pengetahuan yang sangat lambat untuk sampai di daerah masyarakat tersebut.

5. Adanya suatu kepentingan kepentingan yang telah tertanam dengan kuat atau vested interests.

6. Adanya rasa takut yang berlebihan dari masyarakat akan terjadinya atau goyahnya suatu integrasi kebudayaan yang ia miliki, ketika masuknya suatu perubahan tersebut.

7. Adanya suatu prasangka prasangka terhadap hal hal baru atau yang asing sehingga membuat seseorang menjadi lebih tertutup dalam menerima informasi dari luar.

8. Adanya hambatan hambatan dalam hal yang bersifat idologis di suatu masyarakat dalam menerima hal baru dari luar.

9. Adanya nilai bahwa hidup pada hakikatnya buruk dan tidak nya mungkin  dapat diperbaiki, juga bisa menjadi penghambat perubahan sosial di masyarakat. 

Nah itulah sekilas pemahaman dan penjelasan mengenai ada 9 Faktor Penghambat Perubahan Sosial di Masyarakat. 

Sumber Referensi : 

Buku Sosiologi untuk Kelas 12 SMA dan MA kelompok peminatan ilmu ilmu sosial penulisnya oleh Dwi Mulyono

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !