Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Pendidikan, Komunikasi, Transportasi - Referensi Artikel Sosiologi Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Pendidikan, Komunikasi, Transportasi | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide

 Referensi Artikel Wisata

Referensi Materi Sekolah

Referensi Artikel Kampus

Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Pendidikan, Komunikasi, Transportasi

Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Pendidikan, Komunikasi, Transportasi.

 Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Pendidikan, Komunikasi, Transportasi

Sosiologi Info - Masyarakat pasti akan menikmati adanya suatu globalisasi secara menyeluruh diberbagai bidang kehidupan. 

Mulai dari bidang pendidikan, komunikasi, dan transportasi. Nah ternyata adanya globalisasi dapat memberi dampak negatif. Yuk baca dibawah ini. 

Memahami Pengertian Globalisasi

Setiap individu di lingkungan masyarakat sudah pasti pernah menikmati adanya globalisasi meski pun itu dalam ruang kecil, maupun besar di tengah kehidupannya.

Memang secara pengertian globalisasi mempunyai arti yang sangat luas pengaruhnya terhadap kebudayaan, ilmu pengetahuan serta teknologi di seluruh dunia. 

Globalisasi ialah suatu himpunan dari proses global di berbagai jenis objek yang mana melibatkan banyak sektor, atau aktivitas pada manusia tersebut. 

Dalam artian lain, globalisasi adalah sebagai proses bagaimana seluruh dunia di negara manapun dalam hal ini menjadi satu kesatuan.

Misalnya dalam adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan tekonolog informasi maupun komunikasi yang berkembang dengan begitu pesatnya. 

Memang dengan adanya globalisasi akan menimbulkan dampak positif, namun tak hanya itu dampak negatif bisa menjadi muncul dalam kehidupan sosial masyarakat. 

Nah pada kesempatan kali ini kita akan mengulas mengenai dampak negatif dari globalisasi pada bidang pendidikan, komunikasi dan transportasi, yuk baca dibawah ini. 

Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Pendidikan

Ada bebeberapa dampak negatif munculnya globalisasi di kehidupan kemasyarakatan dalam aktivitas sehari-hari, khususnya di bidang pendidikan, yaitu :

1. Adanya komersialisasi dalam dunia pendidikan

2. Akan ada muncul sebuah tradisi atau budaya baru yang diinginkan oleh masyarakat, seperti budaya cepat dan instan

3. Semakin tergerusnya kebudayaan lokal yang ada pada setiap masyarakat

4. Makin meningkatnya kesenjangan dalam dunia pendidikan karena adanya komersialisasi karena biaya pendidikan yang mahal

5. Akan membuat kualitas moral para peserta didik menurun akibat pengaruh dari globalisasi tersebut

6. Dapat mengurangi waktu belajar siswa yang malah asyik bermain smartphone, sehingga asyik dengan dunianya sendiri

7. Masuknya budaya asing atau budaya luar yang memberikan pengetahuan dan wawasan baru yang semakin menggerus budaya lokal masyarakat tersebut

Itulah penjelasan dan contoh adanya dampak negatif dari globalisasi dalam bidang di dunia pendidikan, yang bisa dilihat secara nyata di lingkungan masyarakat. 

Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi

Ada bebeberapa dampak negatif munculnya globalisasi di kehidupan kemasyarakatan dalam aktivitas sehari-hari, khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi, yaitu :

1. Munculnya berbagai kejahatan siber yang membahayakan masyarakat yang menggunkan fasilitas misalnya seperti layanan banking, media sosial, dan layanan online lainnya.

2. Banyak berseliweran berbagai informasi atau konten yang tidak baik atau konten yang bersifat memojokan, pornografi, dan lainnya.

3. Akan ada ideologi baru yang memberikan pengaruh kepada masyarakat yang bisa saja bertentangan dengan ideologi yang sekarang digunakan, seperti Indonesia.

Yang menggunakan idologi Pancasila yang bisa saja akan tergeser oleh ideologi baru yang disepakati masyarakat.

4. Akan muncul cyber bullying yang dilakukan oleh oknum kepada seseorang yang menjadi korban kejahatan sosial tersebut.

5. Seseorang akan menjadi malas dalam berinteraksi atai bersosialisasi secara langsung, ia akan senang dengan interaksi via media sosial atau internet.

Itulah penjelasan dan contoh adanya dampak negatif dari globalisasi dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, yang bisa dilihat secara nyata di lingkungan masyarakat. 

Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Transportasi

Ada bebeberapa dampak negatif munculnya globalisasi di kehidupan kemasyarakatan dalam aktivitas sehari-hari, khususnya di bidang transportasi, yaitu :

1. Semakin meningkat dan bertambahnya kendaraan pribadi yang mudah didapatkan oleh setiap orang.

Seperti motor, mobil yang mengakibatkan polusi udara berlebihan, dan semakin parah tercemarnya lingkungan atau udara bersih mungkin sudah tidak ada lagi.

2. Akan meningkatkan adanya kecemburuan sosial atau tingkat kesenjangan akan terlihat.

3. Dapat menimbulkan kemunculan adanya sikap konsumtif yang memberikan dampak pengaruh negatif

4. Dengan banyaknya kepemilikan kendaraan pribadi membuat tingkat kemacetan bertambah 

5. Persaingan dalam kualitas pada produk lokal dan luar akan kian ketat, yang bisa membuat hasil produk lokal tak bisa bersaing dengan produk luar negeri

Nah itulah sekilas pemahaman, penjelasan dan ulasan mengenai topik Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Pendidikan, Komunikasi, Transportasi. 

Sumber Referensi :

Buku Sosiologi Kelas XII SMA dan MA kelompok peminatan ilmu ilmu sosial penulisnya Dwi Mulyono

http://manajemen.uma.ac.id/2021/10/dampak-globalisasi-di-bidang-pendidikan-beserta-contohnya

https://brainly.co.id

Artikel Populer

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Pendidikan, Komunikasi, Transportasi
Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Pendidikan, Komunikasi, Transportasi
Dampak Negatif Globalisasi di Bidang Pendidikan, Komunikasi, Transportasi.
https://1.bp.blogspot.com/-iRNQOgdaBm0/Yaqxdu3Xd-I/AAAAAAAAGhI/aa7DblNYGgkawyFPxi943Dy4tvlCnhkNQCNcBGAsYHQ/s16000/Dampak%2BNegatif%2BGlobalisasi%2Bdi%2BBidang%2BPendidikan%252C%2BKomunikasi%252C%2BTransportasi.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-iRNQOgdaBm0/Yaqxdu3Xd-I/AAAAAAAAGhI/aa7DblNYGgkawyFPxi943Dy4tvlCnhkNQCNcBGAsYHQ/s72-c/Dampak%2BNegatif%2BGlobalisasi%2Bdi%2BBidang%2BPendidikan%252C%2BKomunikasi%252C%2BTransportasi.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/12/dampak-negatif-globalisasi-di-bidang-pendidikan-komunikasi-transportasi.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/12/dampak-negatif-globalisasi-di-bidang-pendidikan-komunikasi-transportasi.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy