-->

Gejala Sosial yang Ada di Masyarakat Umumnya Terjadi Secara

Gejala Sosial yang Ada di Masyarakat Umumnya Terjadi Secara
Gejala Sosial yang Ada di Masyarakat Umumnya Terjadi Secara

Sosiologi Info - Gejala sosial yang ada di kehidupan masyarakat sehari harinya pasti akan terjadi, baik itu dilakukan secara sadar maupun tidak sadar.

Lalu apa saja yang membuat gejala sosial di masyarakat itu terjadi, apakah terjadi secara dengan bagaimana ? Nah untuk menjawabnya, simak penjelasan dibawah ini ya sobat.

Memahami Sekilas Gejala Sosial

Ada sebuah pertanyaan tentang mengapa ya gejala sosial di masyarakat itu umumnya terjadi karena secara ? 

Nah jawabannya ada gejala sosial itu terjadi secara terus menerus dan spontan dimana dilakukan oleh individu, kelompok, yang ada di dalam masyarakat tersebut. 

Gejala sosial masyarakat yang ada di lingkungan masyarakat umumnya terjadi secara ​terus-menerus dan spontan.

Lalu apa sih sebenarnya gejala sosial itu ? 

Pengertian gejala sosial adalah masalah sosial yang mana mempengaruhi dan dipengaruhi oleh perilaku manusia dalam kehidupan sehari harinya di masyarakat. 

Gejala sosial ialah sebagai fenomena sosial yang munculnya berawal dari adanya suatu perubahan sosial di masyarakat tersebut. 

Selanjutnya, gejala sosial juga diartikan sebagai sebuah peristiwa yang sering terjadi pada lapisan masyarakat.

Baik pada masyarakat tradisional atau masyarakat modern yang juga akan terjadi adanya masalah sosial.

Faktor Penyebab Gejala Sosial di Masyarakat

Ada dua faktor yang bisa kita lihat di kehidupan masyarakat sebagai muncul akibat dari adanya gejala sosial yaitu sebagai berikut :

1. Faktor Kultural

Contoh gejala sosial dari faktor kultural yaitu meliputi adanya kerja bakti, gotong royong, adanya perilaku menyimpang, dan kemiskinan serta lainnya.

2. Faktor Struktural

Contohnya interaksi antara individu dengan individu yang lainnya. Selanjutnya interaksi antara kelompok dengan kelompok lainnya.

Kemudian, ada interaksi antara individu dengan antara kelompok yang ada di masyarakat yang bisa menjadi faktor penyebab gejala sosial kultural, dan penyuluhan sosial.

Macam Macam atau Bentuk Gejala Sosial

Ada beberapa bentuk atau macam dari gejala sosial di masyarakat yaitu sebagai berikut :

1. Ekonomi

2. Budaya

3. Lingkungan dan Alam

4. Psikologis

5. Agama

6. Moral

7. Keluarga

Contoh Gejala Sosial di Kehidupan Masyarakat

Ada beberapa gejala atau masalah sosial yang bisa teman teman lihat untuk menjawab bahwa gejala sosial itu terjadi secara terus menerus dan secara spontan, yaitu :

1. Perilaku kriminalitas yang dilakukan individu maupun kelompok sosial yang ada di masyarakat yang mana menimbulkan fenomena sosial tersebut.

2. Adanya pelecehan seksual yang dilakukan oleh oknum polisi, pemuka agama, guru, dan beberapa pihak yang menjadi teladan.

Justru malah ada oknum yang melakukan tindakan penyimpangan yang tak terpuji dan tak ternilai lagi di mata masyarakat, karena melakukan tindakan hina

3. Tindakan korupsi yang mana dilakukan oleh oknum penjabat atau pejabat yang mendapatkan kepercayaan publik, bahkan sampai menteri sekalipun hingga anggota dewan, gubernur, walikota, bupati.

4. Adanya kemiskinan yang kian meningkat di suatu negara atau daerah yang wilayahnya dapat membuat suatu ketimpangan sosial, ekonomi di masyarakat tersebut.

5. Penyalahgunaan obat obatan terlarang seperti sabu sabu, obat obat lainnya yang malah digunakan untuk hal yang menyimpang di masyarakat. 

Nah itulah sekilas penjelasan dan pemahaman serta ulasan tentang topik perihal Gejala Sosial yang Ada di Masyarakat Umumnya Terjadi Secara, yaitu Spontan, dan Terus Menerus di Kehidupan Masyarakat. 

Sumber Referensi :

http://repositori.kemdikbud.go.id/21973/1/X_Sosiologi_KD-3.1_FINAL.pdf

https://brainly.co.id

Sumber Foto : 

https://www.genpi.co/berita/153162/muhammadiyah-siap-bantu-santriwati-korban-pelecehan-guru-hw

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !