-->

Pengertian Kesenjangan Sosial : 3 Analisis Pendekatannya

Pengertian Kesenjangan Sosial : 3 Analisis Pendekatannya
Pengertian Kesenjangan Sosial : 3 Analisis Pendekatannya

Sosiologi Info - Apa yang kamu pahami mengenai pengertian dari kesenjangan sosial ? Bagaimana analisisnya yang bisa digunakan.

Mau tahu jawabannya, yuk simak penjelasan dan ulasannya berikut ini dan ada tiga analisis pendekatan yang bisa kamu coba pahami.

Sekilas Memahami Kesenjangan Sosial

Bagaimana pengertian kesenjangan sosial yang perlu kamu ketahui, dimana kesenjangan sosial adalah sebuah ketidakseimbangan.

Maupun ketimpangan sosial yang terjadi di dalam masyarakat. Dimana memang kondisi ini akan menimbulkan sebuah perbedaan yang signifikan di antara masyarakat. 

Kesenjangan sosial ini bisa kita lihat dalam kemiskinan, rendahnya tingkat pendidikan, masalah masalah sosial yang berhubungan dengan tindakan kriminal, dan lainnya.

Misalnya juga dalam hal kebutuhan akan kesehatan, ekonomi, pekerjaan, juga bisa kita lihat ada banyak kesenjangan disana. 

Lalu bagaimana kita untuk melihat mendeskripsikan maupun menganalisis perihak kesenjangan sosial di dalam kehidupan masyarakat di Indonesia. Yuk simak dibawah ini ya.

Analisis Pendekatan Kesenjangan Sosial

Ada beberapa pendekatan yang bisa digunakan dalam melakukan atau menganalisis maupun mendeskripsikan mengenai kesenjangan sosial di kehidupan masyarakat, yaitu :

1. Pendekatan Historis

Buat kamu yang ingin memahami kesenjangan sosial juga wajib untuk mengetahui adanya kesenjangan sosial yang muncul akibat adanya perbedaan dalam kehidupan.

Baik dari segi sosial, ekonomi, dan politik yang ada dan sering kita jumpai dalam keseharian aktivitas masyarakat sehari harinya. 

Misalnya kalau teman teman ingat, pada abad 19 lalu dimana terjadi perang besar di Eropa, yaitu perang dunia II.

Dimana terjadinya perang ini juga membawa banyak perubahan sosial kehidupan masyarakatnya, serta membawa kehancuran sebagain besar negara di dunia pada kehancuran.

Nah kehancuran inilah yang juga menimbulkan dan mengakibatkan adanya kemiskinan, kesenjangan sosial, dan kesengsaraan. 

Teman teman tentu masih ingat di Indonesia sendiri kesenjangan sosial itu mulai di rasakan ketika masa Presiden Soeharto. 

Melalui kepemimpinannya, jurang antara si miskin dan kaya kian melebar. Kolusi korupsi dan nepotisme (KKN) terjadi dimana mana, baik oleh pejabat maupun golongan tertentu.

Dimana pada masa itu juga masyarakat tidak begitu mendapatkan tempat untuk melakukan maupun dalam mengeksplorasi dirinya sendiri.

Karena masih kuatnya pengaruh pemerintahan yang mana Tentara Nasional Indonesia adalah pemegang kekuasaan penuh pada masa itu.  

2. Pendekatan Sosiologis

Sudah tentu, kesenjangan yang terjadi di Indonesia pada khususnya telah membuat sebagian masyarakat resah dan khawatir akan masalah sosial tersebut. 

Dalam kenyataannya memang, terlihat bagaimana adanya kelas golongan bawah dan atas dalam kehidupan masyarakat.

Antara si kaya dan miskin yang kian menunjukan jurang perbedaan yang begitu jauh. Dimana pendistribusian sumber kekayaan yang kian tidak menyasar pada masyarakat kecil.

Justru para kaum atas yang semakin dekat dengan kekuasaan yang mendapatkan keuntungan dalam berbagai penggunaan kekayaan tersebut.

Kemiskinan yang terjadi di Indonesia menjadi contoh bagaimana kesenjangan sosial itu nampak nyata dan berbanding begitu jauh kalau dilihat, penguasaan harta kekayaan tersebut.

Dimana dikatakan suatu bangsa dapat dianggap maju apabila ia telah berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakatnnya. 

Namun, begitu juga negara maju akan terlepas dari masalah kemiskinan yang telah dihadapan oleh banyak negara seperti Indonesia.

3. Pendekatan Yuridis 

Kesenjangan sosial yang kita lihat dalam kehidupan masyarakat yang ada disekitar kita adalah salah satu hal yang tidak mencerminkan adanya suatu keadilan. 

Apalagi di Indonesia yang mempunya pondasi dasar bernegara yaitu adanya Pancasila dan UUD 1945 serta berbagai semboyan yang seharusnya dapat memberikan kesejahteraan bagi semua warganya.

Namun, secara fakta dan realitas seakan semuanya berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di masyarakat saat ini.

Misalnya pada sila ke lima Pancasila disebutkan berbunyi bahwa Keadilan Sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia. 

Begitu juga dalam pondasi dasar lainnya yang memberikan penjelasan tentang dasar dasar bernegara untuk selalu mensejahterakan masyarakatnya. 

Tapi kalau kita lihat, kesenjangan sosial itu masih saja menjadi kekhawatiran banyak orang dan sebagai 'hantu' yang menakutkan.

Nah itulah sekilas mengenai pembahasan dan penjelasan serta ulasan topik Pengertian Kesenjangan Sosial : 3 Analisis Pendekatannya.

Sumber Referensi :

Buku Sosiologi untuk Kelas XI SMA dan MA kelompok peminatan ilmu ilmu sosial penulis oleh Dwi Mulyono

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !