Sejarah Perkembangan Metodologi Penelitian : Ada 4 Periode

Sosiologi Info - Bagaimana ya sejarah perkembangan dalam metodologi penelitian yang sering dilakukan saat ini ?

Mau tahu jawabannya, simak penjelasan dan ulasannya berikut ini agar kamu paham dari keempat periode sejarah tersebut. Yuk baca.

Sekilas Mengenal Penelitian

Secara singkat penelitian sosial adalah suatu proses kegiatan dalam pengungkapan suatu fakta fakta dengan memakai metode untuk memperoleh kebenaran konsep atau teori. 

Pengertian lain, menyebutkan penelitian sosial ialah penelitian yang mengkaji dan mengungkapkan fenomena sosial yang menyangkut segi kemanusian.

Misalnya seperti dalam hal perkembangan dunia kesehatan, pendidikan, ekonomi atau bisnis, sosial, seni, budaya, dan banyak lagi lainnya. 

Oleh karena itu, sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dewasa ini, memang penelitian menjadi bagian penting bagi keberlangsungan masyarakat.

Dalam penelitian juga ada beberapa metode penelitian yang digunakan sebagai pedoman dasar penelitian tersebut.

Nah dalam proses menemukan sebuah metodologi penelitian, ada catatan sejarah perkembangannya yang juga perlu kita ketahui. 

Lalu bagaimana sejarah perkembangan metodologi penelitian ? Simak dibawah ini ya penjelasannya.

Sejarah Perkembangan Metodologi Penelitian

Ada empat periode sejarah perkembangan dalam metodologi penelitian yang menurut Rummel seperti dikutip Sutrisno Hadi, yaitu :

1. Periode Trial and Error

Dimana pada periode pertama ini, pemecahan suatu masalah dilakukan secara berulang kali dengan berbagai percobaan yang dilakukan.

Namun tidak terarah dengan baik. Begitu juga belum ada konsep dasar, dalil maupun susunan yang jelas untuk dijadikan pedoman dalam menemukan kebenaran tersebut. 

2. Periode Authority and Tradition

Dimana pada periode ini, otoritas pemimpin dan tradisi dijadikan pegangan tanpa adanya kritikan dari masyarakat. Meskipun itu belum tentu benar. 

3. Periode Speculation and Argumentation

Dimana pada periode ini mulai adanya membentuk suatu kelompok dan mempertanyakan kebenaran dari suatu doktrin yang selama ini diturunkan oleh tokoh penguasa.

4. Periode Hypothesis and Exsperimentation

Dimana pada periode ini penelitian mulai diperhatikan, seperti dasar pemikiran yang digunakan adalah keadaan alam semesta.

Yang mana juga mengikuti pola pola tertentu. Dengan dasar itu orang mencari bukti. Dimana pertamanya, dugaan, dibuat dalam bentuk hipotesis.

Kemudian, dikumpulkan faktanya untuk dilakukan pengujian di laboratorium untuk mendapatkan sebuah kebenaran tersebyt. 

Nah itulah sekilas penjelasan dan pemahaman mengenai topik Sejarah Perkembangan Metodologi Penelitian Dibagi 4 Periode.

Sumber Referensi :

Buku Sosiologi diperuntukan kepada kelas X SMA dan MA kelompok peminatan ilmu ilmu sosial penulisnya oleh Dwi Mulyono