5 Contoh Integrasi Sosial dalam Agama di Lingkungan Masyarakat - Referensi Artikel Sosiologi 5 Contoh Integrasi Sosial dalam Agama di Lingkungan Masyarakat | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide

 Referensi Artikel Wisata

Referensi Materi Sekolah

Referensi Artikel Kampus

5 Contoh Integrasi Sosial dalam Agama di Lingkungan Masyarakat

Ada 5 Contoh Integrasi Sosial dalam Agama di Lingkungan Masyarakat

5 Contoh Integrasi Sosial dalam Agama di Lingkungan Masyarakat

Sosiologi Info - Apa saja contoh integrasi sosial dalam agama yang bisa kita lihat di lingkungan kehidupan masyarakat sehari harinya ?

Nah untuk menjawab topik materi pembahasan tersebut. Mari simak penjelasan dan ulasan singkat berikut ini ya.

Mengenal Apa Itu Integrasi 

Sudah pernah mendengar kata kata integrasi ? Kalau belum kamu mesti pahami dulu pengertian dari integrasi.

Namun, sebelum jauh kesana, manusia akan selalu melakukan proses interaksi dan komunikasi dengan sesama individu, maupun dengan antara kelompok. 

Begitu juga dengan individu antara kelompok yang terus menjalin proses dan hubungan sosial dalam berbagai tindakan, aktivitas dan komunitas di masyarakat.

Baik yang berada dalam lingkungan kelompok sama, maupun yang berada dalam satu lingkungan masyarakat yang majemuk sekalipun.

Sebut saja seperti perbedaan kepercayaan, keyakinan, agama dan masih banyak lagi perbedaan itu menghiasi dinamika kehidupan sosial masyarakat. 

Nah integrasi sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu integration yang memiliki arti keseluruhan. Istilah integrasi punya pengertian mengenai pembauran atau penyatuan.

Dari unsur unsur yang berbeda-beda, sehingga menjadi suatu kesatuan utuh di dalam masyarakat tersebut.

Mungkin juga akan menjadi suatu konsensus atau kesepakatan dalam menjaga pola, proses dan hubungan sosial antara sesamanya. 

Dalam pengertian lain, atau sinonim dari integrasi yaitu memiliki arti perpaduan, penyatuan, penggabungan, yang mana itu dari dua atau lebih objek yang ada. 

Menurut Sanusi integrasi adalah suatu kesatuan yang utuh, tidak terpecah belah, atau bercerai berai. Dimana integrasi ini menjadi meliputi kebutuhan atau kelengkapan anggota.

Yang membentuk suatu kesatuan dengan adanya jalinan hubungan yang erat, harmonis, dan mesra, antara anggotanya dalam satu kesatuan di masyarakat. 

Dimana istilah integrasi ini berkaitan dengan penyatuan dari dua unsur atau lebih yang saling berbeda beda, baik dari sifat, nama, dan sejenisnya. 

Integrasi sosial memang dimaknai sebagai suatu proses dalam penyesuaian diantara unsur unsur di dalam masyarakat dalam suatu perbedaan tertentu. 

Dimana pada proses penyesuaian yang berbeda beda itu, kehidupan masyarakat akan menghasilkan suatu pola yang memiliki keserasian fungsi, diantara masing masingnya. 

Pengertian lain, menyebutkan bahwa integrasi ialah suatu keadaan dimana kelompok kelompok etnik beradaptasi dan bersikap konformitas terhadap kebudayaan mayoritas masyarakat.

Namun, juga mampu dan masih tetap dalam mempertahankan kebudayaan dari masing masing masyarakat yang ada tersebut. 

Nah dalam masyarakat majemuk seperti di Indonesia, misalnya dalam hal agama yang juga menjadi penting untuk dilihat bagaimana contoh dalam mencapai integrasi sosial. 

Mau tahu apa saja contohnya ? Simak penjelasan dan ulasan singkat dibawah ini ya sobat, jangan lewatkan baca sampai selesai. 

Contoh Integrasi Sosial dalam Agama

Ada beberapa contoh yang bisa sama sama kita lihat dalam mencapai suatu integrasi sosial di masyarakat sehari-harinya, yaitu :

1. Memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk memeluk agama yang diyakini dan dipercayai sebagai cara untuk menjaga integrasi sosial.

2. Dalam hal mendirikan rumah ibadah, tempat sembahyang, tempat sholat juga diberikan keleluasaan kepada setiap warga atau masyarakat.

Sesuai dengan agama yang dipeluknya, sehingga dengan dapat mendirikan tempat untuk beribadah, maka warga tersebut bisa menjalankan kewajibannya.

Dengan cara ini juga sebagai contoh dari integrasi sosial di masyarakat dalam lingkungan yang majemuk seperti di Indonesia. 

3. Tidak menganggu umat atau warga yang sedang menjalankan peribadahannya secara masing masing. Tidak ada satu sama lain yang menganggu.

4. Menjaga toleransi yang terus dilakukan oleh setiap pemeluk umat beragama di dalam lingkungan kehidupan masyarakat sehari harinya.

Dengan sikap menghargai dan menghormati serta terus menjaga silahturahmi, dan saling tolong menolong antar sesama. 

5. Berbagai dalam setiap kegiatan yang ada dan dilakukan secara bersama sama, misalnya gotong royong, kerja bakti, dan lainnya. 

Nah itulah sekilas penjelasan mengenai topik pembahasan tentang 5 Contoh Integrasi Sosial dalam Agama di Lingkungan Masyarakat. 

Sumber Referensi Bacaan :

Buku Sosiologi untuk kelas 11 SMA dan MA pada kelompok peminatan ilmu ilmu sosial, penulis Dwi Mulyono

http://digilib.iainkendari.ac.id/895/3/BAB%20II.pdf

Artikel Populer

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Ekonomi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: 5 Contoh Integrasi Sosial dalam Agama di Lingkungan Masyarakat
5 Contoh Integrasi Sosial dalam Agama di Lingkungan Masyarakat
Ada 5 Contoh Integrasi Sosial dalam Agama di Lingkungan Masyarakat
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgl4J2xtVOznulHwuTOHW4nxOg7Iclfsh205aeassOzMXB9iFyCN1g-rrcK3d9y2CpCNxZZaNzjpRKixvxLN6xVmhH_aOw1yT-DzkKcrF0kku9vXP9Ljlud-tTt4R01mPz_Auzp3927UwbzpUhQE_6S25STJZ43oCqS_h5YImgveRg5JDkt_zZozfPW=s16000
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgl4J2xtVOznulHwuTOHW4nxOg7Iclfsh205aeassOzMXB9iFyCN1g-rrcK3d9y2CpCNxZZaNzjpRKixvxLN6xVmhH_aOw1yT-DzkKcrF0kku9vXP9Ljlud-tTt4R01mPz_Auzp3927UwbzpUhQE_6S25STJZ43oCqS_h5YImgveRg5JDkt_zZozfPW=s72-c
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2022/01/5-contoh-integrasi-sosial-dalam-agama-di-masyarakat.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2022/01/5-contoh-integrasi-sosial-dalam-agama-di-masyarakat.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy