-->

25 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli Terbaru, Contohnya

Ada 25 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli Terbaru, Contohnya
25 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli Terbaru, Contohnya

Sosiologi Info - Apa saja pengertian sosialisasi menurut para ahli tahunnya, yang terbaru beserta contohnya di dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya.

Berikut ini beberapa pengertian sosialisasi menurut para ahli yang bisa dibaca melalui pdf atau jurnal yang ada, yuk baca terus.

Sekilas Pengertian Sosialisasi

Setiap orang yang hidup di dunai tidak terlepas dari proses sosial dan hubungan sosialnya di kehidupan masyarakat dalam kesehariannya tersebut. 

Tentunya, setiap manusia sebagai individu dan mahkluk sosial akan melakukan komunikasi dan interaksi sosial antar sesama individu atau antar kelompok di masyarakat.

Oleh karena itu, proses penting dari mulainya suatu interaksi dan komunikasi yaitu karena adanya proses sosialisasi di kehidupan sosial masyarakat.

Itulah tidak bisa dipisahkan proses sosialisasi yang dilakukan setiap individu semasa hidup atau seumur dia masih hidup di dunia bersama orang lain. 

Lalu apa saja pengertian dari sosialisasi menurut para ahli ? Nah kamu silahkan membaca dibawah ini ya, begitu juga sekilas faktor penting mempengaruhi sosialisasi.

Faktor Faktor yang dapat Mempengaruhi Proses dari Sosialisasi

Ada dua faktor penting dalam setiap pengaruh dari proses terjadinya suatu sosialisasi di dalam kehidupan masyarakat, yaitu sebagai berikut :

1. Faktor eksternal
2. Faktor internal

Nah itulah sekilas penjelasan mengenai pengertian sosialisasi secara umum, dan faktor yang mempengaruhi proses sosialisasi.

Mari dibawah ini kita simak penjelasan dari pengertian sosialisasi menurut beberapa para ahli atau tokoh sosiologi maupun tokoh ahli lainnya, yuk baca.

Ada 25 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli Terbaru

Berikut dibawah ini daftar dan kumpulan pengertian sosialisasi menurut para ahli pdf, terbaru, tahunnya, beserta contohnya, yaitu sebagai berikut :

1. Menurut Ahli Peter L Berger

Pengertian Sosialisasi Menurut Tokoh Peter L Berger adalah proses belajar seorang anak untuk menjadi anggota yang dapat berpartisipasi di dalam kehidupan masyarakat.

2. Menurut Ahli David Gaslin

Pengertian Sosialisasi Menurut Tokoh David Gaslin mengatakan sosialisasi adalah proses belajar yang mana dialami oleh seseorang untuk dapat memperoleh pengetahuan.

Tentang nilai dan norma norma, agar seseorang itu dapat berpartisipasi sebagai anggota kelompok suatu masyarakat tersebut.

3. Menurut Ahli Kimball Young

Pengertian Sosialisasi Menurut Tokoh Kimball Young memberikan pengertian sosialisasi merupakan suatu hubungan interaktif.

Dimana seseorang dapat mempelajari kebutuhan sosial dan kultural yang menjadikan sebagai anggota masyarakat tersebut.

4. Menurut Ahli Charles R Wright 

Pengertian Sosialisasi Menurut Tokoh Charles R Wright mengatakan pengertian sosialisasi adalah proses ketika individu mendapatkan kebudayaan kelompoknya.

Dan menginternalisasikan sampai tingkat tertentu norma norma sosialnya, sehingga membimbing orang tersebut untuk memperhitungkan harapan harapan dari orang lain.

5. Menurut Ahli Maclever

Pengertian Sosialisasi Menurut Tokoh Maclever menyebutkan pengertian sosialisasi adalah proses untuk mempelajari nilai, norma, peran dan semua hal persyaratan lainnya.

Yang mana diperlukan untuk memungkinkan berpartisipasi yang efektif dalam kehidupan sosial masyarakat.

6. Menurut Ahli Charlotte Buhler 

Pengertian Sosialisasi Menurut Tokoh Charlotte Buhler mengatakan sosialisasi adalah suatu proses yang dapat membantu anggota masyarakat dalam hal belajar.

Dan menyesuaikan diri serta bagaimana cara hidup dan cara berpikir kelompoknya. 

Tujuannya agar ia dapat berperan dan berfungsi dalam suatu kelompok masyarakat tersebut.

7. Menurut Ahli Soerjono Soekanto 

Pengertian Sosialisasi Menurut Tokoh Soerjono Soekanto mengatakan sosialisasi adalah proses sosial tempat seorang individu.

Mendapatkan pembentukan sikap untuk berperilaku yang mana sesuai dengan perilaku orang orang di sekitarnya tersebut.

8. Menurut Ahli Agustin

Pengertian Sosialisasi Menurut Tokoh Agustin menjelaskan bahwa sosialisasi merupaka sebuah proses seumur hidup yang mana berkenaan.

Dengan bagaimana seorang individu dalam mempelajari cara hidup, norma, nilai sosial yang terdapat di dalam setiap kelompoknya.

Agar dapat berkembang, menjadi pribadi yang diterima dalam kelompok tersebut.

9. Menurut Ahli Gunawan

Pengertian Sosialisasi Menurut Tokoh Gunawan mendefinisikan sosialisasi adalah merupakan proses dari penyampaian sesuatu pesan oleh seseorang kepada orang lain. 

Dimana untuk memberi tahu atau mengubah sikap, pendapat, perilaku, baik secara langsung dan tidak langsung.

10. Menurut Ahli Broom & Seiznic

Pengertian Sosialisasi Menurut Tokoh Broom dan Seiznic menjelaskan bahwa sosialisasi adalah proses membangun.

Atau menanamkan nilai nilai kelompok pada diri seseorang individu yang di dalam masyarakat. 

11. Menurut Ahli Stewart

Pengertian Sosialisasi Menurut Tokoh Stewart menyebutkan sosialisasi adalah proses dalam memperoleh kepercayaan, sikap, nilai, dan kebiasaan dalam suatu kebudayaannya.

12. Menurut Ahli Horton & Hunt

Pengertian Sosialisasi Menurut Tokoh Horton dan Hunt bahwa sosialisasi adalah proses dimana seseorang menginternalisasikan.

Norma norma kelompok tempat ia hidup sehingga berkembang menjadi satu pribadi yang unik di masyarakat.

13. Menurut Ahli Koentjaraningrat

Pengertian Sosialisasi Menurut Tokoh Koentjaraningrat menyebutkan bahwa sosialisasi adalah seluruh proses.

Dimana seorang individu sejak ia masa kanak naka hingga dewasa, terus berkembang, berhubungan, mengenal dan menyesuaikan diri dengan individu lain yang hidup dalam masyarakat sekitarnya.

14. Menurut Ahli Karel J Veeger

Pengertian Sosialisasi Menurut Tokoh Karel J Veeger mengatakan pengertian dari sosialisasi adalah suatu proses belajar mengajar di dalam masyarakat.

15. Menurut Ahli Irvin L Child

Pengertian Sosialisasi Menurut Tokoh Irvin L Child memaparkan bahwa sosialisasi adalah segenap proses yang menuntut individu.

Mengembangkan potensi tingkah laku aktualnya. Dimana yang diyakini kebenarannya dan telah menjadi kebiasaan serta sesuai dengan standar dari kelompoknya tersebut.

16. Menurut Ahli Robert M Z Lawang

Pengertian Sosialisasi Menurut Tokoh Robert M Z Lawang menuturkan sosialisasi adalah proses untuk mempelajari norma, nilai, peran.

Serta semua persyaratan dari lainnya yang diperlukan untuk memungkinkan partisipasi yang efektif dalam kehidupan sosialnya.

17. Menurut Ahli Ritcher JR

Pengertian Sosialisasi Menurut Tokoh Ritcher JR menjelaskan bahwa sosialisasi adalah proses dimana seseorang memperoleh pengetahuan, keterampilan.

Dan sikap yang diperlakukannya agar dapat berfungsi sebagai orang dewasa. Dan sekaligus sebagai pemeran aktif dalam suatu kedudukan atau pernanan tertentu di masyarakat tersebut.

18. Menurut Ahli Bruce J Cohen

Pengertian Sosialisasi Menurut Tokoh Bruce J Cohen mengatakan sosialisasi adalah proses manusia mempelajari tata cara kehidupan.

Dalam masyarakat untuk memperoleh kepribadian dan membangun kapasitasnya agar berfungsi dengan baik sebagai individu maupun sebagai anggota.

19. Menurut Ahli Giddens

Pengertian Sosialisasi Menurut Tokoh Giddens menjelaskan sosialisasi adalah sebagai sebuah proses dimana terjadi ketika seseorang bayi.

Pada saat itu masih lemah terus berkembang secara aktif. Melalui tahap demi tahap sampai akhirnya menjadi pribadi yang sadar akan dirinya sendiri sebagai pribadi. 

Yang mana berpengetahuan dan terampil akan cara hidupnya dalam kebudayaan tempat dimana ia tinggal.

20. Menurut Ahli Paul B Horton

Pengertian Sosialisasi Menurut Tokoh Paul B Horton menyebut sosialisasi adalah suatu proses dimana seseorang menghayati.

Serta dapat memahami berbagai norma norma di dalam masyarakat. Dimana tempat tinggalnya sehingga dapat membentuk kepribadiannya secara langsung. 

21. Menurut Ahli Prof Dr Nasution

Pengertian Sosialisasi Menurut Tokoh Prof Dr Nasution mengatakan sosialisasi adalah proses membimbing individu ke dalam dunia sosialnya yaitu sebagai warga masyarakat yang dewasa.

22. Menurut Ahli Sukandar Wiraatmaja

Pengertian Sosialisasi Menurut Tokoh Sukandar Wiraatmaja menyebut sosialisasi adalah proses belajar mulai dari bayi untuk mengenal.

Serta memperoleh sikal, pengertian, gagasan dan pola tingkah laku yang disetujui oleh masyarakat tersebut. 

23. Menurut Ahli Jack Levin dan James L Spates

Pengertian Sosialisasi Menurut Tokoh Jack Levin dan James L Spates menjelaskan bahwa sosialisasi adalah proses pewarisan dan pelembagaan kebudayaan ke dalam kepribadian individu seseorang.

24. Menurut Ahli Edward Shils

Pengertian Sosialisasi Menurut Tokoh Edward Shils menjelaskan sosialisasi adalah proses sosial yang mana dijalankan oleh seseorang atau sepanjang umur. 

Dimana yang perlu dilalui seseorang individu untuk menjadi seseorang anggota kelompok dan masyarakatnya melalui pembelajaran kebudayaan dari kelompok dan masyarakat.

25. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian Sosialisasi Menurut KBBI adalah diartikan sebagai suatu proses belajar seseorang anggota masyarakat untuk mengenal dan menghayati kebudayaan masyarakat di lingkungannya.

Nah itulah beberapa pengertian dari sosialisasi menurut para ahli terbaru yang perlu teman teman baca dan pahami. Selanjutnya mari kita lihat beberapa contohnya.

Contoh Sosialisasi di dalam Kehidupan Masyarakat Sehari-hari

Ada beberapa contoh penting dalam setiap pelaksanaan dari adanya sosialisasi di dalam lingkungan masyarakat di kehidupannya sehari-hari, yaitu sebagai berikut :

1. Mengenalkan Individu untuk Membuang Sampah pada Tempatnya

Seseorang guru dan orang tua yang memberikan contoh serta mengajarkan agar anaknya atau murid membuang sampah pada tempatnya.

Inilah salah satunya contoh dari sosialisasi yang ada di dalam kehidupan masyarakat di lingkungan sekitarnya. 

Terkhususnya untuk di lingkungan sekolah dan lingkungan dalam keluarga yang memberikan sosialisasi tersebut.

2. Polisi Menjelaskan Pentingnya Berkendara di Jalan Raya

Seseorang polisi lalu lintas yang memberikan penjelasan dan mengenalkan berbagai pentingnya untuk berkendaran yang aman dan baik di jalan raya.

Misalnya menjelaskan tentang sosialisasi untuk patuh terhadap rambu rambu lalu lintas, memakai helm, memasang spion, serta membawa berkas dokumen perlengkap.

3. Mengajar Seorang Anak untuk Sopan dan Santun

Seorang anak yang dididik sejak dini untuk selalu mengucapkan terimakasih kepada orang yang memberikan pertolongan atau membantunya dalam setiap kesempatan.

Itu juga bagian dari contoh sosialisasi yang sering kita jumpai di dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya. 

Demikianlah pembahasan dan ulasan beserta penjelasan mengenai topik materi Ada 25 Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli Terbaru, Contohnya.

Sumber Rujukan Sosiologi.info : 

http://repository.unisba.ac.id/, diakses pada Rabu, 09 Februari 2022
http://repo.iain-tulungagung.ac.id/, diakses pada Rabu, 09 Februari 2022
http://eprints.umm.ac.id/, diakses pada Rabu, 09 Februari 2022
http://eprints.umpo.ac.id/, diakses pada Rabu, 09 Februari 2022
https://brainly.co.id/, diakses pada Rabu, 09 Februari 2022

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !