Contoh Perwujudan Nilai Nilai Pancasila dalam Bidang Politik dan Hukum

Sosiologi Info - Sebutkan, Jelaskan, Berikan, Tuliskan, Contoh Perwujudan Nilai Nilai Pancasila dalam Bidang Politik dan Hukum di di lingkungan sekolah maupun dalam masyarakat. 

Lantas bagaimana perwujudan dari nilai nilai Pancasila dalam bidang politik dan hukum di kehidupan masyarakat ?

Mari simak pembahasan dan ulasannya dibawah dengan seksama agar dapat memahami materi pembelajaran tentang perwujudan nilai nilai Pancasila tersebut. Yuk baca. 

Sekilas Perwujudan Nilai Nilai Pancasila 

Sobat sudah pada tahu apa saja nilai nilai di dalam Pancasila yang mestinya dapat diterapkan dan dilaksanakan oleh setiap individu ? 

Nah sebelum itu kita kenalan dulu ya sekilas dengan ideologi bangsa Indonesia yaitu Pancasila. Pancasila yang merupakan sebagai ideologi bangsa Indonesia yang sifatnya terbuka. 

Memberikan pengaruh terhadap berbagai perubahan di kehidupan masyarakat. Nilai nilai instrumental serta nilai praktis dalam kehidupan kemasyarakatan, berbangsa dan bernegara. 

Oleh karena itu, ada lima nilai nilai yang seharusnya dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari hari bersama masyarakat. 

Nah sila sila itulah yang ada pada Pancasila menjadi satu kesatuan yang tidak akan dapat terpisahkan. 

Masing masing sila sila dalam Pancasila mempunyai tujuan dan makna serta tidak dapat dipahami secara terpisah dengan sila lainnya. 

Oleh karena itu, tata urutan dalam pelaksanaan nilai Pancasila, mempunyai makna saling dijiwai dan menjiwai oleh sila sila sebeluknya maupun sesudahnya. 

Dimana tata urutan Pancasila tidak dapat diubah karena akan dapat menghilangkan makna dari isi Pancasila tersebut sebagai satu kesatuan yang utuh.

Nah pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas tentang contoh perwujudan nilai nilai dari Pancasila dalam bidang Politik dan Hukum, mari simak.

Contoh Perwujudan Nilai Nilai Pancasila dalam Bidang Politik dan Hukum

Apa saja contoh dari perwujudan nilai nilai Pancasila dalam bidang politik dan hukum di kehidupan masyarakat sehari-harinya ?

Mari simak beberapa contoh dibawah ini ya dengan seksama agar dapat memahmi materi pembelajaran diatas, yaitu :

1. Ikut Terlibat dalam Pemilihan Kepala Daerah, Presiden dan DPR/DPRD

Sebagai penerapan dan pelaksanaan dari perwujudan nilai nilai Pancasila di dalam kehidupan masyarakat khususnya pada bidang politik dan hukum.

Maka sudah seharusnya setiap individu ikut terlibat dalam berbagai pemilihan kepala daerah, gubernur, bupati, dan wali kota, serta pemilihan anggota DPRD di daerah. 

Atau pun ikut dalam kegiatan pemilihan umum atau Pemilu untuk Presiden dan anggota DPR RI di tingkat pusat.

Disinilah pesta demokrasi dalam politik mestinya setiap warga ikut mewujudkan nilai nilai Pancasila tersebut.

Dengan melakukan pemilihan dan memilih masing masing pemimpin yang menurutnya bagus serta dapat memberikan pengaruh kepada daerahnya tersebut. 

2. Tidak Melakukan Penyebaran Informasi Bohong, Fitnah Kepada Lawan Politik

Dalam kegiatan dan aktivitas politik yang berlangsung dalam setiap pemilihan yang berlangsung selama lima tahun sekali. 

Nah dimana dalam setiap konstelasi politik akan ada sebagian orang terlibat dalam menyebarkan berbagai berita bohong.

Yang berkaitan dengan salah satu colon kepala daerah maupun calon presiden. Oleh karena itu, seharusnya dalam mewujudkan nilai nilai Pancasila.

Seharusnya orang atau oknum itu tidak melakukan tindakan yang licik dalam menjatuhkan lawan politiknya. 

3. Setiap Orang Mesti Menghormati dan Menghargai Keputusan/Pilihan Orang Lain

Dalam setiap pemilihan yang berlangsung setiap orang mestinya harus dapat memberikan kebebasan kepada orang lain dalam menentukan pilihannya.

Misalnya dalam hal pemilihan kepala daerah, maka individu atau warga mempunyai hak secara pribadi dan rahasia dalam menentukan pilihannya tersebut.

Dimana oleh karena itu, tidak ada pihak yang melakukan intervensi atau mengarahkan pemilih untuk dapat memilih calon tertentu. 

Tidak hanya tiga contoh diatas saja dalam perwujudan nilai nilai Pancasila dalam bidang politik dan hukum. Ada beberapa dibawah ini sebagai lanjutan dari contoh diatas yaitu sebagai berikut. 

4. Perwujudan dalam Pengembangan Lembaga Negara di Indonesia

Perkembangan dalam bidang politik yaitu persoalan lembaga negara di Indonesia. Begitu juga dalam Hak Asasi Manusia, dan hukum. 

Dimana pembangunan negara yang modern dengan membangun sistem pemerintahan yang sesuai perkembangan zaman. 

Inilah lembaga negara baru yang sesuai dengan amandemen yaitu UUD NRI Tahun 1945 yaitu DPD, MK, dan KY. 

Nah lembaga inilah yang mana harus sesuai dengan sistem pemerintahan berdasarkan nilai nilai Pancasila.

5. Perwujudan dalam Menjunjung Tinggi Hak Asasi Manusia (HAM)

Dengan adanya HAM Indonesia menghargai setiap hak dan kewajiban warga negaranya. Yang mana itu mestinya sesuai terhadap nilai nilai dalam Pancasila. 

HAM inilah yang mengutamakan kebabasan terhadap individu dan atau mengutamakan kewajiban tanpa menghargai hak individu. 

HAM yang menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban. HAM sendiri dijiwai dalam nilai Ketuhanan Yang Maha Esa.

Selanjutnya, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.

Serta mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

6. Pelaksanaan dan Penerapan Demokrasi di Indonesia 

Kemudian, contoh perwujudan nilai nilai Pancasila dalam bidang politik dan hukum yaitu perihal pelaksanaan demokrasi di Indonesia. 

Seperti kita tahu, bahwa demokrasi yang Indonesia anut yaitu Demokrasi Pancasila. 

Dimana suatu sistem demokrasi yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tradisi terhadap nilai nilai budaya bangsa, serta sejarah. 

Demokrasi yang mana mengutamakan musyawarah mufakat dan kekeluargaan. 

Itulah sistem yang mengutamakan kekeluargaan bukan sistem oposisi yang saling menjatuhkan atau mengutamakan kepentingan individu atau golongan tertentu.

Seperti contoh dalam pemilihan kepala daerah, presiden, dan anggota dewan pada lima tahun sekali yang diselenggarakan. 

7. Pemberlakuan Hukum yang Adil dan Tidak Pilih Pilih

Dalam pembangunan di bidang hukum, dimana diarahkan pada terciptanya suatu sistem hukum nasional yang berdasarkan Pancasila. 

Dimana hukum nasional yang dibuat harus bersumber pada nilai nilai dari Pancasila itu sendiri sebagai sumber dari sumber segala sumber hukum. 

Oleh karena itu, dalam setiap penerapan hukum di dalam masyarakat dapat diwujudkan dengan tidak tebang pilih saat memberikan hukuman.

Dengan pemberian hukum yang adil dan sama kepada siapa pun yang terlibat dalam ranah hukum di kehidupan masyarakat. 

Nah itulah sekilas ada beberapa contoh contoh perwujudan nilai nilai Pancasila dalam bidang politik dan hukum di kehidupan masyarakat sehari-harinya. 

Contoh Perwujudan Nilai Nilai Pancasila dalam Bidang Politik dan Hukum di Lingkungan Sekolah

Berikut dibawah ini beberapa contoh dari perwujudan nilai Pancasila dalam bidang politik dan hukum di sekolah yaitu :

1. Adanya pemilihan ketua osis

Nah teman teman pasti sudah pernah mengikuti dan terlibat langsung dalam memberikan suara pada saat pemilihan ketua osis di sekolah.

Maupun ikut terlibat dalam menyukseskan pemilihan tersebut dengan menjadi panitia pelaksanaan pada saat pemilihan ketua osis tersebut. 

2. Adanya pemilihan ketua kelas

Tidak hanya ada pemilihan ketua osis. Dalam ranah di lingkungan sekolah, adanya pemilihan ketua kelas juga bagian penting dalam perwujudan nilai nilai Pancasila.

3. Adanya pemilihan dalam ketua ekskul

Kemudian, ada juga dalam pemilihan ketua ekskul yang dilakukan oleh setiap anggota ekskul di sekolah yang ada kegiatan ekskulnya tersebut. 

4. Pembagian dan keterlibatan dalam petugas upacara

Selanjutnya dalam kegiatan atau aktivitas sekolah seperti dalam pembagian jadwal serta keterlibatan dalam petugas upacara kepada setiap kelas atau pelajar.

Juga bagian dari contoh perwujudan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan di lingkungan sekolah yang ada di masyarakat. 

5. Keterlibatan dalam mensosialisasikan kegiatan sekolah 

Nah dalam keterlibatan menjadi anggota osis maupun dalam kesempatan lainnya dalam keikutsertaan untuk mensosialisasikan berbagai kegiatan di sekolah.

Juga merupakan contoh dari perwujudan nilai nilai Pancasila di sekolah yang dapat dilakukan setiap pelajar. 

6. Diskusi dan musyawarah dalam pembagian jadwal piket kelas

Selanjutnya ada contoh perwujudan nilai Pancasila di sekolah dalam bidang politik dan hukum yaitu pada saat melakukan diskusi dan muyawarah saat pembagian jadwal piket di kelas. 

7. Perumusan bersama dalam membuat tata tertiba di kelas

Ketika teman teman sekolah dulu pasti ingat dong bagaimana awal awal bertemu teman baru dan memulai belajar di ruang kelas.

Namun, sebelum belajar kita sama sama membuat berbagai peraturan di kelas agar belajar dan kondisi ruang kelas tetap kondusif. 

Itu juga bagian dari perwujudan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari di lingkungan sekolah yang dilakukan setiap pelajar. 

Nah itulah ada beberapa contoh dari perwujudan nilai nilai Pancasila dalam bidang politik dan hukum di lingkungan sekolah dalam kehidupan masyarakat sehari-harinya. 

Demikianlah pembahasan Sebutkan, Jelaskan, Berikan, Tuliskan, Contoh Perwujudan Nilai Nilai Pancasila dalam Bidang Politik dan Hukum di di lingkungan sekolah maupun dalam masyarakat. 

Sumber Bacaan Sosiologi.info : 

Buku Pembelαjαrαn Pendidikαn Pαncαsilα dαn Kewαrgαnegαrααn | PDF Edisi Revisi 2018 Kurikulum 2013 | untuk kelαs IX SMP/MTs | Penulis Αi Tin Sumαrtini dαn Αsep Sutisnα Putrα | Penyeliα Penerbitαn : Pusαt Kurikulum dαn Perbukuαn, Bαlitbαng, Kemendikbud