-->

8 Cara Mengatasi Munculnya Gejala Westernisasi di Kehidupan Masyarakat Indonesia, Ini Solusinya

Cara Mengatasi Munculnya Gejala Westernisasi di Kehidupan Masyarakat Indonesia, Ini Solusinya
8 Cara Mengatasi Munculnya Gejala Westernisasi di Kehidupan Masyarakat Indonesia, Ini Solusinya

Sosiologi Info - Apa saja Cara Mengatasi Westernisasi di Indonesia yang terjadi dalam kehidupan sehari hari masyarakat ?

Mari simak pembahasan dan ulasan mengenai Cara Mengatasi Munculnya Gejala Westernisasi, Cara Solusi Mengatasi Westernisasi.

Sekilas Memahami Generasi Muda

Generasi muda merupakan faktor penting dalam mewujudkan cita-cita suatu bangsa. Ditangan generasi muda inilah yang akan menjadi pembentukan bangsa di masa yang akan datang. 

Enerasi muda harus memegang teguh sebuha nilai-nilai yang telah diberikan secara turun temurun. Ditangan generasi muda juga menjadikan suatu Negara yang akan mengarah kemana dan apa.

Hidup di zaman yang canggih ini dimudahkan dengan teknologi, kemudahan dalam tukar menukar informasi dan hal sebagainya.

Banyak sobat temui bahwa generasi muda ini lebih mencintai dengan penyanyi dari luar negeri.

Ataupun menyukai barang-barang dari luar negeri yang dianggap lebih baik dari barang dalam negeri. Tidak usah heran, memang inilah yang terjadi semua ini sangat erat kaitannya dengan globalisasi. 

Gaya hidup yang kebaratan dianggap sesuatu hal yang bernama westernisasi. Penting untuk generasi muda.

Bahwa tidak semua hal yang berbau dengan westernisasi itu harus diikuti loh.. banyak hal yang bisa kita upayakan atau atasi untuk menghadapi westernisasi. 

Proses westernisasi memang secara tidak sadar berhubungan dengan hidup kita, proses westernisasi mempunyai dampak yang negatif dan dampak positif. 

Sesuatu hal yang berkaitan dengan westernisasi sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan. Mari simak pembahasan dan penjelasan tentang Cara Mengatasi Westernisasi

Ada 8 Cara Mengatasi Munculnya Gejala Westernisasi di Kehidupan Masyarakat Indonesia, Ini Solusinya

Terdapat cara mengatasi untuk menghadapi westernisasi, yaitu sebagai berikut:

1. Menyaring Budaya Asing

Saat kita sudah mengetahui bahwa adanya westernisasi ini akan memberikan dampak baik dalam budaya. 

Nah sedini mungkin kita melakukan penyaringan terhadap mana saja budaya asing yang memberikan suatu hal yang positif dan meninggalkan sesuatu yang dianggap negatif. 

Sikap penyaringan atas budaya asing ini harus diperhatikan loh sobat karena nantinya akan memberikan dampak dalam kehidupan sendiri. 

2. Menumbuhkan Jiwa dan Semangat Nasionalisme

Mengetahui sejarah dibentuknya Negara Indonesia, mengetahui perjuangan para pahlawan, itu merupakan salah satu upaya untuk menambahkan jiwa semangat atas nasionalisme.

Karena terdapat penyadaran bahwa pembentukan bangsa indonesia bukanlah suatu hal yang mudah terdapat beribu-ribu darah bahkan jiwa-jiwa yang harus menjadi korban dari sebuah perjuangan.

3. Mengamalkan Sila Sila dari Pancasila

Sila dalam pancasila terdiri dari lima sila, yang masing masing sila mempunyai makna tersendiri dalam kehidupan. 

Kelima sila tersebut terkandung dalam pedoman kehidupan.

Ketika kita memegang teguh dan mengamalkan makna dari sila-sila pancasila di era kehidupan sehingga kita tidak akan terombang ambing dengan adanya keadaan westernisasi.

4. Lebih Mencintai Produk Lokal

Sebelum kita mencintai produk luar negeri cobalah untuk mengenal lebih dalam sehingga menumbuhkan rasa cinta terhadap produk lokal. 

5. Mempromosikan Produk dalam Negeri

Setelah mengenal dan mencintai keberadaan produk lokal langkah selanjutnya ialah membantu untuk mempromosikan.

Melalui platform digital yang sedang gencar-gencarnya, melalui media sosial yang mudah untuk diakses oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun. 

Mempromosikan produk dalam negeri ini bisa menjadi ajang sebagai persaingan dengan produk luar negeri yang berarti bahwa kualitas dari produk dalam negeri juga baik bahkan lebih baik.

6. Tidak Mengikuti Budaya dalam Hal Gaya Hidup Barat

Banyak gaya hidup barat yang dianggap tidak sesuai dengan nilai dan kultur bagi indonesia. Sesuatu yang dilakukan melalui kesakralan namun pada westernisasi tidak harus. 

Meniru gaya hidup kebaratan dianggap nantinya tidak sesuai dengan kultur yang telah diterapkan di indonesia sehingga akan memunculkan sebuah statement yang negatif.

7. Mempunyai Keimanan yang Kuat Terutama dalam Hal Keagamaan

Dari kecil seharusnya diberikan ilmu terkait keimanan dalam hal keagamaan karena dengan hal tersebut ia akan mengetahui mana yang baik untuk ditiru dan mana yang buruk.

Sehingga tidak akan meniru. Suatu keimanan yang kokoh tidak akan mudah tergoyahkan dengan hal-hal yang sifatnya kebaratan. 

8. Melestarikan Kebudayaan Indonesia

Budaya di Indonesia ini banyak dan beragam lo sobat, hal-hal unik yang terdapat dalam kebudayaan Indonesia.

Sebagai generasi muda alangkah baiknya kita melestarikan kebudayaan di Indonesia dengan berbagai cara.

Nah itulah pembahasan dan ulasan tentang materi pembahasan diatas mengenai westernisasi yang ada di masyarakat.

Demikian pembahasan tentang Apa saja Cara Mengatasi Westernisasi di Indonesia yang terjadi dalam kehidupan sehari hari masyarakat ?

Mari simak pembahasan dan ulasan mengenai Cara Mengatasi Munculnya Gejala Westernisasi, Cara Solusi Mengatasi Westernisasi.

Penulis Artikel : Nadia Safitri

Sumber bacaan Sosiologi.info : 

Indonesia. 2016. “Ilmu Pengetahuan Sosial Edisi Revisi”. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !