-->

Kunci Jawaban PKN Kelas 11 SMA Halaman 172, 173 Uji Kompetensi BAB 5

Kunci Jawaban PKN Kelas 11 SMA Halaman 172, 173 Uji Kompetensi BAB 5.
Kunci Jawaban PKN Kelas 11 SMA Halaman 172, 173 Uji Kompetensi BAB 5

Sosiologi Info - Berikut ini pembahasan soal dan kunci jawaban PKN kelas 11 SMA, MA, SMK, MAK halaman 172, 173, uji kompetensi bab 5.

Sebagaimana dilansir dari buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Edisi Revisi 2017 untuk kelas 11 SMA, MA, SMK, MAK. 

Dengan kontributor naskah oleh Yusnawan Lubis dan Mohamad Sodeli. Adapun penyelia penerbitannya oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud RI, cetakan ke 2 tahun 2017. 

Adapun materi pembelajaran yang akan dibahas tepatnya di bagian BAB 5 Mewaspadai Ancaman Terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Kemudian pembahasan bagian materi bagian A. Menelaah Ancaman terhadap Integrasi nasional.

Selanjutnya, bagian B. Strategi mengatasi berbagai ancaman terhadap Ipoleksosbudhankam dalam membangun integrasi nasional.

Kemudian di bagian refleksi, rangkuman, penilaian diri, proyek kewarganegaraan, dan bagian uji kompetensi bab 5.

Pada kesempatan kali ini adik adik akan diajak untuk membahas soal pertanyaan di bagian uji kompetensi bab 5.

Yuk langsung saja simak pembahasan dan ulasan dari soal soal pertanyaan yang ada pada bagian uji kompetensi BAB 5 dibawah ini.

Kunci Jawaban PKN Kelas 11 SMA Halaman 172, 173 Uji Kompetensi BAB 5

Berikut pembahasan soal pertanyaannya dibawah ini, yaitu :

1. Jelaskan posisi silang Indonesia, baik dari aspek kewilayahan maupun aspek kehidupan sosial !

Jawabannya : 

Aspek kewilayahan. Negara Indonesia berada di tengah tengah dunia, serta dilewati oleh garis khatulistiwa. 

Selain itu, Indonesia juga diapit oleh dua benua, dan dua samudera yakni benua asia dan benua australia. Serta samudera hindia, dan samudera pasifik. 

Hal inilah yang menunjukkan bahwa dari aspek kewilayahannya Indonesia berada pada posisi silang yang sangat strategis. Kemudian, dari aspek sosial. 

Penduduk Indonesia berada diantara daerah yang berpenduduk padat di utara dan daerah berpenduduk jarang di selatan. 

Tidak hanya itu, pancasila sebagai ideologi juga terletak diantara komunisme di utara dan liberalisme di selatan.

2. Mengapa posisi silang Indonesia bukan hanya merupakan potensi yang harus disyukuri, tetapi juga merupakan tantangan sekaligus ancaman bagi integrasi nasional ?

Jawabannya : 

Karena akan memperkukuh keberadaan Indonesia sebagai sebuah negara. Dimana Indonesia memiliki peran penting dalam menunjang kemajuan serta terciptanya perdamaian dunia. 

Akan tetapi posisi silang ini juga akan menjadikan Indonesia sebagai negara yang tidak terbebas dari ancaman yang dapat memecah belah bangsa.

3. Jelaskan ancaman di bidang pertahanan dan keamanan yang paling mengancam integrasi nasional bangsa Indonesia pada saat ini ?

Jawabannya : 

Ancaman militer menjadi ancaman yang paling mengancam di bidang pertahan dan keamanan. Ancaman ini membahayakan kedaulatan negara dan keutuhan wilayah Indonesia. 

Ancaman militer dapat berupa agresi, pelanggaran batas wilayah, sabotase, dan ancaman keamanan laut serta udara.

4. Mengapa ideologi Pancasila tidak dapat dikatakan aman dari berbagai macam ancaman dalam pengimplementasian nilai nilainya di masyarakat !

Jawabannya : 

Karena pada saat ini kehidupan masyarakat Indonesia cenderung mengarah pada kehidupan ideologi yang liberal yang mana menekankan pada aspek kebebasan individual. 

Hal inilah yang disebabkan akibat adanya era globalisasi dan modernisasi yang mempengaruhi pikiran masyarakat untuk tertarik pada ideologi tersebut.

5. Dalam hidupmu selama ini tentu telah menghadapi persoalan yang memerlukan kewaspadaan agar dirimu dan orang lain selaras. 

Cobalah perhatikan situasi yang berkaitan dengan kewaspadaan di lingkungan sekolah dan masyarakat. 

Apa yang akan kamu lakukan apabila terjadi tawuran ? Kemukan pula perasaanmu sebagai seorang warga negara ketika menghadapi tawuran yang terjadi di sekolah atau kampungmu ?

Jawabannya : 

Memanggil pihak berwajib untuk mengamankan dan melerai masyarakat yang tawuran tersebut, serta langsung menyelesaikan permasalahan yang terjadi oleh aparat keamanan yang berwajib. 

Perasaan saya sangat sedih dan prihatik jika terjadi tawuran di masyarakat karena dapat memecah belah bangsa, persatuan dan kesatuan. 

Nah itulah jawaban dari pertanyaan soal pada bagian Uji Kompetensi BAB 5 untuk kelas 11 SMA, MA, SMK, MAK tersebut.

Demikian penjelasan dan pembahasan soal dan kunci jawaban PKN kelas 11 SMA, MA, SMK, MAK halaman 172, 173, uji kompetensi bab 5.

Sebagaimana dilansir dari buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Edisi Revisi 2017 untuk kelas 11 SMA, MA, SMK, MAK. 

Dengan kontributor naskah oleh Yusnawan Lubis dan Mohamad Sodeli. Adapun penyelia penerbitannya oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud RI, cetakan ke 2 tahun 2017. 

#Disclaimer :

1. Jawaban alternatif di atas hanya sebagai tambahan referensi untuk proses belajar saja

2. Tidak menjadi jawaban yang mutlak benar 100 persen

3. Silahkan adik adik mengeksplorasi jawaban alternatif lainnya yang relevan dengan soal pertanyaan tersebut. 

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !