-->

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 115, Ayo Berlatih

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 115, Ayo Berlatih
Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 115, Ayo Berlatih

Sosiologi Info – Berikut soal pembahasan Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 115, ayo berlatih, subtema 2 pembelajaran 4.  

Seperti dilansir dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan, edisi revisi 2017, cetakan kedua.

Dengan penulis oleh Maryanto, Fransiska, Heny Kusumawati, Diana Puspa dan Ari Subekti. Adapun penyelia penerbitan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Adik adik dalam materi pembelajaran di tema 7 ini terbagi atas tiga subtema, yaitu subtema 1, 2, dan 3. Pembahasan subtema 1 peristiwa kebangsaan masa penjajahan. 

Selanjutnya pembahasan di subtema 2 peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan. Kemudian bagian subtema 3 peristiwa mengisi kemerdekaan.

Itulah beberapa materi pembahasan di dalam Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan untuk siswa/siswi kelas 5 SD MI.

Namun pada kesempatan kali ini adik adik hanya akan memahami materi soal pada subtema 2 pembelajaran 4 saja.

Pembelajaran 4

Setelah peristiwa proklamasi kemerdekaan, ada pekerjaan sangat penting yang harus dikerjakan. Pekerjaan itu adalah pembentukan negara kesatuan Indonesia. 

Banyak peristiwa dalam proses terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Mari langsung saja simak pembahasan dan penjelasan jawaban alternatif di bawah ini dengan saksama ya adik-adik 

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 115, Ayo Berlatih, Subtema 2 Pembelajaran 4

Cari tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut ini ! 

1. Apakah tugas PPKI? 

Jawaban : 

Tugas utama dari PPKI adalah melanjutkan perjuangan kerja BPUPKI dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dan menyiapkan pemindahan kekuasaan dari tangan jepang ke Indonesia. 

Selain itu juga, PPKI memiliki tugas dalam mengesahkan rancangan undang-undang dasar yang sudah dibuat oleh BPUPKI. 

Hal ini direalisasikan pada saat sidang PPKI pertama, pada tanggal 18 Agustus 1945. Tujuan disahkannya UUD adalah sebagai landasan dan sebagai pedoman konstitusi negara. 

2. Apa hasil sidang PPKI pertama ? 

Jawaban : 

Hasil sidang PPKI yang pertama yaitu mengesahkan Undang – undang dasar 1945, menetapkan soekarno sebagai presiden pertama RI dan mohammad hatta sebagai wakil presiden pertama RI, dan juga membentuk komite nasional. 

PPKI sidang pertama setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia yaitu pada tanggal 18 agustus 1945. 

3. Apa tujuan pembentukan KNI? 

Jawaban : 

KNI adalah singkatan dari komite nasional Indonesia. KNI dibentuk pada tanggal 18 agustus 1945, bertepatan dengan sidang pertama PPKI. 

Adapun tujuan dibentuknya KNI adalah untuk membantu kemerdekaan Indonesia yang bekerja sama dengan tokoh-tokoh lainnya. 

Indonesia merdeka atas kerjasama banyak pihak. Untuk lebih jelasnya lagi, KNI ialah sebuah badan yang memiliki wewenang sebagai dewan perwakilan rakyat (DPR) sebelum dilakukannya pemilihan umum atau pemilu. 

4. Kapan BKR sebagai cikal bakal TNI dibentuk? 

Jawaban : 

BKR dibentuk pada tanggal 22 agustus 1945 sebagai cikal bakal TNI. BKR ini resmi dibentuk saat sidang PPKI yang ketiga dan diresmikan oleh soekarno pada tanggal 23 agustus 1945. 

Akan tetapi, sekarang BKR berubah nama menjadi Tentara Nasional Indonesia atau TNI. Berubah nama menjadi TNI mulai tanggal 3 juni 1947. 

Namun, sebelum menjadi TNI, dulu bernama TRI atau tentara rakyat Indonesia. Kenapa namanya selalu berubah-ubah?

Hal ini memiliki tujuan yaitu agar terhindar dari musuh yang memiliki kekuatan asing, karena tentara jepang saat itu masih ada di Indonesia, pihak sekutu juga masih ada. Sehingga kewaspadaan itu penting. 

5. Tuliskan 8 provinsi yang dibentuk sebagai hasil sidang PPKI pertama!

Jawaban : 

Sesuai dengan sidang keputusan sidang PPKI yang kedua yaitu tanggal 19 agustus 1945, terdapat 8 provinsi yang disahkan. 

Ada pun 8 provinsi ini diantaranya sumatra, jawa barat, jawa tengah, jawa timur, sunda, maluku, sulawesi dan Kalimantan. 

Untuk sidang PPKI yang pertama tidak menetapkan provinsi yang ada di Indonesia, akan tetapi hasil sidangnya berupa pengesahan undang – undang dasar 1945.

Penetapan ir soekarno dan mohammad hatta sebagai presiden dan wakil presiden serta membentuk komite nasional.  

Demikianlah pembahasan Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 5 SD MI Halaman 115, ayo berlatih, semoga bermanfaat ya adik-adik.

Seperti dilansir dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Tema 7 Peristiwa dalam Kehidupan, edisi revisi 2017, cetakan kedua.

Dengan penulis oleh Maryanto, Fransiska, Heny Kusumawati, Diana Puspa dan Ari Subekti. Adapun penyelia penerbitan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

#Disclaimer jawaban di atas: 

1. Kunci jawaban alternatif di atas tersebut tidaklah menjadi kunci jawaban yang mutlak benar 100 persen. 

2. Silahkan adik-adik menambah bacaan dan referensi yang relevan terkait dengan soal pertanyaan tersebut. 

3. Disarankan adik-adik agar dapat mencari jawaban yang relevan lainnya, agar bisa menambah wawasan dan paham akan materi pembelajaran. 

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !