-->

Jelaskan Hubungan antara Sosiologi dengan Fenomena Sosial

Jelaskan Hubungan antara Sosiologi dengan Fenomena Sosial

Jelaskan Hubungan antara Sosiologi dengan Fenomena Sosial pada artikel kali ini merupakan pembahasan yang berhubungan dengan masyarakat.

Selanjutnya pada bagian awal akan membahas tentang pemahaman sosiologi secara umum.

Misalnya pembahasan tentang pengertian sosiologi. Kemudian mengenai pengertian fenomena sosial. Selanjutnya baru membahas hubungan sosiologi dengan fenomena sosial di masyarakat.

Memahami Pengertian Sosiologi dan Fenomena Sosial

Sosiologi Info – Lebih lanjut pembahasan tahap awal pada artikel kali ini. Sobat akan di ajak untuk memahami pengertian sosiologi secara umum.

Memang cakupan pembahasan sosiologi di masyarakat sangat luas. Berbagai fenomena sosial dapat di jadikan bahan diskusi dan penelitian.

Sebelum sobat membahas berbagai gejala dan fenomena sosial menggunakan pendekatan sosiologi.

Lebih lanjut pahami dulu pengertian sosiologi secara umum dan beberapa tokoh berikut ini.

Pengertian Sosiologi

Selanjutnya, pengertian sosiologi Secara etimologis adalah berasal dari bahasa latin yaitu “socio” yang berarti kawan/masyarakat, dan “logos” yang berarti “ilmu” [1].

Sedangkan menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut. Menurut Aguste Comte sebagai orang yang mencetuskan konsep sosiologi pertama kali.

Bahwasanya sosiologi merupakan ilmu positif yang mempelajari berbagai gejala sosial dalam masyarakat dengan sangat berlandaskan pada logika ilmiah dan rasional [2].

Kemudian menurut Max Weber sosiologi ialah sebuah ilmu yang mempelajari pengaruh timbal balik.

Dan hubungan antara berbagai gejala sosial seperti gejala moral, gejala agama, gejala keluarga, dan gejala ekonomi) [2].

Serta menurut pitirim sorokin, Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan dan pengaruh timbal balik antar gejala-gejala social.

Misalnya, hubungan antara gejala ekonomi dengan agama, hubungan antara gejala hukum dengan ekonomi, dan sebagainya [1].

Setelah itu, sobat perlu memahami pengertian fenomena sosial yang terjadi di kehidupan masyarakat sehari-harinya.

Pengertian Fenomena Sosial

Adapun pengertian fenomena sosial secara harfiah berasal dari bahasa Yunani yakni kata “phainomenon” yang berarti adalah “apa yang kamu lihat.”.

Selanjutnya menurut KKBI ialah kejadian nyata yang dapat di lihat secara langsung melalui panca indra dan dapat di jelaskan dalam penelitian bersifat ilmiah.

Kemudian menurut Freddy Rangkuti merupakan segala fakta atau kejadian sosial yang terjadi secara langsung, bisa di lihat, dan di buktikan [3].

Serta menurut tokoh sosiologi Indonesia yaitu Soerjono Soekanto, fenomena sosial

Adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat yang membahayakan kehidupan kelompok social .

Selain itu Soerjono juga mendefinisikan fenomena sosial sebagai masalah sosial. Jadi, suatu kejadian bisa di sebut fenomena jika termasuk suatu masalah.

Lebih lanjut masalah yang di maksud adalah masalah yang memberi dampak negatif, terjadi berulang, dan bisa menyebar dengan sangat mudah.

Di jelaskan pula, fenomena sosial bisa berarti sebagai gejala-gejala atau peristiwa yang terjadi dan dapat di amati dalam kehidupan sosial.

Sehingga oleh Soerjono, fenomena sosial disebut juga dengan istilah gejala sosial dan masalah social [4].

Akhirnya, kedua pembahasan di atas tentang pengertian sosiologi dan fenomena sosial sudah sobat pahami.

Selanjutnya mari sama sama kita simak ulasan tentang hubungan sosiologi dengan fenomena sosial di bawah ini.

Jelaskan Hubungan Antara Sosiologi dengan Fenomena Sosial

Selanjutnya dalam memahami hubungan sosiologi dengan fenomena sosial. Misalnya di Indonesia sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwasanya terjadi beberapa fenomena sosial dalam kehidupan masyarakatnya

Seperti tingginya kriminalitas dan tindak kejahatan, kenakalan remaja, kemiskinan, kepadatan penduduk, pencurian budaya oleh negara lain, disorganisasi keluarga, korupsi, dan sebagainya [4].

Nah di sini lah keberadaan sosiologi sebagai ilmu kemasyarakatan yang rasional dan empiris dapat berperan untuk menganalis

Dan mempelajari fenomena fenomena sosial tersebut, dengan menjelaskan penyebab, proses, dan solusi permasalahan yang di timbulkan menggunakan teori teori rasionalnya [5].

Begitupun pada awal mulanya, ilmu sosiologi di gunakan oleh Auguste Comte, Emile Durkheim atau Max Weber

Faktar Fenomena Sosial

Oleh karena itu, untuk mempelajari fenomena sosial yang terjadi di masyarakat Eropa Barat dengan mengumpulkan fakta berbagai fenomena faktual tertentu dalam masyarakat tersebut.

Dengan sifatnya yang obyektif dan ilmiah, fenomena fenomena sosial tersebut dapat di pelajari melalui sosiologi [6].

Sehingga Sosiologi menjadi rekomendasi yang cocok di gunakan untuk menjelaskan berbagai fenomena sosial faktual dan objektif yang terjadi di Indonesia.

Sebagaimana yang tuturkan Teguh Hindarto SSos MTh, “Dalam kehidupan sosial kita bukan hanya menemui ketertiban sosial,

Namun juga akan menemui sejumlah fenomena sosial, gerak perubahan sosial serta berbagai persoalan sosial.

Baik ketertiban sosial, fenomena sosial, perubahan sosial, maupun persoalan-persoalan sosial menjadi obyek pengkajian salah satu ilmu sosial yaitu Sosiologi,” [7]

Kesimpulannya dari pembahasan Jelaskan Hubungan Antara Sosiologi dengan Fenomena Sosial pada artikel kali ini.

Lebih lanjut menjelaskan bahwa Hubungan keduanya erat di sebabkan karena fenomena sosial menjadi salah satu objek kajian dalam keilmuan sosiologi [8].

Penulis Kontributor Magang : Wila

Sumber Referensi :

[1] Kresnoadi, “Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli & Objek Kajiannya | Sosiologi Kelas 10,” Ruang Guru, 2023. https://www.ruangguru.com/blog/pengertian-sosiologi-dan-objek-studinya (di akses 29 Juli 2023).

[2] Aris, “Pengertian Sosiologi: Ruang Lingkup, Ciri-Ciri, hingga Teori,” Gramedia Literasi, 10 Februari 2022. https://gramedia.com/literasi/ilmu-sosiologi/ (di akses 29 Juli 2023).

[3] “Pengertian Fenomena Sosial, Macam, Dampak dan Contohnya,” DosenSosiologi.Com, 5 Juni 2023. https://dosensosiologi.com/pengertian-fenomena-sosial-dan-contohnya-di-masyarakat-lengkap/ (di akses 29 Juli 2023).

[4] Aris, “8 Contoh Fenomena Sosial, Pengertian Hingga Dampak-Nya!,” Gramedia Literasi, 12 September 2022. https://www.gramedia.com/literasi/contoh-fenomena-sosial/ (di akses 29 Juli 2023).

[5] B. Waluya, Sosiologi 1 : Menyelami Fenomena Sosial Di Masyarakat Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

[6] F. Siregar, “adakah hubungan sosiologi dengan gejala sosial? berikan penjelasan!,” Brainly.co.id. https://brainly.co.id/tugas/16835910 (di akses 29 Juli 2023).

[7]  “Ilmu Sosiologi Bisa Jelaskan Fenomena Sosial Dalam Masyarakat,” kebumenekspres.com. http://www.kebumenekspres.com/2018/03/ilmu-sosiologi-bisa-jelaskan-fenomena.html?m=1 (di akses 29 Juli 2023).

[8] R. T. Team, “jelaskan hubungan sosiologi dengan gejala sosial,” roboguru.ruangguru.com, 2020. https://roboguru.ruangguru.com/forum/jelaskan-hubungan-sosiologi-dengan-gejala-sosial_FRM-82GJEDGJ (di akses 29 Juli 2023).

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !