-->

Jika Kalian Seorang Kepala Daerah Kabupaten Tersebut, Program Apa yang Akan Kalian Prioritaskan ? Mengapa Memilih Program Tersebut ?

Jika Kalian Seorang Kepala Daerah Kabupaten Tersebut, Program Apa yang Akan Kalian Prioritaskan ? Mengapa Memilih Program Tersebut ?
Jika Kalian Seorang Kepala Daerah Kabupaten Tersebut, Program Apa yang Akan Kalian Prioritaskan ? Mengapa Memilih Program Tersebut ?

Sosiologi Info - Berikut pembahasan tentang Jika Kalian Seorang Kepala Daerah Kabupaten Tersebut, Program Apa yang Akan Kalian Prioritaskan ? Mengapa Memilih Program Tersebut ?

Inilah ulasan tentang soal dan Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 63 Kurikulum Merdeka. Yuk baca dengan seksama. 

Adapun soal pertanyaan dalam siswa aktif dalam mata pelajaran PPKN untuk kelas 8 SMP/MTs sederajat yaitu mengenai masalah yang dimiliki oleh suatu kabupaten.

Kemudian bagaimana cara mengatasi masalah tersebut ? Melansir dari buku pdf online mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Atau disingkat PPKN maupun disingkat PKN untuk siswa SMP Kelas VIII, ditulis oleh Muhammad Sapei, Trezadigjaya, dan Prayoga. 

Dengan penerbit oleh Pusat Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, cetakan pertama tahun 2021. 

Adik adik pelajar, dalam materi pembelajaran yang akan dibahas dalam pelajaran PPKN ini terbagi menjadi enam bab. 

Namun pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas soal soal pertanyaan yang ada pada bagian BAB III Tata Negara dan Pemerintahan. 

Adapun materi yang akan dipelajari dalam sub bab ini meliputi bagian A. Lembaga dan Penyelenggara Negara, bagian B. Sistem Pemerintahan.

Bagian C. Pemerintahan Daerah Provinsi,Kabupaten, dan Kota, dan bagian D. Pemerintahan Daerah Istimewa.

Selanjutnya, ada pembahasan untuk ringkasan materi, refleksi, tautan pengayaan dan uji kompetensi. Tujuan pembelajaran dalam BAB I ini meliputi : 

1. Peserta didik mampu menjelaskan serta memahami Lembaga penyelenggaraan negara yaitu legislatif, eksekutif dan juga yudikatif serta peran yang mereka lakukan dalam sistem pemerintahan

2. Peserta didik mampu mengetahui penerapan sistem presidensil konstitusional oleh Indonesia

3. Peserta didik mampu mengetahui segala bentuk tata negara serta pemerintahan termasuk mengenai urusan seperti urusan Pemerintahan Umum,Konkuren, dan Absolut

4. Peserta didik mampu membaca sejarah mengenai daerah istimewa yang masih eksis yang dinobatkan pada penjajahan Hindia Belanda

Nah itulah beberapa penjelasan penting tentang materi pembelajaran dan tujuan pembelajaran yang ada pada bagian BAB III Tata Negara dan Pemerintahan. 

Selanjutnya mari kita simak soal pertanyaan yang ada di bagian BAB III dibawah berikut ini. Baca dengan saksama ya adik adik. 

Jika Kalian Seorang Kepala Daerah Kabupaten Tersebut, Program Apa yang Akan Kalian Prioritaskan ? Mengapa Memilih Program Tersebut ?

Berikut soal dan jawabannya, yaitu : 

Siswa Aktif

Sebuah kabupaten memiliki masalah rendahnya mutu pendidikan. Banyak lulusan SMA di kabupaten tersebut yang kalah bersaing untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri di kota. 

Sementara, pada sisi lain kabupaten tersebut juga memiliki masalah rendahnya layanan kesehatan ibu dan anak. 

Hanya sedikit desa dan kelurahan yang memiliki layanan posyandu. Jika kalian seorang kepala daerah kabupaten tersebut, program apa yang akan kalian prioritaskan? 

Mengapa memilih program tersebut? Buatlah jawabanmu dalam bentuk rekaman video atau Bila tidak memungkinkan, buatlah dalam bentuk tulisan opini. Kemudian, tempelkan pada mading sekolah.

Jawabannya :

Jika ditanya seputar permasalahan diatas dan memposisikan kita sebagai kepala desa. 

Hal yang harus diprioritaskan ialah akar dari mengapa bisa sumber daya manusia yang dimiliki oleh kabupaten tersebut tidak dapat bersaing pada perguruan tinggi kota. 

Tentunya pada seputar kesehatan yang memiliki keseluruhan pokok permasalahan seperti kekurangan gizi,vitamin, dan lain sebagainya.

Sehingga menghambat pertumbuhan anak dari segi kecerdasan, fisik dan lain sebagainya. Jika dilihat secara seksama kedua permasalahan tersebut.

Termasuk urusan pemerintah konkuren yang sifatnya wajib dan merupakan layanan dasar yang harus difasilitasi kepada masyarakat. 

Permasalahan mengenai kesehatan tersebut menjadi urgensi penting yakni memiliki tujuan agar terciptanya kemampuan hidup sehat yang dimiliki keluarga terutama ibu dan anak.

Selain itu bisa mencapai peningkatan derajat kesehatan yang optimal serta mencapai keluarga yang sejahtera. 

Selain daripada itu keuntungan yang akan didapat pula tentunya peningkatan derajat kesehatan anak untuk bisa menjamin proses tumbuh kembang yang lebih optimal. 

Ibu merupakan salah satu tumpuan dalam proses kesehatan anak, peningkatan kemampuan akan pengetahuan,perilaku dan juga sikap dalam mengatasi diri sendiri,anak.

Bahkan keluarga lainnya dibutuhkan untuk bisa menjadi perantara terjaminnya keluarga sejahtera.

Bahkan dapat diandalkan dalam penggunaan teknologi tepat guna dalam memajukan pengetahuan akan kesehatan. 

Pengetahuan akan hidup sehat oleh seorang ibu sangat berpengaruh terhadap kebutuhan hidup harian anak.

Misalnya pola makan yang sehat,pemenuhan waktu tidur yang ideal,menghindari zat-zat berbahaya harian seperti asap rokok, menjaga kebersihan diri.

Serta lingkungan dan masih banyak lagi lainnya. Karena pada dasarnya orang tua terutama ibu merupakan sarana perlindungan,perhatian, dan kasih sayang yang berharga pada anak. 

Kesehatan seorang ibu sangat penting meski dalam realitanya terlihat merupakan suatu bagian yang kecil. 

Seorang ibu sehat akan menjadikan anak tumbuh dengan sehat pula baik dalam segi pola pikir bahkan fisik sekalipun. 

Sebagai kepala desa sendiri, alur dalam menciptakan lingkungan yang sadar akan pentingnya kesehatan ibu.

Dan anak memerlukan effort yang lebih maka perlu diberikan beberapa kegiatan penunjang untuk bisa mencapai tujuan yang diinginkan misalnya mengadakan sosialisasi.

Serta praktik yang langsung menerjunkan ibu dan anak agar bisa berlatih dan belajar secara langsung, dilakukannya kegiatan-kegiatan tersebut.

Secara rutin mampu menanamkan pikiran yang lebih sehat dan diperlukan oleh pemenuhan materi mengenai kesehatan ibu dan anak. 

Selain itu permasalahan selanjutnya ialah persaingan pendidikan yang sulit dijangkau akan dengan sendirinya mengikuti arus yang telah diperbaiki oleh akarnya.

Walaupun memerlukan waktu yang lumayan lama tetapi cara tersebut dirasa cukup efektif dalam memperbaiki generasi berikutnya. 

Nah itulah jawaban dari soal pertanyaan di atas materi belajar pada bab 3 Tata Negara dan Pemerintahan mengenai Sistem Pemerintahan Parlementer di Indonesia.

Demikianlah ulasan untuk soal Jika Kalian Seorang Kepala Daerah Kabupaten Tersebut, Program Apa yang Akan Kalian Prioritaskan ? Mengapa Memilih Program Tersebut ?

Itulah tadi ulasan tentang Kunci Jawaban PKN Kelas 8 Halaman 63 Kurikulum Merdeka. Semoga dapat membantu ya adik adik. 

Melansir dari buku pelajaran online Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk kelas 8 SMP/MTs. Dengan penulis naskah oleh Muhammad Sapei, Trezadigjaya, dan Prayogo. 

Diterbitkan oleh penerbit Pusat Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, cetakan pertama 2021.

#Disclaimer untuk jawaban di atas

1. Kunci jawaban dari soal pertanyaan yang disajikan di atas tidaklah menjadi jawaban yang mutlak benar 100 persen.

2. Kunci jawaban alternatif diatas hanyalah sebagai bahan bacaan dan referensi untuk adik adik gunakan dalam proses belajar.

3. Silahkan adik adik menambah rujukan jawaban dari soal pertanyaan tersebut, serta untuk orang tua dapat mendampingi anaknya jika mengerjakan soal tersebut di rumah.

4. Tim redaksi tidak bertanggung jawab jika ada kesalahan dalam jawaban yang disuguhkan di atas, silahkan adik adik gunakan sebagai bahan bacaan saja ya. 

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !