-->

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 53

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 53 Pertanyaan Pemantik

Berikut ini Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 53 Pertanyaan Pemantik tentang Kisah Lama yang Turun Temurun.

Apalagi cocok untuk teman teman yang sedang mencari bahan bacaan tambahan dalam proses belajar mengenai jawaban alternatif soal tersebut.

Sebelum membaca jawaban alternatif di bawah ini, sebaiknya menyimak dulu apa saja materi pembelajaran di buku Bahasa Indonesia kelas 10 ini.

Sosiologi Info – Adapun artikel kali ini memuat materi pembelajaran di bagian BAB 3 buku pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 Kurikulum Merdeka.

Lebih lanjut Artikel ini merujuk pada buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia kurikulum Merdeka bagi Kelas X jenjang SMA sederajat, cetakan pertama tahun 2021.

Selanjutnya buku tersebut merupakan karya tulisan Fadillah Tri Aulia dan Sefi Indra Gumilar yang di terbitkan oleh Puskurbuk, Balitbang, Kemendikbudristek.

Sedangkan untuk mudah memahami soal pada Pertanyaan Pemantik, sebaiknya kalian pahami dahulu isi materi pembelajaran di Bab 3 berikut ini ?

Materi Pembelajaran Bab 3

Adapun materi pembelajaran Bab 1 adalah tentang Menyusuri Nilai Dalam Cerita Lintas Zaman yang memuat delapan sub-bab.

Dimana sub-bab (A) mengidentifikasi Ide dan Makna Kata dalam Hikayat. dan sub-bab (B) Membandingkan Karakterisasi dan Plot pada Hikayat dan Cerpen,

kemudian sub-bab (C) Menggunakan Kaidah Bahasa dalam Hikayat dan Cerpen dan sub-bab (D) Menulis Cerpen Berdasarkan Nilai dalam Hikayat.

Selanjutnya sub-bab (E) Membuat Media Presentasi Berupa Video Gerak Henti, dan sub-bab (F) Mempresentasikan Cerita Pendek dengan Media yang Tepat.

Selain itu pada bab ini juga terdapat Jurnal Membaca pada sub-bab (G), Refleksi pada sub-bab (F) dan Pertanyaan Pemantik.

Sedangkan pada artikel ini hanya akan membahas soal pada bagian Pertanyaan Pemantik Halaman 53 tentang Kisah Lama yang Turun Temurun.

Namun sebelum membaca alternatif jawaban berikut, ingat bahwa sebaiknya teman teman terlebih dahulu menjawab pertanyaan tersebut dengan kemampuan sendiri.

Kemudian barulah teman teman dapat menyandingkan jawaban teman teman dan jawaban di bawah ini sebagai pembanding.

Oke teman teman langsung saja simak alternatif jawaban untuk soal Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 53 Pertanyaan Pemantik,

Sebagaimana yang sudah kami sediakan berikut ini sebagai referensi. Yuk, lihat dan baca dengan seksama ya!

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 53 Pertanyaan Pemantik

Selanjutnya inilah soal dan jawabannya di bawah ini, yaitu :

1. Apakah di daerah kalian terdapat kisah lama yang di sampaikan secara turun-temurun?

Jawaban:

Ya, di daerah saya terdapat kisah lama yang di sampaikan secara turun-temurun yaitu tentang candi prambanan.

2. Apakah seluruh kisah tersebut masuk akal?

Jawaban:

Tidak, karena kejadian seorang pemuda (dalam kisah ini Bandung Bondowoso) yang bisa membangun seribu candi hanya dalam satu malam,

Serta kutukan manusia menjadi batu (dalam kisah ini Roro Jonggrang) susah di terima oleh akal.

3. Bandingkanlah kisah yang kalian miliki dengan kisah temanmu! Apa saja persamaan dan perbedaan antara kisah tersebut?

Jawaban:

Kisah yang aku miliki tentang candi Prambanan sedangkan kisah temanku tentang Panji Semirang, tentunya kedua kisah tersebut memiliki persamaan dan perbedaan.

Adapun perbedaannya pada: (1) Tema cerita. kisah Panji Semirang bertema tentang perjodohan putri dan pangeran 2 kerajaaan, dan kejahatan selir raja.

Sedangkan kisah candi Prambanan bertema tentang peperangan dua kerajaan, pembangunan seribu candi, dan putri yang di kutuk menjadi batu.

Kemudian (2) tokoh-tokoh yang terlibat. kisah candi prambanan tokohnya adalah Roro Jonggrang, Prabu Baka, Bandung Bondowoso, dan Prabu Damar Madya.

Sedangkan kisah Panji Semirang tokohnya adalah Raja Daha, Galuh Candra Kirana, Paduka Liku, Galuh Ajeng, Raden Inu Kertapati, dan Raja Kahuripan.

Serta (3) Latar tempat terjadinya cerita. Kisah candi prambanan berlatar di kerajaan pengging, kerajaan baka dan candi Prambanan, Sedangkan kisah Panji Semirang berlatar di kerajaan Daha dan kerajaan Kahuripan.

Dan persamaannya adalah sama sama cerita asal daerah Jawa namun keduanya tidak diketahui sumber dan tahun peristiwanya dengan jelas.

Jadi itulah teman teman Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 53 Pertanyaan Pemantik Kurikulum Merdeka. Semoga bisa membantu ya.

Lebih lanjut artikel ini merujuk pada buku mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk murid jenjang SMA sederajat Kelas X.

Serta merupakan buku cetakan pertama tahun 2021 tulisan Fadillah Tri Aulia dan Sefi Indra Gumilar yang di terbitkan Puskurbuk, Balitbang, Kemendikbud.

Namun perlu teman teman ingat lagi, bahwasanya jawaban alternatif di atas bukanlah kunci jawaban pertanyaan yang benar sempurna 100%.

Jadi kami harapkan untuk teman teman menambahkan kembali referensi lain yang relevan juga ya!.

Penulis Kontributor Magang : Wila

#Disclaimer atas kunci jawaban alternatif di atas:

  1. Kunci jawaban alternatif untuk pertanyaan yang penulis tawarkan di atas tidak terdapat jaminan benar mutlak secara 100%.
  2. Selanjutnya, Penulis tidak bertanggung jawab atas kesalahan apa pun dalam jawaban yang diberikan di atas.
  3. Maka dari itu, silahkan teman teman gunakan hanya sebagai bahan bacaan dan referensi selama proses pembelajaran.
  4. Terakhir, tambahkan referensi jawaban lain dari soal soal tersebut dan mintalah orang tua teman teman untuk ikut mendampingi saat mengerjakannya.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !