-->

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 30 Tabel 2.1

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 30 Tabel 2.1 Identifikasi Teks Anekdot Kurikulum Merdeka

Inilah Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 30 Tabel 2.1 Identifikasi Teks Anekdot Kurikulum Merdeka.

Mari langsung saja baca dengan saksama ulasan dan pembahasan soal pertanyaan tersebut di bawah ini.

Sosiologi Info – Artikel kali ini adik-adik di ajak untuk memahami soal pertanyaan yang ada di buku pelajaran Bahasa Indonesia kelas 10 SMA sederajat.

Sebagaimana melansir dari buku pdf online mata pelajaran Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA / SMK Kelas X.

Adapun penulis naskah dalam buku ini yaitu Fadillah Tri Aulia, dan Sefi Indra Gumilar. Dengan penyelia penerbitan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Dengan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, cetakan pertama 2021.

Sebelum adik adik membaca jawaban dari soal soal pertanyaan yang ada di buku pelajaran kelas 10 tersebut. Mari simak dulu sekilas tentang materi ajarnya, sehingga adik-adik mempunyai dasar pemahaman.

Memahami Materi Ajar

Adik adik peserta didik dalam materi pembelajaran di kelas 10 SMA SMK mata pelajaran Bahasa Indonesia ini.

Terbagi menjadi enam bab materi ajar yang akan adik adik pelajari. Mulai dari bab 1 hingga bab 6, yang akan di sesuaikan pada setiap semesternya.

Namun, pada kesempatan kali ini adik adik hanya akan membaca ulasan ulasan soal pertanyaan yang ada di bagian BAB 2 saja.

Di mana pada materi di BAB 2 Mengungkapkan Kritik Lewat Senyuman, yang terbagi menjadi beberapa sub bagian materi.

Mulai bagian A. Mengidentifikasi Pesan Pada Teks Monolog yang Mengandung Kritik Sosial, B. Menilai Akurasi Kritik Sosial yang Disampaikan.

Selanjutnya, pada bagian C. Menggunakan Kaidah Bahasa untuk Menyampaikan Kritik, bagian D. Menulis Teks Eksposisi Hasil Penelitian Sederhana Sebagai Bahan untuk Menyampaikan Kritik Sosial.

Kemudian, bagian E. Menyajikan Komik Potongan (Comic Strip), bagian F.Menampilkan Lawakan Tunggal secara Santun, bagian G. Jurnal Membaca, dan bagian H. Refleksi.

Nah itulah beberapa materi pembahasan yang akan di jawab soal soal pertanyaannya untuk menjadi tambahan referensi adik adik dalam proses belajar.

Adik adik akan di ajak untuk memahami soal pertanyaan dan menjawabnya. Di sarankan agar anda menjawab dulu soal pertanyaan yang ada di bawah ini.

Setelah menjawab dengan kemampuan sendiri, barulah adik adik menyandingkan dengan jawaban alternatif yang di sajikan di bawah ini.

Mari langsung saja simak ulasan dan pembahasan untuk soal pertanyaan yang ada di dalam buku pelajaran kelas 10 Bahasa Indonesia ini.

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 30 Tabel 2.1 Identifikasi Teks Anekdot Kurikulum Merdeka

Adapun soal dan jawabannya, yaitu :

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 30 Tabel 2.1 Identifikasi Teks Anekdot Kurikulum Merdeka

1. Apakah pesan dalam teks tersampaikan dengan jelas?

Jawabannya :

Kurang jelas, alasannya karena cerita tersebut lebih fokus pada cerita humor untuk menghibur daripada menyampaikan pesan sosial yang mendalam. Namun, pesan tetap dapat tersampaikan kepada pembaca.

2. Apakah masalah sosial yang di angkat relevan dengan kehidupan masyarakat?

Jawabannya :

Sangat relevan dengan beberapa aspek dalam masyarakat. Masalah ekonomi yang menyebabkan ketidakmampuan keluarganya untuk merasakan liburan.

Kesenjangan gender yang terkadang mengikat perempuan untuk memilih pekerjaan sesuai minatnya. Ketidakadilan kesempatan anak yang ingin merasakan sesuatu, seperti anak pada umumnya.

3. Hal apa yang perlu di tambahkan agar teks ini dapat lebih baik dalam menyampaikan pesan sosial?

Jawabannya :

Pertama, dapat menyediakan konteks yang jelas dan rinci terhadap latar belakang masalah yang dialami oleh pekerja kuli.

Selanjutnya, menjelaskan bagaimana ketimpangan ekonomi dapat mempengaruhi kesempatan dan kualitas hidup masyarakat.

Ketiga, memberikan solusi atas masalah sosial tersebut. Melakukan analisis lebih dalam terkait isu-isu sosial yang lebih luas.

Kemudian, menyampaikan pesan dengan bahasa yang memperkuat empati terhadap seseorang yang mengalami masalah tersebut.

Nah itulah pembahasan dari soal pertanyaan yang ada di buku pelajaran Bahasa Indonesia kelas X SMA/SMK tersebut.

Demikianlah ulasan tentang Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 30 Tabel 2.1 Identifikasi Teks Anekdot Kurikulum Merdeka.

Melansir dari buku pdf online mata pelajaran Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA / SMK Kelas X.

Adapun penulis naskah dalam buku ini yaitu Fadillah Tri Aulia, dan Sefi Indra Gumilar. Dengan penyelia penerbitan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Dengan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, cetakan pertama 2021.

Perlu di ingatkan ya adik adik. Bahwa jawaban alternatif di atas tidaklah menjadi kunci jawaban yang mutlak benar 100 persen. Silahkan adik adik menambah rujukan yang relevan lainnya.

Penulis Kontributor Magang : Khonsa

#Disclaimer untuk jawaban di atas

  1. Kunci jawaban dari soal pertanyaan yang di sajikan di atas tidaklah menjadi jawaban yang mutlak benar 100 persen.
  2. Kunci jawaban alternatif diatas hanyalah sebagai bahan bacaan dan referensi untuk adik adik gunakan dalam proses belajar.
  3. Silahkan adik adik menambah rujukan jawaban dari soal pertanyaan tersebut, serta untuk orang tua dapat mendampingi anaknya jika mengerjakan soal tersebut di rumah.
  4. Tim redaksi tidak bertanggung jawab jika ada kesalahan dalam jawaban yang di suguhkan di atas, silahkan adik adik gunakan sebagai bahan bacaan saja ya.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !