-->

Jelaskan Perbedaan Struktur Jaringan dari Kedua Batang Tersebut

Jelaskan Perbedaan Struktur Jaringan dari Kedua Batang Tersebut
Jelaskan Perbedaan Struktur Jaringan dari Kedua Batang Tersebut

Berikut ini pembahasan soal Jelaskan Perbedaan Struktur Jaringan dari Kedua Batang Kacang Tanah dan Jagung Tersebut !

Selanjutnya soal pertanyaan tersebut merupakan kunci jawaban IPA kelas 8 halaman 152 uji kompetensi untuk semester 1 pada bagian B.

Sosiologi Info – Kemudian melansir dari buku pdf Ilmu Pengetahuan Alam edisi revisi 2017 kurikulum 2013 untuk pelajar SMP/MTs kelas VIII.

Lebih lanjut buku ini di tulis oleh Siti Zubaidah, dkk. Kemudian untuk penelia penerbitan oleh pusat kurikulum dan perbukuan, balitbang, kemendikbud cetakan ke 2.

Materi Ajar

Selanjutnya adapun materi pembelajaran yang ada pada semester 1 ini terdiri dari enam bab.

Pertama pada materi BAB 1 gerak benda dan makhluk hidup du lingkungan sekitar, BAB 2 usaha dan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya BAB 3 Struktur dan fungsi tumbuhan, BAB 4 sistem pencernaan manusia, pada BAB 5 zat aditif dan zat aditif, dan BAB 6 sistem peredaran darah manusia.

Kemudian berikut ini pembahasan untuk soal pertanyaan yang dapat adik adik jadikan referensi, yuk baca.

Berdasarkan hasil pengamatan kamu pada saat mengamati struktur anatomi batang pada kacang tanah dan jagung, jawablah pertanyaan berikut.

Jelaskan Perbedaan Struktur Jaringan dari Kedua Batang Tersebut !

Lebih lanjut berikut jawabannya :

Pertama, morfologi batang kacang tanah yakni batang berkayu, bercabang. Kemudian mempunyai kambium, susunan xilem dan floem tertatur dalam lingkaran.

Sedangkan pada morfologi batang jagung yakni batang tidak berkayu dan tidak bercabang.

Kemudian tidak mempunyai kambium. Selanjutnya susunan xilem dan floem tidak beraturan tersebar.

Pembahan Batang Kacang Tanah

Pertama, mari kita bahas tentang batang kacang tanah. Lebih lanjut batang kacang tanah memiliki struktur anatomi yang terdiri dari berbagai jenis jaringan.

Kemudian pada bagian luar, terdapat epidermis yang melindungi batang dan memiliki stomata untuk pertukaran gas.

Selanjutnya di bawah epidermis, terdapat jaringan kolenkima yang memberikan dukungan mekanis pada batang.

Kemudian, terdapat korteks yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara nutrisi pada bagian dalam batang kacang tanah.

Lebih lanjut terdapat pembuluh angkut xilem dan floem. Xilem memiliki tanggung jawab untuk mengangkut air dan mineral dari akar ke daun dan bagian-bagian atas tanaman.

Sementara itu, floem mengangkut hasil fotosintesis dan nutrisi lainnya dari daun ke bagian lain tanaman.

Penting untuk di catat bahwa pembuluh angkut xilem dan floem ini terpisah, tidak terintegrasi dalam satu struktur yang sama.

Pembahasan Batang Jagung

Sekarang, beralih ke struktur batang jagung. Batang jagung memiliki perbedaan dalam hal struktur pembuluh angkutnya.

Batang jagung memiliki pembuluh angkut yang terintegrasi, artinya xilem dan floem berada dalam satu bundel yang disebut “sarkofagus”.

Ini berarti bahwa xilem dan floem ada di sekitar jaringan yang sama, dan ini bisa membantu dalam efisiensi transportasi nutrisi dan air di dalam tanaman.

Selain perbedaan dalam struktur pembuluh angkut, perbedaan lain yang mencolok adalah jumlah dan distribusi jaringan kolenkima.

Pada batang jagung, jaringan kolenkima cenderung lebih dominan dan tersebar secara merata di sepanjang batang.

Ini memberikan dukungan mekanis yang lebih baik pada batang jagung, yang dapat tumbuh cukup tinggi.

Secara keseluruhan, perbedaan struktur anatomi batang kacang tanah dan jagung memberikan gambaran tentang adaptasi masing-masing tanaman terhadap lingkungannya.

Batang kacang tanah memiliki pembuluh angkut yang terpisah dan mungkin lebih cocok untuk lingkungan yang memerlukan regulasi khusus dalam pengangkutan nutrisi.

Sementara itu, batang jagung dengan pembuluh angkut terintegrasi dan jaringan kolenkima yang lebih kuat. Sehingga akan mungkin lebih cocok untuk pertumbuhan tinggi dan dukungan mekanis yang lebih besar.

Akhirnya itulah pembahasan untuk soal pertanyaan tentang Jelaskan Perbedaan Struktur Jaringan dari Kedua Batang Tersebut !

Seperti di ketahui bahwa pembahasan di atas adalah kunci jawaban IPA kelas 8 halaman 152 uji kompetensi untuk semester 1 pada bagian B.

Kemudian perlu di ingat ya adik adik, bahwa jawaban alternatif di atas tersebut tidaklah menjadi kunci jawaban yang mutlak benar 100 persen.

Selanjutnya adik adik dapat menambah referensi bacaan yang lain sebagai bahan perbandingan dari jawaban tersebut.

Sehingga adik adik mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif lagi dari soal pertanyaan yang di kerjakan tersebut.

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !