-->

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 145 Lembar Aktivitas 1

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 145 Lembar Aktivitas 1 Kurikulum Merdeka.
Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 145 Lembar Aktivitas 1

Berikut ini adalah pembahasan Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 145 Lembar Aktivitas 1 aktivitas kelompok. 

Lembar Aktivitas 1

Kamu dapat berdiskusi dengan teman sebangkumu untuk mengerjakan aktivitas di bawah ini. 

> Bagaimana kondisi geografis Indonesia ? 

Jawabannya : 

Jika kita lihat secara geografis maka Indonesia berada di antara dua benua dan dua samudera. Meliputi Benua Asia dan Australia.

Kemudian Samudera Hindia dan Pasifik. Selanjutnya Indonesia berada dalam wilayah tropis. Dengan lintang 23,50 LU dan 23,50 LS.

> Setelah mengetahui bahwa kondisi geografis Indonesia merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi proses penjelajahan samudra, carilah informasi dari buku atau internet tentang pengaruh letak geografis Indonesia.

Jawabannya : 

Dengan letak Indonesia yang strategis membuat Indonesia menjadi jalur perdagangan dunia. Sehingga dapat sangat menguntungkan bagi Indonesia sendiri. Karena dapat meningkatkan perekonomian negara.

> Jelaskan pengaruh kondisi geografis Indonesia sehingga berpengaruh pada penjelajahan samudra. Letak geografis memberi pengaruh bagi Indonesia, baik secara sosial, ekonomi, maupun budaya. 

Jawabannya :  

Dengan letak yang sangat strategis membuat jalur perdagangan melintas dan banyak pedagang eropa, timur tengah, dan negara negara luar masuk ke Indonesia.

Hal ini tentunya memberikan pengaruh pada sosial, ekonomi,dan budaya masyarakat setempat. Berikut penjelasannya :

Pengaruh Sosial

Terbentuknya beragam mata pencaharian masyarakat dan interaksi yang terjadi antara masyarakat lokal dan pendatang khususnya para pedagang dari negara luar. 

Maka akan memberikan keberagaman pilihan pekerjaan dan mata pencaharian warga setempat. Misalnya ada yang bekerja sebagai petani, nelayan, dan lainnya.

Pengaruh Ekonomi

Masuknya bangsa eropa, negara China, India, dan negara timur tengah lainnya ke Indonesia akan memberikan dampak pada beragamnya pekerjaan di masyarakat.

Hal ini tentunya akan meningkatkan perekonomian negara, karena selalu adanya perputaran uang yang dilakukan oleh masyarakat. 

Pengaruh Budaya

Tentunya dengan masuknya berbagai perdagangan dunia ke jalur Indonesia, akan memberikan berbagai masuknya budaya budaya tertentu.

Yang itu nantinya di adopsi oleh masyarakat atau bahkan digunakan dalam kehidupan sehari hari. Bisa juga melalui akulturasi budaya antara Indonesia dan negara luar. 

Demikianlah pembahasan tentang Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 145 Lembar Aktivitas 1 aktivitas kelompok. 

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !