-->

Sosialiasi Pentingnya Pembatasan Gadget Sebagai Cara Meningkatkan Kemampuan Baca, Tulis, Hitung

Sosialiasi Pentingnya Pembatasan Gadget Sebagai Cara Meningkatkan Kemampuan Baca, Tulis, Hitung
Sosialiasi Pentingnya Pembatasan Gadget Sebagai Cara Meningkatkan Kemampuan Baca, Tulis, Hitung

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang merupakan suatu agenda yang wajib dilakukan.

Khususnya bagi semua mahasiswa yang sedang aktif di universitas tersebut. Kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi mahasiswa kepada masyarakat. 

Kegiatan pengabdian ini dilakukan oleh  kelompok 21 gelombang 6 pada tanggal 19 januari 2024 PMM ini menjadi sarana bagi para mahasiswa untuk menyalurkan berbagai kegiatan positif kepada masyarakat. 

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Anggota kelompok tersebut terdiri dari M. Izza Nur Rahman, Dewi Himmatul Azizah, Liska Ambarwati, Giza aviv, dan Diah Ayu Ika.

Anggota kelompok berasal dari program studi sosiologi Universitas Muhammadiyah Malang serta dibimbing oleh Bapak M. Aan Sugiharto. M. Sosio,  selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Menurut wali kelas 1 bu luluk rahayu S.Pd, selama ini siswa - siswi kelas 1 SDN Tegalgondo memiliki sedikit permasalahan dalam belajar tentang calistung. 

Dikarenakan siswa siswi kelas 1 ini kebanyakan bermain gadget yang tidak memperhatikan batas dan diluar jangkauan orang tua. 

Padahal gadget sangat berbahaya bagi anak kecil karena dapat memberikan dampak negatif yang didapatkan dari bermain gadget tersebut. 

Melihat permasalahan tersebut kepompok pmm gelombang 06 kelompok 21 membuat program kerja berupa SOSIALISASI PENTINGNYA PEMBATASAN PENGGUNAAN GADGET DALAM MENINGKATAN KEMAMPUAN CALISTUNG.

Kelompok kami mengundang wali murid kelas 1 beserta ibu pkk desa tegalgondo dan juga bapak ibu guru SDN Tegal gondo. 

Harapannya agar para orang tua dapat memberikan batasan dan pengawasan kepada anak” agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan. 

Orang tua juga dapat menggantikan bermain gadget dengan yang lain seperti lebih berkomunikasi tentang hari ini.

Ataupun gadget disetting hanya digunakan untuk anak” saja seperti yt kids, game belajar seperti mewarna menggunakan suara dg bhs inggris.

Gadget adalah sebuah benda (alat atau barang elektronik) teknologi kecil yang memilki fungsi khusus, tetapi sering disesuaikan sebagai inovasi atau barang baru. 

Teknologi semakin maju sesuai dengan perkembangan zaman, gadget merupakan salah satu alat teknologi yang banyak diminati bahkan zaman sekarang bayi yang baru lahir sudah disandingkan dengan gadget. 

Tetapi tidak semua orang paham dengan penggunaan gadget, terdapat beberapa orang tua yang membiarkan anaknya bermain gadget.

Tanpa batasan yang menyebabkan anak tidak mau belajar, sebenarnya jika gadget digunakan dengan baik.

Maka akan sangat bermanfaat bagi semua orang terutama orang tua yang anaknya sedang membutuhkan sarana belajar mandiri dirumah. 

Ketika sosialisasi dilaksanakan para orang tua aktif sekali bertanya bahkan hampir semua orang tua menanyakan Solusi yang ampuh untuk membatasi bermain gadget sehari – harinya. 

Pertanyaan para orang tua hampir sama yaitu “ bagaimana si mbak Solusi yang ampuh untuk membatasi bermain hp “ kami menjawab dengan ibu – ibu juga perlu diketahui Ketika membatasi hp kepada anak.

Anda juga jangan bermain hp didepan anak anak agar anak tersebut tidak meminta bermain hp, atau boleh bermain hp tetapi dibuat untuk belajar seperti youtube diganti dengan youtube kids. 

Youtube kids sangat penting diberikan kepada anak sejak dini karena isi dari youtube tersebut tentang anak – anak semua tidak ada sama sekali konten dewasa. 

Itu lebih aman jika hp diberikan kepada anak- anak. Tetapi juga harus dalam pengawasan orang tua juga. 

Kelompok kami sangat senang karena dengan sosialisasi ini ibu – ibu sangat aktif dan semangat untuk lebih merubah cara hidup anak – anaknya yang lebih baik kedepannya. 

Kami juga berharap orang tua selalu mengawasi kegiatan anak – anaknya setiap harinya. Semoga sosialisasi ini memberikan banyak manfaat buat semua orang.  

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !