-->

Sebutkan Tujuan Adanya Pengendalian Sosial ?

Sebutkan Tujuan Adanya Pengendalian Sosial ?

Sebutkan Tujuan Adanya Pengendalian Sosial ? 

Jawabannya : 

Ada beberapa tujuan pengendalian sosial di lingkungan masyarakat, yaitu sebagai berikut : 

1. Menjaga Kestabilan Sosial

Pertama tujuan dari pengendalian sosial adalah untuk menjaga kestabilan sosial di masyarakat. Misalnya kestabilan dalam hal keamanan, kenyamanan, dan lainnya.

Apabila telah terjadi pengendalian dalam hal kestabilan sosial, maka kehidupan masyarakat akan tertata, tertib dan tidak ada keributan.

2. Menjaga Ketertiban Sosial

Ketika kestabilan sudah terlaksana dengan baik, maka pengendalian sosial juga akan memberikan dampak pada ketertiban sosial di masyarakat.

Hal itu terjadi karena kesadaran masyarakat akan menjalankan norma, nilai, dan peraturan yang sudah disepakati secara bersama-sama. 

3. Menjegah Terjadinya Penyimpangan Sosial

Selanjutnya, apabila masyarakat sudah memahami akan norma-norma yang berlaku, maka kemungkinan terjadinya penyimpangan sosial minim terjadi.

Karena atas kesadaran bersama, masyarakat tidak melakukan penyimpangan, misalnya ketika sudah disepakati untuk ronda malam di pos jaga.

Dengan dibuatkan jadwal piket atau jadwal jaganya, maka warga setempat tidak akan melanggar atau menyimpang dengan tidak ikut jaga pos ronda tersebut. 

4. Menegakkan dan Menciptakan Sistem Hukum

Keempat, tujuan pengendalian sosial adalah untuk mencitpakan maupun menegakkan sistem hukum yang berlaku di masyarakat setempat. 

Misalnya sistem hukum tentang pembayaran pajak motor yang dilakukan, maka masyarakat harus mentaati pembayaran pajak tersebut. 

5. Memberikan Kesadaran Akan Budaya Malu

Kelima, dengan adanya pengendalian sosial, seseorang atau masyarakat akan secara sadar malu terhadap apa yang dilanggarnya.

Karena hanya dia yang berbeda dari warga di tempat ia berada, sehingga memunculkan kesadaran akan budaya malu.

Misalnya ketika membuang sampah tidak pada tempatnya, sementara warga yang lain membuang sampah di tempat yang sudah disediakan.

Sehingga, akan ada rasa malu, karena tidak mentaati saat membuat sampah tersebut. Demikianlah pembahasan tentang sebutkan tujuan adanya pengendalian sosial. 

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !