-->

Sekilas tentang Ibnu Khaldun

Ibnu Khaldun juga disebut sebagai bapak pendiri ilmu historiografi, sosiologi, ekonomi. Muqaddimah (pendahuluan) adalah karyanya yang terkenal. Ia juga dikenal sebagai Bapak Sosiologi Islam.
Sudah mengenal tokoh ini ? Bernama Abdul Rahman Ibnu Khaldun. Ia meninggal pada usia 73 tahun (19 Maret 1406). Ia merupakan sejarawan muslim dari Tunisia. Ibnu Khaldun juga disebut sebagai bapak pendiri ilmu historiografi, sosiologi, ekonomi. Muqaddimah (pendahuluan) adalah karyanya yang terkenal. Ia juga dikenal sebagai Bapak Sosiologi Islam.

Ada kencenderungan untuk  menganggap Sosiologi sebagai fenomena yang relatif modern, semata-mata sebagai fenomena barat. Sebenarnya para sarjana telah sejak lama melakukan studi sosiologi da nada yang berasal kawasan lain, seperti Abdul Rahman Ibnu Khaldun.

Ibnu Khaldun lahir di Tunisia, Afrika Utara, 27 Mei 1332 (Faghirzadeh, 1982). Ia lahir dari keluarga yang terpelajar, dan ia dimasukkan ke sekolah al Qur’an, kemudian mempelajari matematika dan sejarah. Semasa hidupnya ia membantu berbagai sultan di Tunisia, Maroko, Spanyol, dan Aljazair sebagai duta besar, bendaharawan, dan anggota dewan penasehat sultan.

Ibnu Khaldun pernah dipenjarakan selama 2 tahun di Maroko, karena keyakinanya bahwa penguasa Negara bukanlah pemimpin yang mendapatkan kekuasaan dari Tuhan.

Setelah kurang lebih dua dekade aktif di bidang politik, Ibnu Khaldun kembali ke Afrika Utara. Disitu ia melakukan studi dan menulis secara intensif selama lima tahun. 

Karya yang dihasilakan selama lima tahun itu meningkatkan kemasyhurannya dan menyebabkan Ia diangkat menjadi guru di Pusat Studi Islam Universitas Al-Azhar di Kairo.

Ia mengajarkan tentang masyarakat dan sosiologi, Ibnu Khaldun menekankan pentingnya menghubungkan pemikiran sosiologi dan observasi sejarah.

Menjelang kematiannya tahun 1400, Ibnu Khaldun telah menghasilakan sekumpulan karya yang mengandung berbagai pemikiran yang mirip dengan sosiologi zaman sekarang.

Ia melakukan studi ilmiah tentang masyarakat, riset emperis, dan meneliti sebab-sebab fenomena sosial. Ia memusatkan perhatian pada berbagai lembaga sosial, misalnya lembaga politik dan ekonomi dan hubungan antara lembaga sosial itu.

Ibnu Khaldun juga tertarik untuk melakukan studi perbandingan antara masyarakat primitif dan masyarakat modern. Ia tak berpengaruh secara dramatis terhadap sosiologi klasik, tetapi setelah sarjana pada umumnya dan sarjana Muslim khususnya meneliti ulang karyanya, Ia mulai diakui sebagai sejarawan yang mempunyai signifikasi historis.

Ceo Facebook, Mark Zuckerberg, mengungkapkan pada tahun 2015 lalu, dalam akun fanpage-nya, "Buku ini sekaligus membahas terciptanya kota-kota, politik, perdagangan, sains."

Ia menuliskan itu setelah membaca buku kitab karya Ibnu Khaldun yang berjudul "Muqaddimah".
Sumber Bacaan dan Foto :

Buku Teori Sosiologi Modern (Edisi Keenam) George Ritzer - Douglas J Goodman

[Preview ##eye##] [Preview ##eye##]

[Preview ##eye##] [Preview ##eye##]

[Preview ##eye##] [Preview ##eye##]

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !