Harus Tahu ! Inilah 15 Istilah yang digunakan Aliran Modernisme
Sosiologi Info – Modernisme hadir sebagai cara manusia untuk menuju peradaban yang baru dan maju. Modernisme memberikan kemudahan kepada manusia sebagai penikmat dari kemajuan perkembangan informasi dan tekonologi pada abad ke 21.

Modernisme. Istilah modernisme sudah dimulai sekitar abad ke 15 yaitu pada tahun 1400-1490 an. Awal kemunculan modernisma ditandai dengan terjadinya revolusi pencerahan atau renaissance dalam bentuk revitaslisasi kesadaran manusia tentang eksistensi dirinya.

Modernisme hadir memberikan harapan baru kepada banyak manusia, tentang perkembangan kemajuan dunia, mulai dari kemajuan informasi dan teknologi, kemajuan pertumbuhan ekonomi, serta dalam bidang-bidang sosial, politik, pertahanan dan berbagai bidang lainnya.

Menurut Hasan Hanafi, tulang punggung dari Modernisme adalah rasionalisme, kebebasan demokrasi, pencerahan, dan humanisme. Modernisme didasarkan pada penggunaan akal dan pikiran yang logis untuk dapat memperoleh pengetahuan.

Itulah sekilas mengenai modernisme yang penulis dapat dari berbagai sumber bacaan. Nah, untuk lebih lengkapnya tentang pemahaman modernisme bisa melanjutkan penelusuran dan membaca di berbagai jurnal dan buku atau media lainnya.

Berikut ini adalah istilah-istilah yang digunakan dalam aliran modernisme yaitu :
Sentralisasi
Pertarungan kelas
Konstruksi
Kultur
Hermeneutis
Budaya Tinggi
Hierarki
Industri
Teori
Kekuatan Negara
Agama
Legitimasi
Konsensus
Budaya Tradisional
Kontinuitas

Sumber : 1 | 2 | 3