UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University - YUK BACA UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University | YUK BACA

$hide=home

$type=sticky$count=4$show=home$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Sosiologi Info - Cyber University memberikan kemudahan kepada mahasiswa dalam pembelajaran akademik, dan berbagai kemudahan lainnya. Salah satunya yang akan menerapkan Cyber University adalah Universitas Tanjungpura atau sering disebut UNTAN. Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia.

Cyber University. Era digital sudah memasuki seluruh bidang dalam masyarakat, mulai dari aktivitas pekerjaan yang dimudahkan dengan bantuan teknologi digital, serta berbagai kemudahan pada abad 21. 

Perkembangan dunia digital seakan menjadi nyawa bagi manusia yang hidup di planet bumi pada sekarang ini. Kemudahan dalam mengakses berbagai perkembangan informasi, berita, serta akses untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih mudah.

Hanya dengan duduk santai, sambil menikmati kopi, sekarang kita dengan muda mendapatkan berbagai informasi dari berbagai daerah, kota, bahkan dari negara lain, yaitu dengan menggunakan smartphone atau lebih kita kenal dengan hp. 

Kita tidak perlu lagi datang ke lokasi daerah yang hendak kita cari tahu informasinya, cukup dengan bantuan Gawai, kita sangat cepat mendapatkan informasi yang kita cari. Tanpa harus mengeluarkan biaya mahal untuk pergi kesana.

Nah, guys, kemajuan dunia digital akan menjadi tolak ukur yang sempurna pada abad 21 ini, seseorang akan tertinggal jika tidak bisa mengusai ataupun tidak mau mempelajari dunia digital. Tak hayal, dunia pendidikan juga akan mengalami perubahan dari arus kemajuan dunia digital sekarang ini.

Salah satunya di Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta, harus mempersiapkan segala aspeknya dalam menyambut dunia digital di lingkungan kampus, seperti sistem belajar, perpustakaan, jurnal, dan berbagai kesiapan lainnya untuk menyambut era digital tersebut.
 

Istilah yang digunakan dalam lingkungan kampus yaitu dengan sebutan Cyber University. Apa itu Cyber University ?

Cyber University adalah layanan yang menyediakan belajar formal melalui media online yang bisa diakses semua orang, terlepas dari keterbatasan akibat lokasi geografis, fleksibilitas, dan lainnya. (Sumber : Klik)

Kata Cyber muncul dari kata Cybernetics, yang mana dia menjelaskan sebuah cara untuk mengenalikan (robot) dari jarak jauh.Jadi, kata Cyber memberikan konotasi pengendalian dan jarak jauh. (Sumber : Klik)

Apa saja yang akan dilakukan perubahan dalam Cyber University, yaitu mulai dari database mahasiswa, manajeman perguruan tinggi, proses akademik, e-scoring, e-learning, perpustakaan online, tugas kuliah, ujian mahasiswa, dan berbagai perubahan lainnya. Diluar negeri beberapa Perguruan Tinggi (PT) sudah menerapak pembelajaran dengan sistem online.

Dilansir dari Ayobandung.com, menyebutkan, bahwa istilah generik Cyber University, sebenarnya telah digunakan oleh beberapa Perguruan Tinggi (PT) yang menyelenggarakan program online, seperti Seoul Cyber University, The Cyber University of Korea, dan Thailand Cyber University.

Ada juga yang menawarkan program online dengan menggunakan nama open university, seperti University of the Philippines Open University, Malaysia Open University, Hanoi Open University. (Sumber : Klik)

Lalu, bagaimana di Indonesia ? Nah, beberapa kampus sudah mulai menerapkan proses pembelajaran mahasiswanya dengan online, yaitu Universitas Terbuka (UT), dan beberapa kampus yang sudah menerapkan sistem pembelajaran online.

Dilansir dari Media Indonesia, Rabu 28 Maret 2018, Menristekdikti menyebutkan bahwa keberadaan Cyber University bakal mengawasi sistem perkulihan daring (online) yang dilakukan perguruan tinggi.

"Beberapa kan sudah ada dan berjalan, seperti Universitas Terbuka sudah kuliah daring," Kata M Nasir, saat menyampaikan paparan kesiapan perguruan tinggi menghadapi revolusi industri 4.0 di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Lanjutnya, kata dia, Politeknik Elektronika Negeri SUrabaya pada beberapa mata kuliahnya sudah menggunakan sistem daring, dan beberapa perguruan tinggi swasta, seperti Universitas Bina Nusantara (Binus).

Tujuannya menerapkan sistem online (Cyber University) yaitu mahasiswa dapat kuliah dengan mudah dan metode perkulihan daring ini dapat tersebar sampai keluar negeri, seperti Uni Emirat Arab.

Oleh karena itu, Nasir mendorong perguruan tinggi di Indonesia untuk terus berinovasi dan berkreasi, terutama pengembangan sistem kuliah daring, sementara pemerintah pasti akan mefasilitasi.

"Pemerintah akan memfasilitasi, kembangkan saja. Kami sudah buat jaringan, daring, network dari aceh sampai papua yang namanya Indonesia Research and Education Network (IDREN)," ungkapnya. (Sumber : Klik)

Nah Guys, itulah tadi sekilas mengenai Cyber University, beberapa kampus akan bersiap untuk menerapkan sistem pembelajaran baru tersebut, salah satunya Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak, Kalimantan Barat.

Lalu bagaimana persiapan UNTAN dalam memersiapkan sistem online tersebut. Sebelum itu mari kita simak informasi sekilas mengenai UNTAN, Let’s check !

https://www.untan.ac.id/tentang-untan/

Ada sembilan fakultas dengan 95 program studi di Universitas Tanjungpura. Pada halaman Tentang Universitas Tanjungpura ada sebanyak 31.509 Mahasiswa yang kuliah di UNTAN, dengan jumlah lulusan sebanyak 66.008 Mahasiswa.

Dengan jumlah Fakultas ada 9 yaitu Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Kehutanan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dan Fakultas Kedokteran.

Dari sembilan fakultas yang ada di UNTAN, dengan jumlah 95 program studi, yaitu Ilmu Hukum (FH), Akuntansi, Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Manajemen, dan Ekonomi Islam (FEB), dan progam studi lainnya (untuk lebih lengkap mengenai informasi akademik kamu bisa kunjungi halaman berikut Akademik). *Sejarah Universitas Tanjungpura bisa kamu baca disini : Sejarah UNTAN

http://kerjasama.untan.ac.id
 
Sementara untuk jumlah dosen ada 1011 Dosen, dengan total ada 33.110 penelitian yang dilakukan. Tidak hanya itu UNTAN juga konsisten dalam membangun kerjasama dengan berbagai mitra untuk memberikan nuansa baru dan inovatif terhadap kampus UNTAN

Kerjasama ini berlaku baik di dalam negeri maupun di luar negeri, serta kerjasama antar perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Akreditasi Universitas Tanjungpura dan Program Studinya. Secara institusi kampus, berdasarkan Surat Keputusan Nomor 165/SK/Ban-PT/Akred/PT/IV/2019 Universitas Tanjungpura sudah mendapatkan Akreditas A dari BAN-PT.
Akreditas program studi di Universitas Tanjungpura, seperti Program Studi Ilmu Hukum (A), Pendidikan Kimia (A), Ilmu Administrasi Publik (A), dan program studi lainnya bisa kamu cek di halaman berikut ini ya : BAN-PT

Nah itulah tadi informasi sekilas seputar akreditasi dan program studi yang ada di Universitas Tanjungpura. Selanjutnya kita akan melihat bagaimana fasilitas yang ada di UNTAN dalam mempersiapkan untuk menuju pada Cyber University.
 http://mahasiswa.siakad.untan.ac.id

Universitas Tanjungpura dalam Membangun Ekosistem Digital Menuju Universitas Siber di Indonesia. Layanan online yang bisa diakses oleh mahasiswa, seperti SCMB, SIAKAD, E-Learning, Jurnal, Repository, UPT Perpustakaan, UPT Bahasa, UPT TIK, SPI, dan lainnya.

Misalnya pada Sistem informasi akademik (SIAKAD) online. Mahasiswa baru lulus di Universitas Tanjungpura, selanjutnya mahasiswa tersebut akan mendapatkan akses di sistem informasi akademik online atau SIAKAD.

Dilansir dari Mimbaruntan, Sistem informasi akademik-online adalah suatu sistem informasi akademik yang dibangun untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik kampus secara online.

Sistem online ini berfungsi sebagai pembuatan kurikulum, jadwal kuliah, pengisian kartu rencana studi (KRS) dan pengisian nilai. SIAKAD lah yang mengelola seluruh data secara terintegrasi sehingga data akan selalu update dan selalu siap untuk digunakan. (Sumber : Klik)

http://scmb.untan.ac.id Berikut dibawah ini adalah beberapa halaman yang bisa kamu akses dengan mudah untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Universitas Tanjungpura, mulai dari :

Seleksi Calon Mahasiswa Baru | Yuk Baca
Satuan Pengawas Internal Universitas Tanjungpura | Yuk Baca
Perpustakaan Universitas Tanjungpura | Yuk Baca
Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Universitas Tanjungpura | Yuk Baca
Sistem Informasi Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Tanjungpura | Yuk Baca

http://simalum.untan.ac.id

Dengan demikian, persiapan Universitas Tanjungpura dalam menerapkan Cyber University akan dapat terlaksana dengan baik mengingat berbagai upaya telah dilakukan dalam pengembangan informasi dalam dunia digital.

Mari sama-sama kita mendukung Universitas Tanjungpura dalam Membangun Ekosistem Digital Menuju Universitas Siber.

COMMENTS

https://www.sosiologi.info/2020/07/jasa-content-placement-dan-sponsored.html

Name

Event Figur jasa Kampus NarasiTalks Politik Sosiologi Teori terpojok Tokoh Sosiologi Vlog
false
ltr
item
YUK BACA: UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University
UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University
UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University
https://1.bp.blogspot.com/-FT0iXo-IX9w/Xn2yfO379lI/AAAAAAAADik/TvMsgaEhAK87db_wxYMVddYfAN5lyD-gwCLcBGAsYHQ/s1600/UNTAN%2BMembangun%2BEkosistem%2BDigital%2BMenuju%2BCyber%2BUniversity.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-FT0iXo-IX9w/Xn2yfO379lI/AAAAAAAADik/TvMsgaEhAK87db_wxYMVddYfAN5lyD-gwCLcBGAsYHQ/s72-c/UNTAN%2BMembangun%2BEkosistem%2BDigital%2BMenuju%2BCyber%2BUniversity.jpg
YUK BACA
https://www.sosiologi.info/2020/03/untan-membangun-ekosistem-digital-menuju-cyber-university.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2020/03/untan-membangun-ekosistem-digital-menuju-cyber-university.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy