Teori Jean Baudrillard : Contoh Masyarakat Konsumtif Era Digital - Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru Teori Jean Baudrillard : Contoh Masyarakat Konsumtif Era Digital | Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru

$hide=home

[Artikel Sosiologi]_$type=grid$m=0$rdm=0$show=home$cat=hide$d=hide$count=5$t=hide$s=0

Teori Jean Baudrillard : Contoh Masyarakat Konsumtif Era Digital

Baudrillard berpendapat yang dikonsumsi oleh masyarakat konsumeris (consumer society) bukanlah kegunaan dari suatu produk melainkan citra atau pesan yang disampaikan dari suatu produk.

Teori Jean Baudrillard : Contoh Masyarakat Konsumtif Era Digital
Sosiologi Info - Baudrillard berpendapat yang dikonsumsi oleh masyarakat konsumeris (consumer society) bukanlah kegunaan dari suatu produk melainkan citra atau pesan yang disampaikan dari suatu produk.

"Bagi Baudrillard, menyatakan konsumsi yang terjadi sekarang ini telah menjadi konsumsi tanda. Tindakan konsumsi suatu barang dan jasa tidak lagi berdasarkan pada kegunaannya, melainkan lebih mengutamakan pada tanda dan simbol yang melekat pada barang dan jasa itu sendiri".

Fenomena sosial masyarakat konsumtif. Dunia digital yang serba modern seperti sekarang ini. Memberikan berbagai kemudahan, salah satunya kemudahan mencari informasi melalui platform internet.

Sebut saja di Google, Yahoo, dan searching dengan menggunakan platform lainnya. Sebagian masyarakat yang menikmati kemudahan ini, pastinya akan membutuhkan paket data atau paket internet.

Apalagi paket data tidak mereka punya, maka akses di dunia digital pun terputus. Tak hanya pada keberpunyaan paket internet, masalah gangguan teknis, mulai dari jaringan tidak baik, maupun saat ada gangguan kebakaran pada provider.

Kejadian kebakaran menimpa provider Telkom dan Telkomsel di Jalan Sudirman, Kota Pekanbaru. Plaza atau gedung Telkom terbakar kira-kira pada pukul 14.30 WIB. 

Semenjak itulah jaringan Telkom dan Telkomsel mati total, untuk diwilayah Pekanbaru, Provinsi Riau. Warga pun harus membeli paket internet baru, konter dan gerai pulsa yang menjual paket internet mendadak ramai dipadati masyarakat.

Kamu bisa membaca berita terbaru disini : https://regional.kompas.com/read/2020/08/12/07455981/jaringan-telkomsel-di-sumatera-kembali-normal-pasca-kebakaran?page=all

Dari fenomena sosial diatas, mengenai ramainya warga yang mencari dan membeli paket kartu internet yang selain Telkomsel, bisa kita dengan menggunakan pemahaman Jean Baudrillard tentang Masyarakat Konsumtif.

Apa sih Masyarakat Konsumtif bagi Jean Baudrillard ? Apa ada kaitannya dengan kebutuhan paket internet di era digital ? Nah untuk mengetahuinya, yuk simak ulasan singkat dibawah ini.  

Sekilas memahami teori Jean Baudrillard. Setelah kita mengetahui fenomena sosial diatas, mengenai kebutuhan manusia akan paket internet.

Mari kita sama-sama memahami pemikiran Jean Baudrillard tentang masyarakat konsumtif, serta kaitannya dengan fenomena kebutuhan paket internet.

Sekarang manusia tidak hanya memenuhi kebutuhan sekunder dan primer. Kebutuhan yang paling penting sekarang malah paket data.

kebutuhan akan gaya hidup terhadap paket internet bisa kita lihat sebagai masyarakat konsumeris. Tidak ada internet, maka matilah dunia manusia, kebanyakan orang menyadari akan itu.

Masyarakat sekarang tidak lagi mengonsumsi sebuah objek berdasarkan kegunaan dan nilai tukarnya, tetapi karena adanya nilai simbolik dan nilai yang bersifat abstrak.

Bagi Baudrillard, sebuah objek tidak hanya memiliki use value dan exchange value, tetapi juga memiliki symbolic value dan sign value.

Baudrillard berpendapat yang dikonsumsi oleh masyarakat konsumeris (consumer society) bukanlah kegunaan dari suatu produk melainkan citra atau pesan yang disampaikan dari suatu produk.

Itulah yang dikatakan Baudrillard sebagai masyarakat konsumeris. Ia mencoba menganalisis masyarakat konsumeris dalam relasinya dengan sistem tanda. 

Menurut Baudrillard, tanda menjadi elemen penting dalam masyarakat konsumeris saat ini. Baudrillard mengatakan konsumsi yang terjadi sekarang ini telah menjadi konsumsi tanda. 

Tindakan konsumsi suatu barang dan jasa tidak lagi berdasarkan pada kegunaannya, melainkan lebih menguatamakan tanda dan simbol yang melekat pada barang dan jasa itu sendiri.

Masyarakat akhirnya hanya mengonsumsi citra yang melekat pada barang (bukan lagi pada kegunaannya), sehingga masyarakat sebagai konsumen tidak pernah merasa puas.

Dan akan memicu terjadinya konsumsi secara terus meneurs, karena kehidupan sehari-hari setiap individu dapat terlihat dari kegiatan konsumsinya. 

Barang dan jasa yang dibeli dan dipakai oleh setiap individu, yang juga didasarkan pada citra yang diberikan dari produk. 

Masyarakat konsumsi yang disampaikan oleh Baudrillard, membuat kita mengonsumsi barang dan jasa yang berlebihan, bukan disebabkan pada kegunaannya.

Misalnya, pada saat Gedung Telkom terbakar, yang membuat jaringan Telkomsel mati total. Dengan itu masyarakat akan membeli paket internet baru sebagai kebutuhan paket datanya.

Disinilah terjadinya kegelisahan yang menyelimuti masyarakat, karena tidak bisa lagi update di media sosial. 

Sebagai kita ketahui media sosial adalah bagian dari gaya hidup masyarakat, baik di kota maupun desa. Pada konteks ini kita ada pada masyarakat kota.

Coba kita lihat contoh fenomena diatas sebagai cara untuk memahami sekilas pemikiran masyarakat konsumsi Jean Baudrillard. Masyarakat yang sebelumnya menggunakan kartu Telkomsel, yang mana beralih provider karena adanya ganguan teknis.

Masyarakat ramai berdatangan ke konter untuk membeli paket internet, mulai dari Axis, XL, Smartfren, Tri.

Nah, pada fenomena sosial diatas, memberikan contoh bahwa masyarakat konsumsi akan ada pada situasi apapun, dan adanya keuntungan yang diperoleh orang lain maupun perusahaan lainnya.

Masyarakat konsumtif mendorong pertumbuhan ekonomi yang bagus juga, kalau sekilas kita melihat fenomena yang sudah dijelaskan diatas.

Orang membeli kartu paket internet karena merasa gaya hidup, kebutuhan akan jaringan untuk memperbarui status di media sosial, maen game, berselancar di google, dan lainnya.

Aktivitas yang dilakukan kesemuanya membutuhkan jaringan internet dan paket data agar bisa tetap eksis dalam dunia era digital sekarang ini.

Nah, itulah sekilas penjelasan dan pemahaman yang kawan-kawna bisa memperdalamnya lagi dengan membaca secara mandiri yah.

Sumber referensi bacaan untuk jurnal : http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20351974-MK-Mutia%20Hastiti%20Pawanti.pdf

COMMENTS

Update Artikel Terbaru | Yuk Berlangganan !

Name

Event Figur jasa Kampus NarasiTalks Politik Sosiologi Teori terpojok Tokoh Sosiologi Vlog
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru: Teori Jean Baudrillard : Contoh Masyarakat Konsumtif Era Digital
Teori Jean Baudrillard : Contoh Masyarakat Konsumtif Era Digital
Baudrillard berpendapat yang dikonsumsi oleh masyarakat konsumeris (consumer society) bukanlah kegunaan dari suatu produk melainkan citra atau pesan yang disampaikan dari suatu produk.
https://1.bp.blogspot.com/-PBZdzi8bFvg/XzONwgMNsgI/AAAAAAAAEE4/NnDnBHylG1cE1YMgB8CMJWcBUruLbmSTwCLcBGAsYHQ/s1600/Teori%2BJean%2BBaudrillard%2BContoh%2BMasyarakat%2BKonsumtif%2BEra%2BDigital.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-PBZdzi8bFvg/XzONwgMNsgI/AAAAAAAAEE4/NnDnBHylG1cE1YMgB8CMJWcBUruLbmSTwCLcBGAsYHQ/s72-c/Teori%2BJean%2BBaudrillard%2BContoh%2BMasyarakat%2BKonsumtif%2BEra%2BDigital.jpg
Referensi Artikel Sosiologi | Terbaru
https://www.sosiologi.info/2020/08/teori-jean-baudrillard-contoh-masyarakat-konsumtif.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2020/08/teori-jean-baudrillard-contoh-masyarakat-konsumtif.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy