-->

Manfaat Belajar Sosiologi, Alumni UNS : Mempelajari Interaksi, Ini Kisahnya !

Kuliah di Jurusan Sosiologi apa sih manfaatnya ? Nah, berikut ini kisah menarik, pengalaman yang bisa menjawab, apa manfaat belajar Sosiologi.
Belajar Sosiologi, Apa Manfaatnya ? Alumni UNS : Mempelajari Interaksi, Riset, Penelitian Sosial, Begini Ceritanya !

Sosiologi Info - Kuliah dan belajar di Jurusan Sosiologi apa sih manfaatnya ? Nah, berikut ini kisah menarik, pengalaman yang bisa menjawab, apa manfaat belajar Sosiologi, yuk baca !

"Pada dasarnya Sosiologi mempelajari interaksi sosial baik yang dilakukan individu dengan individu maupun individu dengan kelompok sosial," kata Niko Darmawan 

Pengalaman Kuliah Jurusan Sosiologi : Field Trip to Batu Malang. Sejak masuk di Sekolah Menengah Atas (SMA) dan mendapatkan pelajaran sosiologi ketika itu membuat saya tertarik dan memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan memilih jurusan sosiologi.

Sosiologi di perguruan tinggi termasuk ke dalam Fakultas Ilmu Sosial Politik, dan setelah perjuangan saya berhasil lolos dan diterima di Universitas Sebelas Maret Surakarta. 

Pada dasarnya Sosiologi mempelajari interaksi sosial baik yang dilakukan individu dengan individu maupun individu dengan kelompok sosial. 

Selain interaksi sosial, selama kuliah jurusan Sosiologi erat kaitannya dengan riset atau penelitian sosial. Penelitian sosial ini bertujuan untuk mendapatkan data yang dapat digunakan untuk mengkaji fenomena sosial yang ada di sekeliling kita dalam kehidupan sehari-hari. 

Data dari penelitian sosial tersebut bisa digunakan untuk memecahkan masalah-masalah sosial dalam masyarakat, digunakan untuk bahan evaluasi.

Dan juga untuk pengembangan dari ilmu sosial itu sendiri yang sifatnya dinamis mengikuti perkembangan sosial masyarakat dan kemajuan zaman. 

Selama masa kuliah Sosiologi pastinya banyak turun ke lapangan untuk melakukan riset guna mengkaji fenomena yang sedang terjadi di masyarakat yang berkaitan dengan mata kuliah sosiologi.

Sebagai contoh ketika mata kuliah metode penelitian kualitatif & metode penelitian kuantitatif yang menjadi dasar dalam penelitian sosial. 

Kedua metode tersebut memberikan panduan bagaimana mendapatkan data di lapangan dan cara untuk mengolah data tersebut setelah di dapatkan. 

Ibarat pepatah sambil menyelam minum air, selama pengumpulan data di lapangan kita bisa sambil bermain sehingga tidak bosan kuliah di kelas melulu.  

Tidak hanya belajar dari dosen saja di kampus, imbas dari penelitian di lapangan adalah kita bisa belajar langsung dari masyarakat pelajaran yang tidak di dapatkan selama di kampus.

Hal yang paling berkesan selama kuliah Sosiologi adalah penelitian yang dilakukan ketika di Batu, Malang untuk memenuhi tugas dari mata kuliah metode penelitian kualitatif. 

Di pilihnya lokasi Batu karena akan mengkaji terkait fenomena petani apel yang ada di kawasan tersebut. Masalah sosial yang terjadi adalah mulai berkurangnya jumlah petani apel di kawasan Batu Malang, sehingga produksi apel juga menurun terkena imbasnya. 

Hal ini bertolak belakang karena apel merupakan komoditas utama dan sudah terkenal bahkan menjadi ikon wisata untuk kawasan Batu tersebut namun mengapa malah menurun. 

Karena penelitian ini akan dilakukan di Malang, maka kami satu kelas sepakat akan menyewa transportasi guna sampai ke lokasi dan menyewa akomodasi penginapan selama penelitian yang di rencanakan dilakukan 3 hari. 

Dengan mengendarai bis kami berangkat dari Kota Solo menuju Malang sekitar pukul 7 malam, karena tidak menggunakan jalan tol sehingga estimasi perjalanan bisa sampai ke tujuan pada pagi harinya.

Sampai ke tempat lokasi penelitian, langsung menuju pemerintah daerah setempat untuk mengkonfirmasi surat izin yang lebih dahulu telah diurus yang akan melakukan penelitian di kawasan Batu Malang. 

Selanjutnya kami langsung berangkat menuju ke wilayah kawasan perkebunan apel sesuai dengan anggota kelompok yang telah di bagi.

Artikel Part 01 

Penulis : Niko Darmawan Alumni Jurusan Sosiologi FISIP, Universitas Sebelas Maret

Sumber foto : Dokumentasi/Niko Darmawan/Istimewa

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !