-->

Suci Kurnia Mahasiswa Asal Padang, Terpikat Mengambil Jurusan Sosiologi, Begini Ceritanya

Suci Kurnia Putri Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Padang, terpikat untuk mengambil Jurusan Sosiologi karena melihat sampul buku.
Suci Kurnia Mahasiswa Asal Padang, Terpikat Mengambil Jurusan Sosiologi, Begini Ceritanya

Sosiologi Info - Bernama lengkap Suci Kurnia Putri Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Padang, terpikat untuk mengambil Jurusan Sosiologi karena melihat sampul buku Sosiologi Kelas X.

Bagaimana ceritanya, yuk simak !

"Langkah terakhir, saya layangkan pada jalur mandiri dengan jurusan yang sama. Alhamdulillah, saya terdampar di Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang," cerita Suci Kurnia.

Cerita awal kenapa bisa menjadi Mahasiswa Sosiologi. Bagaimana rasanya menjalani kehidupan sehari-hari dengan tumpukan buku-buku tebal ? Ah, rasanya tidak perlu dijelaskan lagi. 

Menjalani vitalias sebagai Mahasiswa Sosiologi itu sudah terlihat biasa. Bertemankan dengan buku-buku teori yang tebal, serta suguhkan analisis terkait permasalahan dengan pertautan teori sangatlah senang untuk dijalankan. 

Tapi, kata mereka jurusan Sosiologi itu mudah dan tidak berat dalam hal mata kuliahnya. Rasanya saya ingin menabrakkan buku teori sosiologi karangan George Ritzer pada mulut yang berucap demikian, maaf canda. Hehehehe. 

Jadi, kali ini saya akan berbagi cerita bagaimana menjalani hari-hari sebagai mahasiswa sosiologi. Menjalani hari sebagai mahasiswa sosiologi sangatlah menyenangkan. 

Flashback dulu ya kenapa saya bisa terdampar di jurusan Sosiologi. Sedari saya menginjak masa Sekolah Menengah Atas ( SMA ), saya sudah terpikat pada pandangan pertama pada gambar yang tertera pada buku Sosiologi kelas X. 

Sejak itu saya menaruh hati yang teramat dalam pada mata pelajaran tersebut. Singkat cerita, saya mengambil jurusan saat SNMPTN dengan semua pilihan yakni Sosiologi dengan universitas yang berbeda. 

Tetapi, nasib buruk menimpa saya. SNMPTN tidak mampu menjebolkan saya di jurusan tercinta. Akhirnya, saya melanjutkan ke SBMPTN dengan jurusan yang sama dengan universitas yang berbeda juga. 

Lagi dan lagi nasib buruk menimpa saya sebagai kaum proletar, heheh canda proletar. Langkah terakhir saya layangkan pada jalur mandiri dengan jurusan yang sama. Alhamdulillah, saya terdampar di jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang.

Keuntungan menjadi Mahasiswa Sosiologi. Nah, bagaimana sih kehidupan saya selama menjadi mahasiswa Pendidikan Sosiologi ? Susah atau gampang ya. Selama menjadi mahasiswa Pendidikan Sosiologi saya merasa mendapat dua keuntungan sekaligus. 

Disamping menjadi seorang sosiolog, saya juga mendapat plusnya yakni keahlian atau skill dan juga menurunkan konsep-konsep sosiologi kedalam bahan pembelajaran.

Di dalam jurusan Pendidikan Sosiologi saya juga dibekali dengan teori-teori sosiologi dan bukan hanya terfokus pada bagian mata kuliah pendidikan. Bermacam-macam mata kuliah yang membuat kita menjadi lebih tertantang untuk menyelami mata kuliah tersebut. 

Banyak sekali mata kuliah di jurusan Pendidikan Sosiologi seperti, pengantar sosiologi, pengantar antropologi, pengantar filsafat, teori sosiologi klasik, teori sosiologi modern, sosiologi keluarga, sosiologi organisasi, sosiologi pendidikan, kajian gender, sosiologi komunikasi, etnografi, dan masih banyak lagi mata kuliah yang menarik.

Dari bermacam-macam matakuliah itu pastinya saya dibekali dengan ilmu-ilmu pengetahuan yang komprehensif dan akan membuat saya lebih bijak dalam menyikapi permasalahan sosial yang ada.

Artikel Part 01

Penulis artikel : 

Suci Kurnia Putri Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Padang | Instagram @ciman07_ 

Sumber Foto : Dok Pribadi/Suci Kurnia Putri/Kemah Bakti Mahasiswa Sosiolgi 

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !