Sepakbola Indonesia Hari Ini : Piala Menpora di Saat Pandemi Virus, Berikut Kajian Sosiologisnya ! - Kupas Sepakbola Indonesia Hari Ini : Piala Menpora di Saat Pandemi Virus, Berikut Kajian Sosiologisnya ! | Kupas

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide$t=hide

Sepakbola Indonesia Hari Ini : Piala Menpora di Saat Pandemi Virus, Berikut Kajian Sosiologisnya !

Sepakbola hari ini di Indonesia saat pandemi virus corona. Inilah contoh kajian sosiologis teori sistem Talcott Parson yaitu AGIL.

Sepakbola Indonesia Hari Ini : Piala Menpora di Saat Pandemi Virus, Berikut Kajian Sosiologisnya !

Sosiologi Info - Sepakbola hari ini di Indonesia saat pandemi virus corona menjadi contoh fenomena sosial masyarakat yang bisa dikaji dengan menggunakan pendekatan sosiologis. 

Nah, pendekatan sosiologis yang bisa kita gunakan yaitu dengan teori sistemnya Talcott  Parsons yaitu Adaptation (A), Goal Attainment (G), Integration (I), dan Latent Pattern Maintenance (L). 

Bagimana penjelasannya ? Yuk Simak ulasan singkat dibawah ini ya guys !

Sepakbola Indonesia Hari Ini. Piala Menpora tahun 2021 ini seakan mengobati luka serta membuat rindu para suporter bola terpenuhi. Pasalnya sejak pandemi virus corona pertandingan Liga 1 pun terhenti. 

Hingga akhirnya Piala Menpora 2021 menjawab kegundahan para pemain, pemilik klub, para suporter bola, akhirnya membuat wajah persepakbolaan di Indonesia menunjukkan taringnya di saat pandemi virus corona. 

Sepakbola Indonesia hari ini, yaitu Piala Menpora sudah sejak Minggu, 21 Maret 2021 digelar, hingga saat ini memperlihatkan para pemain sepakbola tanah air berkompetisi dengan sehat. 

Laga perdana Piala Menpora 2021 ini mempertemukan Arema FC vs Persikabo 1973 di Stadion Manahan Solo. Laga ini menjadi pertandingan sepakbola resmi pertama dalam waktu satu tahun terakhir ini sejak pandemi virus corona.

Adapun tim-tim yang ikut berpartisipasi dalam kompetisi sepakbola indonesia hari ini di Piala Menpora ada 17 tim, yaitu : 

Grup A 

1. PSIS Semarang 

2. Barito Putera

3. Persikabo

4. Arema FC 

Grup B 

1. Persija Jakarta

2. PSM Makassar

3. Bhayangkara Solo

4. Borneo FC

Grup C 

1. Persebaya Surabaya

2. Madura United 

3. PS Sleman

4. Persela Lamongan

5. Persik Kediri

Grup D

1. Persib Bandung

2. Bali United

3. Persiraja Banda Aceh

4. Persita Tangerang

Masing-masing 17 tim ini akan memperebutkan tiket ke delapan besar Piala Menpora, dan memang beberapa tim sudah lolos ke tahapan itu, data terupdatenya silahkan cari sendiri ya guys, hehehe

Para tim sepabola yang ikut pada Piala Menpora 2021 betul-betul mematuhi protokol kesehatan yang ketat, setiap pemain, official, dan semua yang terlibat dalam menyukseskan kompetisi Piala Menpora wajib secara berkala rapid test/swab PCR maupun swab antigen. 

Begitu juga setiap pertandingan tidak ada pendukung yang datang atau suporter yang datang ke stadion untuk menyaksikan pertandingan langsung. Dimana, para suporter sepakbola hari ini di piala menpora hanya bisa menyaksikan dari rumah saja. 

Kesehatan, Ekonomi/Bisnis, Hiburan. Pandemi virus corona membuat sepakbola sempat Liga 1  terhenti satu tahunan. Hari ini Piala Menpora menjadi satu-satunya laga sepakbola Indonesia hari ini yang memberikan asa bagi perekonomian, bisnis, serta hiburan bagi masyarakatnya. 

Meski demikian, faktor kesehatan tetap menjadi perhatian bersama dalam melaksanakan kompetisi Piala Menpora 2021 ini. Semua tim harus mengikuti segala aturan protokol kesehatan serta para suporter yang hanya menonton dari rumah saja, tanpa ada kerumunan dan kontak fisik dalam jumlah banyak. 

Sekilas, kita bisa melihat bagaimana kesehatan yang menjadi faktor utama kehidupan harus juga bisa menyesuaikan dengan pandemi virus corona. Begitu juga dengan perkembangan ekonomi, bisnis serta hiburan bagi masyarakatnya, juga harus mematuhi semua aturan yang telah disepakati bersama. 

Tujuan agar sepakbola indonesia hari ini tetap bisa berlanjut. Walaupun memang, kehati-hatian menjadi catatan dan dilaksanakan semua pihak yang berpartisipasi pada kompetisi Piala Menpora 2021 disaat pandemi virus corona. 

Lalu, bagaimana kajian sosiologis melihat fenomena diatas sebagai bahan serta kajian akademis yang memberikan manfaat bagi keberlangsungan sistem yang ada saat ini ? Nah, pendekatan yang coba saya gunakan yaitu dengan teori sistem dari Talcot Parsons yaitu AGIL. 

Sepakbola Hari Ini di Indonesia Piala Menpora 2021 Disaat Pandemi Virus Corona dalam Perspektif Talcot Parson AGIL. Konsep sistem menurut Bertalanffy mengatakan dapat digunakan untuk menganlisa perilaku dan gejala sosial. 

Menurutnya, teori sistem ini dianggap cocok bagi suatu sistem dibahas dalam kaitannya dengan berbagai sistem yang lebih luas maupun dengan sub sistem yang tercakup didalamnya. 

Sementara itu, Talcott Parsons memberikan pandangannya perihal teori sistem yang mana diprakarsai oleh Bertalanffy ini dimana bisa ia kembangkan lebih luas lagi guna diterapkan dalam sosiologi. 

Parsons melihat suatu analogi antara masyarakat dan suatu organisme yang hidup, yaitu bahwa keduanya merupakan sistem yang terbuka, serta saling berinteraksi dan saling mempengaruhi dengan lingkungannya. 

Lebih lanjut, sistem kehidupan ini dapat dianalisis melalui dua dimensi, yaitu inter-relasi antara bagian-bagian/elemen-elemen yang membentuk sistem tersebut, dan interaksi/pertukaran antara sistem dengan lingkungannya. 

Lalu, bagaimana Parsons dalam teori sistemnya AGIL memberikan gambaran kepada kita perihal Sepakbola hari ini di Indonesia yang diadakan saat pandemi virus corona ? Bukankah ini akan beresiko terhadap kesehatan ? Walupun dengan protokol kesehatan yang ketat, terus bagaimana pola-pola sistem itu berjalan dengan baik, sehingga resiko itu bisa diminimalisir. 

Nah, disini kita akan menggunakan teori sistem AGIL milik Talcott Parsons. Dalam teorinya yang dinamakan teori sistem umum (grand theory), Parson berpendapat bahwa ada empat unsur utama yang tercakup dalam segala sistem kehidupan. 

Pertama, Adaptation(A), yaitu kemampuan sistem untuk menyerap apa yang dibutuhkannya dari lingkungan yang ada, serta membagikannya kepada seluruh bagian dari sistem itu sendiri. 

Misalnya, Sepakbola ditengah pandemi virus corona, maka sistem utama yang mesti diterapkan oleh semua tim peserta kompetisi Piala Menpora 2021 yaitu mematuhi dengan ketat protokol kesehatan, kedisiplinan menjadi kunci sukses sistem ini berlangsung. 

Semua tim peserta harus mampu menyerap, beradaptasi dengan ketatnya sistem protokol kesehatan guna menghindari penularan virus corona pada saat pertandingan berlangsung. 

Begitu juga, dengan ketiadaan penonton atau suporter di stadion membuat tim juga harus mampu beradaptasi tanpa ada dukungan langsung. 

Kedua, Goal Attainment (G), yang merupakan upaya menentukan prioritas dari beberapa tujuan sistem serta mencapai tujuan tersebut. 

Dengan sistem protokol kesehatan yang ketat, sepakbola di Indonesia hari ini Piala Menpora resmi dibuka. Semua tim dan official harus mematuhi protokol kesehatan dengan disiplin tinggi, sehingga tujuan atau goal dari pengetatan protokol kesehatan agar pemain maupun official tidak tertular maupun menularkan virus corona. 

Disinilah goal attainment yang ingin dicapai oleh panitia penyelenggaran Piala Menpora 2021 dan semua pihak mengharapkan tidak adanya penularan virus corona. Dan disinilah kesehatan tetap nomor satu, ekonomi dan bisnis tetap jalan dengan baik, serta terciptanya hiburan untuk masyarakat. 

Ketiga, Integration (I), yaitu mengkoordinasi dan menyatukan bagian-bagian dari satu sistem menjadi suatu kesatuan fungsi. 

Disaat pandemi virus, sepakbola dilaksanakan dengan ketatnya protokol kesehatan. Dengan demikian, hasil ini secara bertahap dan berlangsung secara terus menerus jika memang pandemi virus corona belum bisa berakhir di Indonesia. 

Maka, sistem ini akan terus dilaksanakan dan tetap menjadi sistem utama dalam menjalankan kompetisi sepakbola di indonesia yang sehat, aman dan terhindar dari penularan virus corona.

Ini akan menjadi sejarah perkembangan sepakbola dunia dan di indonesia, bahwa pandemi virus corona membuat bagian-bagian sistem ini secara berangsur menjadi satu kesatuan fungsi yang tentunya memberikan pengaruh positif, dimana sepakbola semakin terjaga kesehatan para pemain, dan timnya. 

Keempat, Latent Pattern Maintenance (L), yaitu cara untuk mempertahankan kesinambungan tindakan di dalam suatu sistem yang mengikuti norma atau aturan tertentu yang ada. 

Dulu, sebelum pandemi virus corona, sepakbola tidak seketat sekarang menerapkan protokol kesehatan. Lalu, akankah setelah pandemi bisa teratasi atau berakhir, sepakbola akan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat ? 

Nah, disinilah perlunya pemeliharaan sistem yang sudah bagus ini dibangun, yaitu pelaksanaan protokol kesehatan kepada semua tim dan official. Sudah semestinya dipelihara sehingga sepakbola indonesia hari ini menjadi percontohan yang baik. 

Oleh karena itu, untuk menjaga agar sepakbola di indonesia hari ini Piala Menpora 2021 berjalan dengan tidak memberikan resiko tertular maupun menularkan virus corona antar pemain dan official.
 
Maka, sudah wajib dan mestinya keempat fungsi atau unsur utama yang Parsons paparkan diatas harusnya dipenuhi oleh setiap sistem demi kelestarian, keberlangsungan kehidupan dan membentuk inter relasi.

Misalnya, penerapan protokol kesehatan pandemi virus corona secara aktif, disiplin, patuh dengan ketat. Dengan demikian, kesehatan tetap aman, ekonomi dan bisnis berjalan dengan baik, serta memberikan hiburan tontonan kepada masyarakat Indonesia.  

Sumber referensi :

Buku : Sosiologi Kesehatan | Solita Sarwono | Gadjah Mada University Press

Berita : Klik  1 | 2 | 3

COMMENTS

 Yuk Follow Instagram Sosiologi Info

$hide=home

$type=three$count=6$hide=home$s=0$d=hide$cat=0$a=0$rdm=0$cm=0$t=show$desc=0

$type=three$count=6$hide=home$s=0$d=hide$cat=0$a=0$rdm=0$cm=0$t=show$desc=0

Name

Event Figur jasa Kampus Loker NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Kupas: Sepakbola Indonesia Hari Ini : Piala Menpora di Saat Pandemi Virus, Berikut Kajian Sosiologisnya !
Sepakbola Indonesia Hari Ini : Piala Menpora di Saat Pandemi Virus, Berikut Kajian Sosiologisnya !
Sepakbola hari ini di Indonesia saat pandemi virus corona. Inilah contoh kajian sosiologis teori sistem Talcott Parson yaitu AGIL.
https://1.bp.blogspot.com/-vOcCfYknQ8k/YGlcucXazlI/AAAAAAAAEuI/goLGXpyifikhpbVYzuL1Egi6Uzq2La0JwCLcBGAsYHQ/s16000/Sepakbola%2BIndonesia%2BHari%2BIni%2BPiala%2BMenpora%2Bdi%2BSaat%2BPandemi%2BVirus%2BBerikut%2BKajian%2BSosiologisnya.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-vOcCfYknQ8k/YGlcucXazlI/AAAAAAAAEuI/goLGXpyifikhpbVYzuL1Egi6Uzq2La0JwCLcBGAsYHQ/s72-c/Sepakbola%2BIndonesia%2BHari%2BIni%2BPiala%2BMenpora%2Bdi%2BSaat%2BPandemi%2BVirus%2BBerikut%2BKajian%2BSosiologisnya.jpg
Kupas
https://www.sosiologi.info/2021/04/sepakbola-indonesia-hari-ini-saat-pandemi-virus-ini-kajian-sosiologisnya.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/04/sepakbola-indonesia-hari-ini-saat-pandemi-virus-ini-kajian-sosiologisnya.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy