Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Ini Penjelasannya - Referensi Artikel Sosiologi Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Ini Penjelasannya | Referensi Artikel Sosiologi

[Belajar Teori]_$type=three$count=6$show=home$s=show$d=hide$cat=hide$a=hide$rdm=hide$cm=hide$t=hide

Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Ini Penjelasannya

Metode penelitian menjadi penting bagi seorang peneliti. Lalu apa pengertian metode penelitian kuantitatif dan kualitatif ? Berikut penjelasannya.

Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Ini Penjelasannya

Sosiologi Info - Metode penelitian menjadi bagian terpenting bagi seorang peneliti. Lalu apa pengertian metode penelitian kuantitatif dan kualitatif ? Berikut penjelasan lengkapnya.

Kamu Wajib Pahami Dulu Apa Itu Metode Penelitian

Mahasiswa sudah pasti tentu kenal dengan istilah metode penelitian. Terutama mahasiswa yang kuliah di Jurusan Sosiologi. Kenapa gitu ? 

Metode penelitian inilah yang menjadi bagian terpenting bagi seorang mahasiswa sosiologi yang akan melakukan penelitian atau menyelesaika skripsinya. 

Lalu apa sih pengertian metode penelitian ? Nah dikutip dari Buku Pembelajaran, metode penelitian adalah studi mengenai metode-metode ilmiah yang digunakan dalam penelitian. 

Hadi (2002), mengatakan sebagai pelajaran yang memperbincangkan metode-metode ilmiah tersebut setidaknya meliputi metode penelitian, metode pengambilan sampel, metode pengumpulan data, dan terakhir metode analisis datanya. 

Metode penelitian merupakan cara alamiah untuk memperoleh data dengan kegunaan dan tujuan tertentu. Dengan demikian, setiap penelitian yang dilakukan itu memiliki keguanaan dan tujuan serta manfaat. 

Biasanya tujuan dari adanya penelitian yaitu ada tiga macam, pertama bersifat penemuan, pembuktian, dan pengembangan. 

Nah itulah sekilas yang bisa kita pahami mengenai metode penelitian. Metode penelitian itu ada jenis, pertama ada metode penelitian kuantitatif dan kedua ada metode penelitian kualitatif. 

Bagaimana pengertian dan penjelasan dari metode penelitian kuantitatif dan kualitatif ? Yuk pahami dengan seksama ya tulisan dibawah ini. 

Pengertian dan Penjelasan Metode Penelitian Kuantitatif Menurut Para Ahli

Sebelum jauh kita membahas tentang metode penelitian kuantitatif. Ada baiknya kita pahami dulu pengertiannya. Berikut ini pengertian metode penelitian kuantitatif menurut para ahli, yaitu :

Menurut Sugiyono menyampaikan bahwa data kuantitatif merupakan data yang berbentuk angka, atau data kuantitatif yang diangkakan (scoring). Jadi, data kuantitatif merupakan data yang memiliki kecenderungan dapat dianalisis dengan cara dan teknik statistik. 

Menurut Creswell menyampaikan bahwa pengertian kuantitatif sebagai upaya untuk menyeldidiki masalah yang mendasari peneliti mengambil data, menentukan variable. 

Kemudian, diukur dengan angka agar bisa dilakukan analisa sesuai dengan prosedur statistik yang berlaku. Tujuannya adalah untuk membantu dalam mengambil kesimpulan atau dalam menggeneralisasi prediktif teori yang tepat. 

Menurut Beryman menyampaikan bahwa penelitian kuantitatif adalah penelitian yang melibatkan teori, desain, hipotesis, dan menentukan subjek. 

Kemudian, didukung dengan pengumpulan data, pemprosesan data dan menganalisa data sebelum dilakukan penulisan kesimpulan. 

Menurut Suriasumantri menyampaikan bahwa penelitian kuantitatif sebagai kajian pemikiran yang bersifat ilmiah, yang mana penelitian ini menggunakan proses legico hypothettico. 

Nah itulah sekilas pengertian atau definisi dari metode penelitian kuantitatif yang bisa kita pahami bersama-sama. 

Buat kamu mahasiswa sosiologi yang penelitian skripsinya menggunakan metode penelitian kuantitatif pasti sudah paham betul. 

Bagaimana penelitian ini bergelut dengan angka, bobot nilai, dan adanya tabel-tabel. Memang sih, ada yang menyebut dengan kuantitatif kita akan mudah dan cepat menyelesaikan skripsi. 

Tapi ada juga ada yang bilang lama, hehe tergantung kebutuhan temen-temen ya mana metode yang dipahami dan mudah dimengerti gunakan dan pilih itu saja ya. Kok malah curhat, yok kita lanjut lagi. 

Data yang dikumpulkan oleh penelitia biasanya berupa angka atau skor yang diperoleh dengan menggunakan alat pengumpul. Data yang jawabannya berupa rentang skor atau pertanyaan yang diberi bobot.

Sekadar informasi metode penelitian kuantitatif juga disebut sebagai metode positivistik. Itu dikarenakan berasaskan pada filsafat positivisme. 

Pengertian dan Penjelasan Metode Penelitian Kualitatif Menurut Para Ahli

Setelah diatas kita sudah memahami pengertian metode penelitian kuantitatif. Ada baiknya kita juga memahami apa sih pengertian dari metode penelitian kualitatif. Berikut ini pengertian metode penelitian kuantitatif menurut tiga para ahli, yaitu :

Menurut Sugiyono menyampaikan bahwa data kualitatif merupakan data yang berbentuk kalimat, kata atau gambar. Data kualitatif merupakan deskripsi komentar observer terhadap kegiatan penelitian yang dilakukan. 

Menurut Creswell, J W menyampaikan bahwa penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk meneliti masalah manusia dan sosial. 

Peneliti akan melaporkan hasil penelitiannya berdasarkan laporan pandangan data, dan analisa data yang didapatkan hasilnya dari lapangan langsung. Kemudian, peneliti akan melakukan deskripsi dalam laporan penelitiannya secara rinci dan mendetail. 

Menurut Bogdan dan Taylor dalam Moleong menyampaikan bahwa penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamatinya. 

Menurut Moleong penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dipahami oleh subyek penelitian. 

Misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa. 

Menurut Kirl dan Miller menyampaikan bahwa penelitian kualitatif merupakan tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan sosial yang secara fundamental bergantung dari pengamatan pada manusia, baik dalam kawasannya ataupun dalam peristilahannya. 

Metode penelitian kualitatif disebut juga sebagai metode artistik dikarenakan proses penelitian yang dilakukan cenderung bersifat seni atau kurang terpola. 

Selanjutnya, metode ini disebut juga sebagai metode penelitian naturalistik dikarenakan penelitian yang dilakukan dalam kondisi alamiah dan kebanyakan digunakan oleh peneliti dibidang antropologi budaya. 

Sekadar informasi metode penelitian kualitatif juga disebut sebagai metode postpositivistik. Itu dikarenakan berasaskan pada filsafat postpositivistik. 

Nah itulah sekilas penjelasan dan pengertian dari Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, serta pemahaman dari para ahli. 

Nantikan artikel selanjutnya, kita akan mengulas tentang jenis-jenis metode penelitian baik kuantitatif maupun kualitatif. 

Sumber Referensi :

Buku Metode Penelitian Populer & Praktis oleh Dr Widodo, Penerbit : PT RajaGrafindo Persada, 2017 Jakarta

Buku Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Mixed oleh John W Creswell, Penerbit : Pustaka Pelajar 2017 Yogyakarta

Penerbitdeepublish.com

Repo.iain-tulungagung.ac.id

Repository.unpas.ac.id

COMMENTS

$hide=home

$type=three$count=6$hide=home$s=0$d=hide$cat=0$a=0$rdm=0$cm=0$t=0$desc=0

$type=three$count=6$hide=home$s=0$d=hide$cat=0$a=0$rdm=0$cm=0$t=0$desc=0

Nama

Aceh Event Figur jasa Kampus Loker Medan NarasiTalks Politik Sociology Sosiologi Sosiologi Info Nusantara Teori terpojok Tips Tokoh Sosiologi Video Vlog Wisata
false
ltr
item
Referensi Artikel Sosiologi: Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Ini Penjelasannya
Pengertian Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Ini Penjelasannya
Metode penelitian menjadi penting bagi seorang peneliti. Lalu apa pengertian metode penelitian kuantitatif dan kualitatif ? Berikut penjelasannya.
https://1.bp.blogspot.com/-P9UrluSokFI/YOltT696VFI/AAAAAAAAFNU/hThCnDVqTNc-MOobQ2iffv1gggAjO1rCQCLcBGAsYHQ/s16000/Pengertian%2BMetode%2BPenelitian%2BKuantitatif%2Bdan%2BKualitatif%2BIni%2BPenjelasannya.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-P9UrluSokFI/YOltT696VFI/AAAAAAAAFNU/hThCnDVqTNc-MOobQ2iffv1gggAjO1rCQCLcBGAsYHQ/s72-c/Pengertian%2BMetode%2BPenelitian%2BKuantitatif%2Bdan%2BKualitatif%2BIni%2BPenjelasannya.jpg
Referensi Artikel Sosiologi
https://www.sosiologi.info/2021/07/pengertian-metode-penelitian-kuantitatif-dan-kualitatif-ini-penjelasannya.html
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/
https://www.sosiologi.info/2021/07/pengertian-metode-penelitian-kuantitatif-dan-kualitatif-ini-penjelasannya.html
true
4630843262196508504
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All SUDAH BACA INI ? YUK BACA TOPIK ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy