-->

Ciri Ciri Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Berikut Penjelasannya

Apa saja ya ciri ciri penelitian kuantitatif dan kualitatif yang harus kamu ketahui ? Setidaknya ada masing-masing lima.

 10 Ciri Ciri Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Berikut Penjelasannya

Sosiologi Info - Apa saja ya ciri ciri penelitian kuantitatif dan kualitatif yang harus kamu ketahui ? Nah setidaknya ada lima ciri penelitian kuantititatif dan lima ciri penelitian kualitatif. Simak ulasan singkatnya berikut ini.

Sekilas Apa Itu Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

Pengertian penelitian kuantitatif adalah penelitian yang mementingkan dan menitikberatkan pada hasil penelitian. 

Dengan demikian, laporan yang dibuat dengan memakai lambang atau  bilangan sebagai jawaban yang pasti, atas persoalan yang diinginkan dalam penelitian tersebut. 

Pengertian penelitian kualitatif adalah suatu upaya yang dilakukan seorang peneliti dengan cara dan upaya yang sistematis dalam penelitian sosialnya. 

Penelitian kualitatif yang digunakan merupakan alat untuk melihat sejauh mana suatu proses yang terjadi di dalam gejala sosial kemasyarakatan. 

Lalu bagaimana kita melihat ciri ciri penelitian kuantitatif dan kualitatif ? Nah berikut ini ada setidaknya lima ciri penelitian kuantitatif dan lima ciri penelitian kualitatif, yaitu :

Lima Ciri Ciri Penelitian Kuantitatif

Apa saja yang bisa kamu ketahui mengenai ciri ciri penelitian kuantitatif ? Nah setidaknya ada lima ciri berikut ini, yaitu :
 
Pertama, penelitian kuantitatif dimana permasalahan penelitiannya untuk menanyakan tentang tingkat pengaruh atau keeratan hubungan antara dua variabel atau lebih. 

Kedua, penelitian kuantitatif memfungsikan teori sebagai titik tolak menemukan konsep yang ada terdapat dalam teori tersebut. Itulah yang kemudian dijadikan variabel. 

Ketiga, penelitian kuantitatif dilakukan untuk mengukur satu atau lebih variabel penelitian. Dimana lebih dari itu penelitian kuantitatif dilakukan untuk mengukur hubungan atau korelasi/pengaruh antara dua variabel atau lebih.

Keempat, penelitian kuantitatif penentu ukuran jumlah responden atau sampel dengan menggunakan presentase, rumus, serta table populasi-sampel, yang sebagai penerapan prinsip keterwakilan. 

Kelima, penelitian kuantitatif dimana menggunakan perspektif etik, yaitu data yang dikumpulkan dibatasi atau ditentukan oleh peneliti. Dalam hal ini pilihan indikator atau atribut variabel baik jumlah maupun jenisnya. 

Lima Ciri Ciri Penelitian Kualitatif

Apa saja sih ciri ciri penelitian dalam kualitatif yang bisa kamu ketahui sebelum melakukan penelitian ? Nah setidaknya ada lima ciri, yaitu :

Pertama, penelitian kualitatif bersifat induktif. Artinya penelitian dimulai dari data atau fenomena yang ada di lapangan, yang kemudian memunculkan teori. 

Kedua, penelitian kualitatif berfokus pada makna yang terdapat dalam suatu fenomena yang diteliti, serta dapat digali dari persepsi objek penelitiannya.

Ketiga, penelitian kualitatif mengutamakan akan pentingnya proses penelitian yang berjalan, bukan semata mengacu pada hasil yang ingin dicapai.

Keempat, penelitian kualitatif menggunakan teori yang sudah ada sebagai pedoman dan pendukung, karena mesti berangkat dari data. Namun, tetap saja teori digunakan sebagai fokus pembatas dari objek penelitian. 

Kelima, penelitian kualitatif bersifat deskriptif analitis, dimana terlihat dari caranya dalam mengumpulkan dan merekap data, yang bukan mencatat dalam bentuk angka, serta penjelasan yang sejelas-jelasnya dan sedalam-dalamnya.

Nah, itulah ciri ciri dari penelitian kuantitatif dan kualitatif yang masing-masing ada lima cirinya. Kamu sudah paham kan ? Kalau belum silahkan cari lagi referensi bacaannya. 

Sumber Referensi :

http://repository.unpas.ac.id

Ikuti Sosiologi Info di Google News, klik disini !